Sukses

8 Scrub Buah yang Efektif untuk Perawatan Kulit Berminyak

Beberapa jenis buah ini rupanya efektif dijadikan perawatan untuk masalah kulit berminyak.

Liputan6.com, Jakarta Kulit berminyak memiliki tanda-tanda yang jelas, seperti jerawat, pori-pori besar dan komedo. Berurusan dengan semua masalah kulit tak sedap dipandang dan tidak menyenangkan ini bisa sangat menantang. Jika Anda seseorang yang telah mencoba sejumlah produk perawatan kulit yang dibeli di toko, namun tidak ada hasilnya, maka Anda bisa mencoba pengobatan alami yang aman dan terjangkau.

Anda dapat mencoba scrub wajah yang terbuat dari buah-buahan. Buah-buahan yang diperkaya dengan vitamin dan nutrisi dapat bermanfaat untuk berbagai jenis kulit, salah satunya kulit berminyak. Ada banyak cara untuk membuat scrub dari buah-buahan, misalnya pisang, stroberi, pepaya, dan lain-lain untuk mengurangi kulit berminyak.

Ketika buah ini dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk dijadikan scrub, mereka secara efektif menyerap kelebihan minyak dari kulit dan juga menghilangkan kotoran dan racun yang menyumbat pori-pori. Dilansir dari Boldsky, Rabu (5/4/2017), inilah beragam jenis scrub buah yang dapat Anda coba di rumah.

1. Scrub nanas

Potong buah nanas dan campurkan dengan 2 sendok teh minyak zaitun dan peterseli. Campurkan menggunakan blender, lalu aplikasikan pada kulit wajah sambil digosok menggunakan scrub pad. Pijat selama sekitar 3-4 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.

2. Scrub pisang

Lumatkan pisang dan campurkan dengan susu mentah dan oatmeal secukupnya. Aduk hingga mengental dan berbentuk pasta. Aplikasikan pada kulit berminyak sambil dipijat lembut selama beberapa menit. Lalu, bilas menggunakan air hingga bersih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Scrub Jeruk

Ambil satu sendok makan jus jeruk dan campurkan dengan satu sendok teh gula pasir dan madu. Pertama, basuh wajah dengan air, kemudian terapkan scrub jeruk pada wajah. Gosok dengan lembut selama beberapa menit sebelum membersihkannya.

4. Scrub stroberi

Hancurkan 2 buah stroberi dan campurkan dengan 1 sendok makan yogurt segar. Gunakan scrub pad lalu pijat lembut campuran ini ke seluruh wajah. Tunggu beberapa menit sebelum dibilas. Ulangi perawatan alami ini dua kali sebulan untuk mendapatkan kulit yang bebas minyak.

5. Scrub pepaya

Potonglah sedikit pepaya dan campurkan dengan 1 sendok teh tomat yang sudah dihaluskan dan jus lemon. Kemudian gunakan campuran ini untuk menggosok pori-pori tersumbat dan mengatasi kulit berminyak. Lakukan perawatan alami ini setidaknya sekali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

3 dari 3 halaman

6. Scrub anggur

Hancurkan beberapa buah anggur dan campur dengan 1 sendok susu krim dan 1 gram tepung. Gunakan scrub pad untuk menggosokkannya pada wajah dengan lembut, hingga minyak dan kotoran yang menempel hilang. Lanjutkan dengan mencuci wajah setelahnya.

7. Scrub semangka

Anda perlu menghancurkan 2-3 potong buah semangka dan campurkan dengan 1 sendok teh gula dan madu. Dengan cara yang biasa, gunakan scrub pad untuk menerapkannya pada kulit sambil dipijat lembut.

8. Scrub Mangga

Potong 2-3 buah Mangga matang dan campurkan dengan 1 sendok makan jus lemon. Gunakan scrub pad lembut untuk menerapkannya pada kulit dan pijat selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan pembersih wajah.

Ine Yulita Sari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.