Sukses

Tips Melindungi Kulit Sensitif Saat Harus Olahraga di Luar Ruangan

Liputan6.com, Jakarta Jenis kulit sensitif mungkin menjadi kulit yang paling sulit dirawat, terutama dalam beberapa kondisi tertentu. Namun, jangan khawatir, kulit sensitif tidak harus membuat Anda menjadi orang yang serba salah.

Bahkan Anda yang memiliki kulit sensitif masih bisa melakukan olahraga di luar ruangan. Beberapa hal yang harus diingat adalah tidak mengenakan riasan apapun, menggunakan tabir surya, dan tidak lupa untuk melembapkan kulit.

Mengapa Anda tidak boleh mengenakan makeup ketika melakukan olahraga? Lapisan makeup yang tebal dapat menghalangi kelenjar minyak yang mencoba mengeluarkan keringat selama Anda melakukan olahraga, berbahaya bagi kulit sensitif, seperti dilansir dari stylecaster.com, Minggu (9/9/2018).

 

2 dari 3 halaman

Tidak boleh menggunakan makeup apapun

Ya, walaupun pori-pori tidak bisa dibuka dan ditutup secara teknis, sebum cair atau minyak dapat lebih mudah keluar dari pori-pori ketika Anda tidak menggunakan makeup. Makeup yang Anda gunakan selama melakukan olahraga dapat menghalangi keringat untuk melepaskan diri dari kulit dan mendinginkan tubuh.

Keringat yang bercampur dengan kotoran dan makeup dapat memblokir pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sensitif, atau kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis dianjurkan menggunakan pembersih muka yang lembut.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, makeup harus dihapus karena sel-sel kulit mati dan kotoran dapat menyumbat pori-pori. Anda disarankan menggunakan produk dengan kandungan asam glikolat untuk membersihkan kulit wajah dan melakukan pengelupasan lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Melembapkan kulit ketika cuaca di luar dingin

Selain itu, tidak peduli bagaimanapun cuacanya, Anda harus tetap menggunakan tabir surya ketika akan melakukan olahraga di luar ruangan. Para ahli menyarankan untuk memilih produk tabir surya yang mengandung zinc oxide sebagai bahan aktifnya.

Zinc Oxide adalah kandungan bahan aktif yang stabil dan dapat bekerja sangat baik pada kulit sensitif sekalipun. Jangan lupa untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 30.

Saat cuaca dingin, jangan lupa untuk melapisi pelembap, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif dan kering. Apa Anda masih sering melakukan olahraga di luar ruangan?

Loading
Artikel Selanjutnya
Intip Produk Kecantikan yang Bisa Melindungi Kulit Sensitif
Artikel Selanjutnya
Hilangkan Bekas Luka Secara Alami dengan Ramuan Ajaib Ini