Sukses

5 Kesalahan Pemakaian Lensa Kontak dalam Kesehatan dan Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Kacamata bisa menjadi aksesori penyempurna penampilan wanita. Namun banyak juga wanita yang beralih dari kacamata dengan menggunakan lensa kontak.

Warna lensa kontak yang beragam membuatnya menjadi sekedar alat bantu melihat namun juga menjadi bagian dari kecantikan. Sayangnya, penggunaan lensa kontak dalam dunia kecantikan kerap kali tidak tepat. Seperti dikutip dari Purewow, Rabu (4/7/2018) beberapa orang kerap melakukan kesalahan ini dalam kecantikan ketika menggunakan lensa kontak.

1. Tidak mencuci tangan sebelum menggunakan lensa kontak

Sangat penting untuk memastikan tangan bersih dari kotoran dan debu ketika akan menggunakan lensa kontak. Karena tangan yang kotor menjadi alat transfer bakteri ke mata yang membuat kondisi mata menjadi begitu kotor.

2 dari 3 halaman

2. Menggunakan makeup

Banyak orang yang berpikir untuk menggunakan makeup terlebih dahulu baru menggunakan lensa kontak. Hal tersebut terbalik. Seharusnya gunakan lensa kontak terlebih dahulu. Hal ini mencegah noda maskara atau bubuk eyeshadow tersangkut di kontak lensa.

3. Tidak mengganti tempat lensa

Salah jika Anda berpikir bahwa menggunakan satu tempat lensa cukup untuk seumur hidup. Anda harus rajin menggantinya setiap enam hingga delapan minggu sekali.

3 dari 3 halaman

4. Menggunakannya saat mandi

Ketika hendak mandi, pastikan Anda sudah melepas lensa kontak. Paparan air dan kelembapan yang terlalu lama akan membuat lensa menjadi membengkak. Selaintidak nyaman, hal ini akan membuat lensa kontak menggores kornea mata. Jangan pernah gunakan lensa kontak saat mandi, berenang, apalagi sauna.

5. Menggunakannya terlalu lama

Kebanyakan orang akan aman menggunakan lensa kontak dalam 14 jam. Selebihnya Anda harus melepaskannya. Mata Anda membutuhkan oksigen untuk bekerja dengan optimal. Pastikan untuk melepasnya sebelum tidur.

Artikel Selanjutnya
Colorful Sunglasses, Kacamata yang Bikin Gaya Anda Makin Keren
Artikel Selanjutnya
Bahaya Terlalu Lama Gunakan Lensa Kontak