Sukses

6 Tips memilih Produk Kecantikan Khusus bagi Anda Pemilik Kulit Sensitif

Jangan bingung, pilih produk kecantikan khusus untuk Anda pemilik kulit sensitif dengan enam tips ini.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli berbagai macam produk kecantikan kulit, akan tetapi harus merelakannya saat produk-produk tersebut tidak cocok dengan kulit sensitif Anda?

Nah, bagi yang sering mengalami hal ini, sudah saatnya Anda menghindari hal tersebut dengan mengikuti beberapa tips kecantikan berikut seperti yang dilansir dari Bebeautiful.

Pilih produk yang bebas aroma

Produk yang memiliki sedikit atau tanpa aroma sangat baik bagi kulit sensitif. Tidak hanya aroma yang tajam, Anda juga harus menghindari produk kecantikan yang mengandung alkohol, retinoid, asam alfa hidroksi, dan agen antibakteri.

Gunakan produk yang mengandung bahan alami

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya memilih produk yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya atau minyak Argan. Produk-produk tersebut biasanya memiliki kadar pengawet yang lebih sedikit sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Hindari makeup waterproof

Apabila Anda berencana membeli beberapa produk makeup, hindari produk yang waterproof karena makeup tahan air lebih membutuhkan usaha lebih untuk membersihan dari kulit Anda. Selain itu, gunakan aplikator berbahan silikon saat Anda mengaplikasikan foundation pada kulit agar lebih aman dan tidak menimbulkan iritasi.

Gunakan eyeliner pensil

Untuk riasan pada mata, pilihlah eyeliner berbentuk pensil karena mengandung lebih sedikit warna yang diformulasikan dengan bahan yang cukup aman. Sebab, penggunaan eyeliner cair akan lebih berisiko cepat luntur karena diformulasikan dengan bahan lateks yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Periksa Tanggal Kedaluwarsa

Satu hal lagi yang paling penting untuk diperhatikan adalah memeriksa tanggal kedaluwarsa dari setiap produk kecantikan yang akan digunakan. Jangan pernah menggunakan kosmetik yang melewati tanggal kedaluwarsa agar tidak menimbulkan masalah serius pada kulit.

3 dari 3 halaman

Coba terlebih dahulu

Sebelum membeli produk, mintalah sample dari toko tersebut dan aplikasikan pada bagian belakang telinga Anda. Liatlah reaksi yang ditimbulkan selama lebih kurang tujuh hari. Jika tidak terjadi iritasi, produk tersebut bisa Anda gunakan pada wajah. Selamat mencoba.

*(Latifah Gusri)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.