Sukses

Eksfoliasi Bisa Jadi Berbahaya, Jika Anda Tak Berhati-Hati

Eksfoliasi bisa menjadi berbahaya, jika Anda masih melakukan beberapa hal di bawah ini. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang Anda ketahui, eksfoliasi merupakan salah satu ritual kecantikan yang penting dan harus dilakukan. Mengapa? Sehari-hari Anda telah menggunakan makeup dan berbagai kotoran yang menempel di kulit wajah harus disingkirkan, agar kulit tidak terlihat kusam. Bagaimana caranya? Eksfoliasi.

Walaupun penting, faktanya, eksfoliasi juga bisa menjadi berbahaya jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Dilansir dari thezoereport.com, Senin (11/12/2017), hindari beberapa hal berikut ini ketika melakukan eksfoliasi. Apa saja?

1. Tidak rutin melakukan eksfoliasi

Tujuan utama eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati yang menumpuk setiap hari. Inilah mengapa eksfoliasi bisa merangsang produksi kolagen yang berfungsi mengencangkan kulit dan membuatnya tetap terlihat sempurna.

2. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Jika kulit Anda mengalami kemerahan atau terasa menyengat setelah melakukan eksfoliasi, ini berarti Anda melakukannya terlalu sering, kembalilah pada jadwal dua minggu sekali. Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menghilangkan kelembapan dan menyebabkan dehidrasi.

Peradangan yang kronis dan berkepanjangan dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dan peningkatan hiperpigmentasi. Ketahuilah kondisi kulit Anda sendiri, sehingga kebutuhan dapat tercukupi dengan baik.

3. Anda tidak mengganti produk yang digunakan

Apa yang seharusnya bekerja sangat baik untuk kulit Anda di musim panas mungkin tidak akan memberikan hasil yang sama di musim dingin. Kulit terus berubah, begitu juga dengan rutinitas eksfoliasi yang Anda lakukan.

Jika Anda mendapati kulit wajah yang terlihat kusam, beralihlah ke produk yang lebih kuat. Namun, jika kulit terlihat bersisik, merah, atau mengalami sengatan seperti terbakar, beralihlah pada produk yang sedikit lebih lembut.

4. Melakukan eksfoliasi saat kulit berjerawat

Jika kulit wajah Anda rentan terhadap jerawat, hentikan melakukan eksfoliasi dengan scrub. Sebagai gantinya, gunakan kain yang bersih untuk eksfoliasi dan cuci secara teratur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berhenti melakukan beberapa kesalahan eksfoliasi ini

5. Tidak melakukan eksfoliasi di sekitar mata

Jika Anda terbiasa mendengar nasihat untuk menghindari daerah sekitar mata, sebenarnya ada keuntungan untuk melakukan eksfoliasi di daerah tersebut. Eksfoliasi di daerah sekitar mata akan mengurangi munculnya garis halus dan kerutan.

6. Anda tidak menggunakan peel

Ada perbedaan antara scrub dan peel, walaupun keduanya sama-sama berfungsi untuk eksfoliasi. Eksfoliasi dengan asam dan enzimatik atau biasa disebut peel dapat menghilangkan kulit mati serta kotoran seperti scrub, tanpa tekstur yang abrasif.

Selain itu, peel dapat mencapai lapisan kulit yang lebih dalam dan tetap terasa lembut untuk kulit Anda yang terlalu sensitif. Gunakan peel dan scrub beberapa kali dalam sebulan untuk menjaga kulit wajah tetap bersih.

7. Terlalu banyak menggunakan sikat pembersih

Sikat pembersih tentu akan membantu Anda, namun sebaiknya jangan menggunakannya setiap hari. Gunakan sekali dalam seminggu atau tiga kali dalam seminggu maksimal, karena berlebihan dapat menyebabkan kulit meradang, kemerahan, dan mengalami penuaan dini.

8. Anda tidak melembapkan setelah eksfoliasi

Setiap selesai melakukan eksfoliasi, sangat penting untuk melembapkan kulit wajah. Selamat mencoba eksfoliasi dengan cara yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini