Sukses

Sering Manicure? Ini Cara Cegah Kuku Menguning

Seberapa sering Anda melakukan manicure? Simak di sini cara mencegah kuku menjadi kuning.

Liputan6.com, Jakarta Manicure adalah bagian dari gaya hidup dan kecantikan yang tidak bisa dilepaskan lagi, terutama bagi kaum wanita. Faktanya, manicure memang boleh sering dilakukan, tergantung bagaimana Anda merawat kuku.

Menurut Dr Dana Stern, ahli dermatologi dan kuku di New York City, kuku mendapatkan nutrisi, oksigen, dan suplai darah dari aliran darah, dan bukannya udara. Satu hal yang harus Anda pastikan adalah membuat kuku tetap lembap, walaupun sering manicure.

Anda bisa mencegah kerusakan kuku dengan minyak kutikula setiap malam sebelum tidur. Selain itu, memotong kuku secara teratur juga sangat dianjurkan, merawat kutikula akan memperbaiki keseluruhan tampilan kuku Anda saat manicure.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sering manicure, ini cara mencegah kuku menguning

Manicure tentu dapat berpengaruh terhadap keadaan kuku Anda, sehingga gunakan produk yang bebas dari bahan kimia beracun. Cat kuku akan mencegah peresepan air dan menjadi pelindung.

Cat kuku juga bisa berfungsi untuk menjadi pelindung sel-sel yang baru tumbuh, sehingga tidak pecah. Jika Anda terbiasa melakukan manicure, sebaiknya hindari beberapa hal di bawah ini.

3 dari 3 halaman

Sering manicure, ini cara mencegah kuku menguning

1. Kuku yang rapuh

Biasanya hal ini disebabkan oleh cairan penghilang cat kuku, zat pelarut yang cenderung membuat kulit sangat kering dan kuku mengalami dehidrasi.

2. Keratin granulasi

Atau bintik-bintik putih. Ketika Anda sering menggunakan cat kuku dan menghilangkannya, lapisan sel teratas juga terlepas, meninggalkan bekas yang tidak rata dan berwarna putih.

3. Kuku menguning

Cat kuku yang baik akan melindungi kuku dari efek menguning. Namun, berhati-hatilah karena kuku Anda mungkin saja jauh lebih rapuh daripada milik orang lain.

Semakin gelap warna cat kuku yang digunakan, semakin rentan kuku Anda untuk menguning. Cairan penghilang cat kuku juga berperan di sini, jadi hilangkan cat kuku dengan menggosok kuku menggunakan pasta gigi pemutih yang tepat. Sudah pernah coba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.