Sukses

Benarkah Stres Mental Picu Masalah Penglihatan? Ini Jawaban Ahli

Faktor-faktor seperti kerentanan genetik dan stres dapat berkontribusi pada patologi sistem visual. Studi membuktikan hubungan ini.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah studi tahun 2018, Bernhard A. Sabel dan lainnya mengamati bahwa sementara stres dan depresi dapat timbul dari gangguan penglihatan yang berkepanjangan.

Dari studi tersebut ditemukan penyebabnya adalah peningkatan sekresi hormon stres. Diduga stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam sistem saraf simpatik dan disregulasi pembuluh darah, yang pada akhirnya mengarah pada gangguan penglihatan.

CEO & Pendiri Eyestem Dr. Jogin Desai mengatakan, selama periode stres, otak meningkatkan sirkulasi hormon stres dalam sistem pembuluh darah.

"Hormon stres dapat merusak autoregulasi pembuluh darah," katanya, dikutip WION, Sabtu (15/4/2023).

Faktor-faktor lain seperti kerentanan genetik dan kecenderungan stres, kepekaan terhadap stres, dan sistem ketahanan stres yang lebih lemah dapat berkontribusi pada patologi sistem visual. Studi tertentu membuktikan hubungan ini.

Misalnya, SA Lim dan rekan penelitiannya menemukan hubungan antara gangguan penglihatan dan masalah psikososial, melaporkan bahwa 36% dari 140 orang dewasa dan anak-anak dengan gangguan penglihatan melaporkan masalah psikososial yang menyertai.

ES Avetisov dan rekan penelitiannya menemukan bahwa setelah gempa tahun 1988 di Armenia, 30% dari 762 penduduk yang mereka survei mengalami miopia semu. Warga ini tidak pernah mengeluhkan gangguan penglihatan sebelumnya. Sebagai fungsi sistem saraf otonom yang tidak seimbang, aktivasi parasimpatis seperti yang muncul dalam kasus ini diyakini menyebabkan pseudo-miopia, dan stres psikogenik disimpulkan sebagai penyebabnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasien Degenerasi Makula Rentan Alami Stres

 

R. Casten dan rekan penelitiannya menemukan bahwa pasien dengan degenerasi makula terkait usia menderita stres yang lebih tinggi.

Masalah penglihatan lainnya mungkin mengikuti dari stres. Untuk memfasilitasi deteksi ancaman dan kesiapsiagaan, otak melepaskan adrenalin dalam jumlah yang lebih besar, yang membuat pupil membesar. Peningkatan kadar hormon stres adrenalin dapat menyebabkan pupil melebar untuk waktu yang lama dan kepekaan yang lebih besar terhadap cahaya.

Untuk kesiapsiagaan ancaman, stres menyebabkan bidang penglihatan menyempit dan mengurangi tingkat kedipan, yang masing-masing dapat menyebabkan penglihatan terowongan dan mata kering dan tegang.

 

3 dari 3 halaman

Bahaya Stres Berkelanjutan

Stres yang berkelanjutan dapat memicu peradangan pada orang dengan gangguan autoimun seperti lupus, psoriasis, rheumatoid arthritis, dan penyakit Crohn, sehingga menyebabkan masalah penglihatan.

Stres kronis membuat tubuh dan sistemnya tegang, menyebabkan ketegangan otot mata yang kronis dan berkelanjutan, berkedut, tegang, fotofobia, dan mata kering atau basah, bergantung pada respons tubuh terhadap situasi stres.

Menariknya, Dr. Jogin Desai menyampaikan, Profesor Sabel dan yang lainnya dalam artikel 2018 menemukan bahwa dokter India kuno Sushruta adalah salah satu pendukung awal hubungan antara kesehatan mental dan penglihatan.

"Dari 18 penyebab kehilangan penglihatan yang ia identifikasi, enam terkait dengan tekanan mental: tidur yang tidak tepat, tangisan terus menerus, kemarahan, kesedihan, penderitaan stres, dan penekanan air mata," katanya.

Selain itu, panduan kuno Ayurveda India tentang hubungan ini juga mendorong penilaian kembali antara diagnosis dan pengobatan perawatan mata.

"Seiring dengan patofisiologi, pemeriksaan oftalmologi psikosomatis perlu dilakukan. Hal ini pada akhirnya akan mengarah pada perawatan yang lebih baik dan lebih holistik," ujarnya menyimpulkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.