Sukses

Eye Makeup Justru Menyakiti Mata? Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda terbiasa mengenakan makeup, pernahkah terpintas bahwa eye makeup justru berbahaya bagi mata? Faktanya, kulit di sekitar mata dan mulut merupakan bagian yang paling sensitif.

Dilansir dari lifescript.com, Selasa (19/12/2017), berikut ini adalah beberapa kesalahan yang biasa dilakukan ketika melakukan eye makeup, membuat mata menjadi sakit, dan menimbulkan risiko berbahaya. Penasaran apa saja?

1. Menggunakan jari-jari tangan

Ini memang merupakan cara termudah untuk mengaplikasikan eye makeup, namun juga cara yang paling kotor. Jari-jari tangan Anda mengandung banyak bakteri, dengan sekali usapan, makeup akan bercampur dengan kuman, dan menyebabkan kelopak mata iritasi, serta bengkak.

2. Menggunakan maskara lama

Setiap produk makeup yang Anda gunakan pasti memiliki tanggal kadaluwarsa. Jika tidak tercantum pada botolnya, maka Anda harus memperhatikan.

Maskara biasanya akan mulai mengering enam bulan setelah pertama kali digunakan. Maskara yang kering bisa masuk ke dalam mata dan menyebabkan infeksi.

3. Malas membersihkan tempat makeup

Ya, walaupun Anda memiliki tempat penyimpanan tersendiri, sangat penting untuk mengganti atau membersihkan makeup setelah digunakan untuk mengurangi bakteri dari udara. Penyimpanan produk makeup yang salah akan membuat produk terkontaminasi.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Apakah makeup bisa melukai mata Anda? Cari tahu di sini

4. Menyimpan makeup di bawah sinar matahari langsung

Anda mungkin menikmati berjemur di bawah sinar matahari langsung, namun tidak dengan tas makeup. Semua panas dapat menguraikan bahan pengawet dan menyebabkan bakteri berkembang biak.

5. Menggunakan produk makeup di tempat yang salah

Kuman yang hidup di bibir berbeda dengan kuman pada daerah mata, inilah mengapa jangan mencoba-coba produk makeup yang telah digunakan di bibir untuk kelopak mata. Percayalah, tidak ada yang lebih buruk daripada kuman mulut yang bercampur dengan kuman di mata.

6. Mengoles eyeliner

Eyeliner yang diaplikasikan terlalu dekat dengan garis kelopak mata akan menyumbat kelenjar yang penting, membuat rasa tidak nyaman, hingga kista.

3 dari 4 halaman

Apakah makeup bisa melukai mata Anda? Cari tahu di sini

7. Mengabaikan tanda infeksi mata

Infeksi bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti produk atau kuas makeup yang digunakan, sebaiknya langsung buang ketika Anda mengalami infeksi. Menggunakan produk yang sama ketika Anda terkena infeksi akan menyebabkan rekontaminasi.

8. Terlalu banyak mengaplikasikan maskara

Maskara tebal akan membuatnya lebih sulit dihapus ketika kering. Selain itu, maskara tebal dan tahan air seringkali mengandung paraben, yaitu pengawet yang cenderung mengganggu mata, menyebabkan iritasi kornea dan kelopak mata.

9. Tidak membersihkan kuas makeup

Menjaga semua alat makeup Anda tetap bersih adalah keharusan, terutama jika digunakan setiap hari. Terutama kuas makeup yang selalu bersentuhan dengan debu dan bakteri rumah tangga.

4 dari 4 halaman

Apakah makeup bisa melukai mata Anda? Cari tahu di sini

10. Berbagi dengan teman

Daripada Anda menyesal di kemudian hari, jagalah semua makeup untuk diri sendiri.

11. Melupakan lensa kontak

Makeup apapun bisa terjebak di bawah lensa kontak, menyebabkan mata mengalami iritasi. Sebaiknya pakai lensa kontak setelah Anda menyemprotkan apapun, seperti parfum dan hairspray, namun sebelum mengaplikasikan makeup.

12. Makeup di perjalanan

Ini bukan sesuatu hal yang harus dibanggakan, sungguh. Mata Anda bisa tertusuk sewaktu-waktu.

13. Menggunakan tas makeup tua

Semua tumpukan kuman dan kotoran di dalam sebuah tas makeup tua dapat mengkontaminasi semua isinya. Anda harus membersihkannya secara teratur.