Sukses

Mengenal Penyakit Behcet yang Dapat Picu Kebutaan

Liputan6.com, Jakarta Penyakit Behcet (dibaca: beh-CHETS), juga disebut sindrom Behcet, adalah kelainan langka yang menyebabkan peradangan pembuluh darah di seluruh tubuh Anda.

Penyakit ini dapat menyebabkan banyak tanda dan gejala yang pada awalnya tampak tidak berhubungan, termasuk sariawan, radang mata, ruam dan lesi kulit, dan luka genital.

Dilansir dari Mayo Clinic, perawatannya obat-obatan untuk mengurangi tanda dan gejala penyakit Behcet dan untuk mencegah komplikasi serius, seperti kebutaan.

Gejala

Gejala penyakit Behcet bervariasi dari orang ke orang, bisa datang dan pergi atau menjadi kurang parah dari waktu ke waktu. Tanda dan gejala tergantung pada bagian tubuh mana yang terpengaruh.

Area yang umumnya terkena penyakit Behcet meliputi:

1. Mulut

Luka mulut yang menyakitkan yang terlihat mirip dengan sariawan adalah tanda penyakit Behcet yang paling umum. Lukanya menyerupai bulatan kecil di mulut yang dengan cepat berubah menjadi borok yang menyakitkan. Luka biasanya sembuh dalam satu sampai tiga minggu, meski bisa kambuh lagi.

2. Kulit

Beberapa orang bisa mengalami luka seperti jerawat di tubuh mereka. Yang lain mengembangkan nodul merah, menonjol, dan lunak di kulit mereka, terutama di kaki bagian bawah.

3. Alat kelamin

Luka merah dan terbuka dapat terjadi pada skrotum atau vulva. Luka biasanya menyakitkan dan dapat meninggalkan bekas luka.

4. Mata

Peradangan pada mata (uveitis) menyebabkan kemerahan, nyeri dan penglihatan kabur, biasanya pada kedua mata. Pada orang dengan penyakit Behcet, kondisinya bisa datang dan pergi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

4. Sendi

Pembengkakan dan nyeri sendi sering memengaruhi lutut pada penderita penyakit Behcet. Pergelangan kaki, siku atau pergelangan tangan juga mungkin terlibat. Tanda dan gejala dapat berlangsung satu hingga tiga minggu dan hilang dengan sendirinya.

5. Pembuluh darah

Peradangan pada pembuluh darah dan arteri dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, dan bengkak pada lengan atau kaki saat terjadi penggumpalan darah. Peradangan pada arteri besar dapat menyebabkan komplikasi, seperti aneurisma dan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.

6. Sistem pencernaan

Berbagai tanda dan gejala dapat mempengaruhi sistem pencernaan, termasuk sakit perut, diare, dan pendarahan.

7. Otak

Peradangan di otak dan sistem saraf dapat menyebabkan sakit kepala, demam, disorientasi, keseimbangan yang buruk, atau stroke.

 

 

3 dari 4 halaman

Penyebab

Penyakit Behcet mungkin merupakan kelainan autoimun, yang berarti sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang beberapa sel sehatnya sendiri. Kemungkinan faktor genetik dan lingkungan berperan.

Tanda dan gejala penyakit Behcet dianggap karena peradangan pembuluh darah (vaskulitis). Kondisi ini dapat melibatkan arteri dan vena dari semua ukuran, merusaknya di seluruh tubuh.

Beberapa gen telah ditemukan terkait dengan penyakit ini. Beberapa peneliti percaya virus atau bakteri dapat memicu penyakit Behcet pada orang yang memiliki gen tertentu yang membuat mereka rentan terhadap penyakit Behcet.

 

4 dari 4 halaman

Faktor Risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Behcet meliputi:

- Usia

Penyakit Behcet umumnya menyerang pria dan wanita berusia 20-an dan 30-an, meskipun anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua juga dapat mengembangkan kondisi tersebut.

- Tempat tinggal

Orang-orang dari negara-negara di Timur Tengah dan Asia Timur, termasuk Turki, Iran, Jepang, dan China, lebih mungkin mengembangkan Behcet's.

- Jenis Kelamin

Meskipun penyakit Behcet terjadi pada pria dan wanita, penyakit ini biasanya lebih parah pada pria.

- Gen

Memiliki gen tertentu dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit Behcet.

Komplikasi

Komplikasi penyakit Behcet bergantung pada tanda dan gejala Anda. Misalnya, uveitis yang tidak diobati dapat menyebabkan penurunan penglihatan atau kebutaan. Orang dengan tanda dan gejala mata penyakit Behcet perlu mengunjungi spesialis mata (ophthalmologist) secara teratur karena pengobatan dapat membantu mencegah komplikasi ini.

Kapan harus ke dokter?

Segera temui dokter jika Anda menemukan tanda dan gejala yang tidak biasa yang mungkin mengindikasikan penyakit Behcet. Jika Anda telah didiagnosis dengan kondisi tersebut, temui dokter Anda jika Anda melihat tanda dan gejala baru.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS