Sukses

Alami Stroke Ringan, Jemaah Haji Asal Makassar Sembuh Setelah Minum Air Zamzam

Stroke ringan membuat Indo Hanna harus menggunakan kursi roda saat melakukan mobilisasi. Namun, konsumsi air Zamzam mengubah kondisinya.

Liputan6.com, Jakarta Stroke ringan membuat Indo Hanna harus menggunakan kursi roda saat melakukan mobilisasi. Jemaah haji berusia 79 ini tak dapat menggerakan kaki dan pergelangan tangannya.

Bukan cuma tak bisa jalan, jemaah haji asal Bone, Makassar ini juga kesulitan untuk membuka mulut.

Meski begitu, tekadnya untuk pergi haji sangat tinggi. Saat pemeriksaan kesehatan, tim dokter kloter dan klinik kesehatan haji di Asrama Haji Sudiang mengidentifikasi Hanna mengalami gangguan sementara aliran darah ke otak. Meski begitu, ia tetap diizinkan untuk pergi haji dan berhasil mendarat di Jeddah pada Sabtu 9 Juni 2023.

Sayangnya, kondisi fisik dan keterbatasan pendamping pendorong kursi roda membuat Hanna tak dibiarkan menunaikan sholat lima waktu berjamaah di Masjidil Haram. Sebagai gantinya, ia pun meminta untuk dibawakan air Zamzam.

Dalam tiga hari, Hanna rajin mengonsumsi air zamzam, baik diminum maupun diusapkan ke bagian tubuh layaknya berwudu.

Konsumsi Air Zamzam Bikin Kondisi Hanna Membaik

Tak disangka-sangka, konsumsi air Zamzam ternyata membuat kondisinya berangsur-angsur membaik.

Menurut pembimbing ibadah kloter Hanna, Kiai Arief Arfah, mukjizat air zamzam itu muncul pada Rabu, 14 Juni 2023 waktu Shuruq (matahari terbit). Saat itu, Hanna bisa berdiri dan berjalan.

"Oh, Puang! Tarima kasi' wae zamzam pabbura loppota, pajani lasakku ko Tana Marajata'. (Ya, Alllah terima kasih obat air zamzam, Mukjizat ini. Aku sembuh di Tanah Suci-Mu)," ucap Indo Hanna yang mengucapkan syukur dengan menggunakan Bahasa Bugis seperti mengutip Lifestyle Liputan6.com, Rabu (21/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Berjalan dan Melafalkan Berbagai Kata

Tak hanya bisa berdiri dan berjalan, Hanna juga spontan kembali bisa melafalkan berbagai kata. Ia bersyukur bisa merasakan khasiat air Zamzam.

Kabar sembuhnya nenek empat cucu ini menyebar di antara 393 jemaah di kloternya. Kabar itu, bahkan sudah menyebar di rombongan jemaah haji lainnya.

KH Arief Arfah mengungkapkan, air Zamzam diyakini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Banyak kesaksian yang dia lihat dan dengar langsung dari jemaah haji dan umrah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Zamzam Menurut Penelitian

Manfaat air Zamzam telah diteliti oleh para ahli. Salah satunya dalam jurnal “The Effect of Zam-zam Water to the Lipid Profile (HDL & LDL) at White Mouse (Rattus novergicus).”

Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Mutiara Medika itu mengatakan, Air Zamzam diduga berkhasiat menurunkan kadar profil lipid (lemak) dalam darah.

Penelitian pun dilakukan pada 25 tikus putih dalam 28 hari. Analisis menunjukkan bahwa pemberian air Zamzam berpengaruh pada kadar Low Density Lipid (LDL/kolesterol jahat) dan High Density Lipid (HDL/kolesterol baik). Ini dibuktikan dengan adanya signifikansi perbedaan antar kelompok penelitian.

4 dari 4 halaman

Hasil Penelitian Soal Manfaat Air Zamzam

Hasilnya, air Zamzam 100 persen terbukti paling berpengaruh terhadap HDL dan LDL ketimbang air lainnya.

Disimpulkan bahwa pemberian air Zamzam berpengaruh pada profil lipid darah HDL dan LDL rattus norvegicus (tikus putih).

Dalam penelitian lain yang dipublikasikan di National Library of Medicine disebutkan bahwa air Zamzam memberikan efek perlindungan pada jaringan tubuh tikus putih.

“Data kami membuktikan bahwa air Zamzam bebas patogen sehingga tidak ada pertumbuhan bakteri pada koloni agar CLED (media kultur padat diferensial),” kata penelitian yang ditulis oleh ilmuwan Arab Saudi, Hany Salah Mahmoud dan kawan-kawannya.

Penelitian tersebut juga mengungkap khasiat konsumsi air Zamzam secara rutin selama tiga bulan.

“Konsumsi air Zamzam selama tiga bulan berturut-turut pada tikus cukup aman untuk kesehatan umum dan secara signifikan menurunkan asam urat dan kolesterol.”

Zamzam memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan selenium yang tinggi. Secara histologis (cabang ilmu biologi yang mempelajari struktur sel dan jaringan), data peneliti menegaskan bahwa air Zamzam cukup aman untuk ginjal dan sebanding dengan jenis air minum lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.