Sukses

5 Cara Mudah Menjaga Kulit Tetap Cantik Selama Puasa

Dapatkan kulit cantik, sehat, dan lembap selama berpuasa dengan mempraktikkan lima hal mudah ini secara teratur.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan sudah seminggu berjalan. Apakah kulit Anda mulai terasa kering? Biasanya, saat bulan puasa, dehidrasi menjadi masalah yang membuat Anda lebih tidak bersemangat. Sebab, di saat yang bersamaan bukan hanya tubuh yang terasa lesu. Bisa jadi kulit akan lebih kering, kusam, bahkan bukan tak mungkin lebih sensitif dari biasanya.

Meski dehidrasi kulit bisa membuat Anda merasa tidak nyaman, namun dengan kombinasi perawatan kulit dan gaya hidup sehat, plus makeup yang sesuai, bukan hal yang tidak mungkin jika Anda akan selalu terlihat segar. Berikut lima cara mudah yang bikin kulit cantik selama menjalani ibadah puasa:

Jaga Kelembapan Kulit

Ilustrasi kulit wajah tetap cantik dan sehat selama berpuasa (Foto: Shutterstock)
Tidak sulit menjaga kelembapan kulit. Anda hanya perlu sedikit mengubah kebiasaan dan menambah kuantitas dari rutinitas yang sudah dilakukan, seperti:

• Hindari mandi terlalu lama dan gunakan air biasa (alias suhu ruang)
Mandi terlalu lama, apalagi dengan air panas, dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya dan menghilangkan minyak alami yang seharusnya menjadi pelindung kulit.

• Pilih produk perawatan yang simpel dan sealami mungkin
Terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Jauhi produk dengan pewarna, wewangian, atau ada keterangan "antibakteri" pada labelnya, karena semuanya ini dapat membuat kulit justru menjadi iritasi.

• Siapkan lotion pelembap dan face mist dalam tas selama beraktivitas
Sehingga begitu kulit mulai terasa kering, Anda dapat langsung dapat memberikan pertolongan pertama untuk kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsumsi Super Food!

Konsumsi makanan sehat selama bulan Ramadan (Foto: instagram @bos.kitchen)
Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Victoria Beckham mengklaim bahwa mengonsumsi salmon setiap hari adalah rahasia di balik kulitnya yang bercahaya (bersamaan dengan memakai tabir surya dan banyak minum air). Nyatanya, bukan hanya salmon yang bagus untuk kulit Anda, tapi juga ini:

• Goji berry
Sebagai topping dalam semangkuk smoothie, goji berry adalah salah satu buah antioksidan dengan skor tertinggi dalam kemampuan untuk menyerap dan menghilangkan radikal bebas. Penggantinya? Blueberry liar, elderberry, blackberry, dan cranberry.

• Chia seed
Jika tidak menyukai ikan, Anda bisa mendapatkan omega 3 dari chia seed, bahkan, dua sendok makan biji chia memiliki konsentrasi omega-3 lebih tinggi daripada salmon. Tak hanya itu, chia seed juga kaya vitamin E, bahan antioksidan yang dikenal dengan kemampuannya melembabkan kulit dan menjaganya tetap lembut.

• Teh hijau
Teh hijau adalah pasangan yang tepat untuk tabir surya. Sebuah penelitian menunjukkan mereka yang minum suplemen teh hijau selama 12 minggu (setara dengan dua cangkir setiap hari) menunjukkan pengurangan kemerahan dan peradangan kulit setelah terpapar sinar matahari, berkat kandungan antioksidannya. Bayangkan saja, secangkir mangkuk matcha akan membantu kulit terlindungi diri dari sinar UV yang merusak lebih baik daripada hanya menggunakan tabir surya saja.

• Ubi jalar
Super food yang satu ini tidak hanya enak, tapi juga paling mudah didapatkan. Bonusnya, ini juga sangat baik untuk kulit dan kesehatan Anda. Kaya serat dan potassium, ubi juga mengandung antioksidan tinggi serta sarat dengan vitamin A dan C, yang membantu melindungi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. Plus, kandungan biotinnya dikenal dapat menguatkan rambut dan kuku.

3 dari 4 halaman

Olahraga Tetap Rutin, Dong!

Berolahraga saat puasa membuat kulit tetap sehat dan cantik (Foto: Shutterstock)
Meski Anda mungkin lemas karena berpuasa, olahraga tetap harus dijalankan. Tentu saja disesuaikan dengan kemampuan Anda. Intinya, lakukan apa saja yang membuat Anda berkeringat.

