Sukses

Pesepak Bola Freestyler Difabel Memukau Para Penggemar Piala Dunia 2022 di Qatar

Pesepak Bola Freestyler Juanro Aguilo tampak lincah memutar bola dan memainkan bola di kakinya meski satu tangannya tidak lengkap.

Liputan6.com, Jakarta Pesepak Bola Freestyler Juanro Aguilo tampak lincah memutar bola dan memainkan bola di kakinya meski satu tangannya tidak lengkap.

Penampilannya di gedung Qatar Foundation dekat Stadion Education City pun memukau para penggemar piala dunia tahun ini.

 

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by JUANRO (@juanroaguilo)

Dilansir dari Al Jazeera, tak sedikit penggemar yang berjalan ke stadion di sepanjang jalur yang dibarikade di depan gedung, sesekali melirik trik Aguiló dengan Al Rihla--bola resmi Piala Dunia.

Lima belas menit kemudian, ia naik ke panggung melintasi barikade, dengan Laura, seorang atlet Venezuela, ketika lebih banyak penggemar yang datang ke stadion mampir dan bersorak, kagum dengan gerakan sepak bola gaya bebas mereka, berupa kombinasi juggling, menari, dan akrobat.

Di stadion-stadion di sekitar Qatar, nama-nama terbesar dalam olahraga ini telah memukau dunia selama tiga minggu terakhir di acara pameran sepak bola. Tapi di Piala Dunia yang motonya adalah "Sekarang adalah segalanya", ini adalah momen Aguiló, momen yang menangkap esensi keterampilan dan kegembiraan yang membuat sepak bola menjadi "permainan yang indah".

Aguiló lahir pada tahun 1985 di Santiago, Chili, dengan kondisi langka yang disebut phocomelia, yang menyebabkan lengan kanannya kurang berkembang dan lengan kirinya hilang.

“Saya mulai men-juggling bola ketika saya berusia tujuh tahun,” katanya kepada Al Jazeera. Tetapi pada saat itu, ia tidak tahu bahwa apa yang awalnya ia lakukan hanya untuk menendang, malah menjadi bagian dari olahraga yang dimainkan oleh legenda sepak bola dan non-pesepakbola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lika Liku Kehidupan Aguilo

Aguiló mengatakan, ia ingin masa depan yang lebih baik untuk dirinya dan adik perempuannya. 

Ayahnya adalah insinyur sipil dan ibunya merupakan guru sekolah. Mereka sekeluarga pindah ke Rio de Janeiro pada 1997. Dua tahun kemudian, sang ayah mendapat pekerjaan baru di Miami, AS, dan keluarganya pindah ke sana. Mereka tinggal di Miami sampai tahun 2001.

Selama masa remaja, Aguilo kerap diasingkan karena ketidakmampuannya untuk menahan bola karena hanya memiliki satu lengan. Sejak itu, ia menemukan gaya bermain bola freestyle.

Setiap hari, ia pun berlatih sendirian di ruang terbatas.

“Seorang teman dan saya mengunduh video gaya bebas [mantan bintang Brasil] Ronaldinho dari beberapa situs bajakan, dan kami sering menontonnya sebelum berlatih. Hal ini membuat saya termotivasi,” kenangnya.

Kemudian pada tahun 2007, Aguiló berpartisipasi dalam kompetisi sepak bola freestyle di Chili, sebuah kesempatan yang memperkenalkannya kepada orang lain yang berlatih olahraga tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Motivasi Aguilo Berubah

Dari waktu ke waktu berlatih, Aguilo kemudian ingin menjadi atlet yang lebih baik.

Menurutnya, olahraga memberinya ketekunan, dedikasi, dan disiplin, serta kualitas dalam hubungan, pekerjaan, dan kehidupan. “Saya senang saya menemukan olahraga ini di usia muda.”

Sukses dalam freestyle memberi Aguiló kepercayaan diri untuk menjadi lebih supel. Ia juga kini menjadi seorang motivator yang populer.

Aguiló mengatakan bahwa dia menghabiskan waktu berminggu-minggu di YouTube untuk menganalisis apa yang diklik oleh motivator teratas, gaya mereka, masuk ke panggung, penyampaian lelucon, penggunaan keheningan, panjang pidato, dan terakhir "sampai saya menemukan formula kemenangan."

Saat ia mengunjungi sekolah untuk berbicara dengan anak kecil, ia “membawa bola di tengah pembicaraan sebagai kejutan”. Kemudian, ia memamerkan keterampilan gaya bebasnya "untuk mendorong mereka menghadapi hidup tanpa rasa takut".

 

4 dari 4 halaman

Selalu Terkesan dengan Orang dengan Kursi Roda

Meskipun ia sendiri tidak terlalu kesulitan dengan mobilitas, Aguiló mengatakan ia terkesan melihat orang-orang di kursi roda mendapatkan “akses menonton bola di kota dan stadion Qatar.

Itu bukan sesuatu yang dapat diterima begitu saja oleh penyandang disabilitas, katanya. “Di beberapa negara, orang tidak membantu penyandang disabilitas; mereka hanya membuat mereka tidak terlihat, ”katanya.

Namun, di Doha, Aguiló malah membuat kerumunan kecil pejabat Qatar Foundation tersenyum dan tertawa dengan leluconnya.

Ketika seorang jurnalis video Al Jazeera memintanya untuk melihat ke kamera, ia mengubah otot wajahnya menjadi meringis, melotot, dan cemberut untuk menawarkan berbagai ekspresi yang tersedia. Namun, beberapa detik kemudian, ia kembali ke bisnis dengan bola. Karena itulah yang paling ia ketahui.

Aguiló yang pernah menyampaikan talkshow TED berjudul Dare to be Different (Berani Menjadi Berbeda) mengatakan pesan utamanya kepada mereka yang mengikuti sepak bola lepasnya atau pesannya adalah merangkul keberagaman dan tetap unik.

“Berbahagialah dengan apa yang Anda miliki dan lihatlah sisi terang kehidupan, dan selalu berusaha untuk mengembangkan kebiasaan baik, karena kebiasaan baik dapat ditiru,” katanya. “Uang dapat membantu, tetapi pada akhirnya, ini semua tentang sikap.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.