Sukses

Wanita Rela Cukur Wajah untuk Memperoleh Riasan Sempurna

Tren mencukur bulu halus pada wajah, dipercaya dapat membuat riasan lebih maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini, banyak wanita yang mencukur bulu halus di wajah mereka. Tren yang ditularkan oleh para beauty blogger ini, dipercaya dapat membuat makeup menempel lebih maksimal. 

Seperti dilansir dari Allure.com, Kamis (2/6/2016), salah satu blogger yang merekomendasi ritual ini adalah Huda Kattan. Ia sampai mengunggah video tutorial mencukur bulu halus pada wajah di blognya.

Hasilnya diklaim sama seperti melakukan eksfoliasi kulit, yaitu kulit terasa lebih halus dan lembut, serta alas bedak terbaur lebih sempurna.

"Saya mencukur wajah setiap hari dan hasilnya kulit saya menjadi sangat segar. Selain itu, mengaplikasikan riasan menjadi lebih sempurna" Tulis salah satu pengguna internet.

Jadi, apakah benar mencukur sedikit bulu halus pada kulit wajah dapat memberikan perbedaan yang signifikan? Ini pendapat para ahli.

Joshua Zaichner, Direktur dari Cosmetic and Clinical Research in Dermatology di Mount Sinai Hospital, New York mengatakan, benar faktanya ketika Anda mencukur bulu tipis dapat membuat kulit terasa lebih halus, dan membuat riasan terbaur lebih rata.

Joshua juga menjelaskan, mencukur dapat memberikan efek eksfoliasi ringan pada kulit. "Dengan membuat kerusakan mikroskopis pada kulit, sel kulit menyembuhkan diri dan regenerasi, lebih lanjut dapat merangsang produksi kolagen. Hal ini mirip dengan efek dari perawatan peeling.

Tapi jangan terburu-buru meraih pisau cukur Anda. Beberapa makeup artist tidak setuju dengan teori mencukur bulu halus dapat membuat riasan lebih maksimal. "Saya bukan pendukung teori mencukur wajah. Tindakan ini dapat membuat bulu tumbuh ke dalam, yang kemudian menyebabkan jerawat" Jelas Molly Stern, penata rias Reese Witherspoon.

Penata rias lain bernama Ashleigh Ciucci menjelaskan, mencukur bulu halus memang membuat aplikasi alas bedak lebih halus, tapi hal ini berlaku pada jenis riasan tebal.

Asleigh juga setuju teori menghilangkan bulu halus dapat membuat riasan lebih maksimal, karena ia pernah merias wanita dengan bulu halus yang banyak, yang membuat foundation sangat susah terbaur.

Namun, dibandingkan dengan mencukur ia mengusulkan lebih baik melakukan waxing. "Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda dapat iritasi karena pisau cukur. Dan jika bulu halus Anda kasar, akan berisiko tumbuh lebih lebat" Jelasnya.

Maka dari itu, lebih baik pertimbangkan dengan jenis kulit dan bagaimana kulit Anda bereaksi sebelum melakukan tindakan cukur.

Rachel Nazarian, seorang Dermatolog di New York juga menambahkan, sekali Anda mencukur wajah, Anda harus berkomitmen. Menghilangkan lapisan paling atas bulu halus, memang membuat penyerapan produk kecantikan lebih maksimal ke dalam kulit. Tapi setiap Anda mencukur bulu tersebut, bulu yang baru akan tumbuh lebih tebal dan akan lebih nyata terlihat pada kulit.

Sekarang, tergantung pada diri Anda. Apakah siap berkomitmen dengan pisau cukur?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.