Sebab, berkeringat adalah cara alami untuk menghilangkan bahan kimia beracun yang bisa terbentuk di bawah kulit. Plus, olahraga teratur menjaga sirkulasi darah dan aliran darah ke seluruh tubuh Anda, termasuk kulit.

Lalu, kapan saat yang tepat untuk berolahraga? Menurut Tata Ginting, praktisi kesehatan sekaligus instruktur olahraga, saat berpuasa:

• Satu jam atau 30 menit sebelum berbuka menjadi waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ringan atau low intensity seperti gerakan pemanasan.
• Jika Anda ingin melakukannya setelah jam berbuka, awali dengan meminum air putih biasa (tidak terlalu panas atau dingin), tunggu beberapa saat, lanjutkan dengan pemanasan dan olahraga, seperti zumba, yoga, sesuai dengan kemampuan Anda. Lanjutkan dengan makan seperti biasanya untuk mengisi kembali cadangan energi.
• Kalau Anda ingin berolahraga setelah makan besar, tunggu 30 menit setelah bersantap.

 

4 dari 4 halaman

Makeup Kece

 

Makeup yang sesuai dapat membantu wajah tetap fresh dan cantik selama berpuasa (Foto: MakeupPlus)
Berpuasa dan kulit menjadi lebih kering mestinya tidak menjadi hambatan untuk Anda tetap tampil cantik di bulan suci ini. Apalagi di bulan puasa biasanya kita punya daftar panjang untuk berbuka bersama keluarga dan sahabat. Kunci untuk makeup segar dan terlihat tanpa cela di saat puasa adalah:

• Lembap dan lindungi
Cara tercepat dan paling alami untuk melakukannya adalah dengan mengoleskan tinted moisturizer atau BB Cream ber-SPF. Kandungan pelembapnya akan membuat kulit terasa kenyal dan lembap, sementara SPF akan melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari. Bonusnya, dapat meratakan warna wajah. Tinggalkan dulu foundation dengan hasil matte yang mungkin biasanya jadi andalan Anda di hari-hari biasa.

• Samarkan yang perlu disamarkan
Jerawat atau lingkar gelap di bawah mata dapat disamarkan dengan menggunakan concealer. Hanya saja, jangan terlalu banyak menggunakan concealer karena akan menonjolkan area bermasalah. Cukup oleskan, lalu tepuk lembut sambil membaurkan warnanya dengan jari manis Anda.


• Sesuaikan dengan kebutuhan
Cukup gunakan bedak tabur di bagian-bagian yang berminyak saja, agar kulit tetap terlihat lembap dan siapkan kertas minyak untuk merapikan kembali makeup di bagian yang tampak berminyak pada siang hari.

• Rona segar
Agar tampilan makeup terlihat segar, baurkan tipis-tipis blush dengan warna pink atau coral di tulang pipi Anda lalu selesaikan dengan mengoleskan liptint atau lipgloss agar bibir tetap lembab. Lipstik cair dengan formula matte akan membuat bibir terlihat keriput saat puasa, jadi sebaiknya tinggalkan dulu matte liquid lipstick Anda.

Untuk memastikan foto-foto Anda terlihat segar dan prima di saat puasa, Anda juga bisa melakukan virtual touch up lewat aplikasi MakeupPlus. Menyambut bulan Ramadan tahun ini, MakeupPlus menyiapkan serangkaian filter makeup bernuansa fresh yang dapat membantu Anda terlihat lebih segar. Bukan hanya itu, Anda juga berkesempatan memenangkan paket Glamglow Thirstymud Masque setiap harinya.

Filter Ramadan MakeupPlus. Nama filter, kiri ke kanan searah jarum jam: Lively, Frisky, Blissful, Jolly, dan Bitten (Foto: MakeupPlus)

Nama filter, kiri ke kanan searah jarum jam: Lively, Frisky, Blissful, Jolly, dan Bitten.
Caranya mudah, ambil selfie menggunakan salah satu filter Ramadan di MakeupPlus, lalu share di Instagram dengan tagar #BeFreshInRamadhan. Tag tiga orang teman Anda untuk ikut berpartisipasi dalam campaign ini dan tag @makeupplus_id dan @beautyboxind. Campaign ini berlangsung hingga tanggal 7 Juni mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.