Sukses

Menyandang OCD, Jurnalis Amerika Jane Brody Gemar Kenakan Pakaian dengan Warna Senada

Jurnalis Amerika Jane Brody menceritakan kehidupannya sebagai penyandang Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

Liputan6.com, Jakarta Jurnalis Amerika Jane Brody menceritakan kehidupannya sebagai penyandang Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

OCD merupakan gangguan mental yang membuat penyandangnya melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Selain perilaku berulang, penyandang OCD juga sering menata barang-barangnya serapi mungkin.

Kebanyakan orang dengan OCD dapat memiliki perilaku yang dianggap aneh oleh orang lain.

Hal ini juga dialami oleh Jane yang selalu ingin mengenakan pakaian dengan warna yang cocok. Mulai dari sepatu hingga kacamata dan segala sesuatu di antaranya termasuk pakaian dalam.

Hal lain yang merupakan gejala OCD yang dialami Jane adalah ketika tamu berkunjung ke rumahnya dan menggunakan dapur, mereka akan diminta untuk mengembalikan barang-barang persis di tempat mereka ditemukan.

“Dalam menata furnitur, meja, dan hiasan dinding saya, saya berusaha keras untuk simetri. Dan saya memberi label makanan kemasan dengan tanggal kedaluwarsa dan menempatkannya di dapur saya dalam urutan tanggal,” ujar Jane mengutip New York Times, Senin (16/5/2022).

Ia mengatakan bahwa OCD bukan sekadar kebiasaan melakukan sesuatu berulang dan menata barang, melainkan sebuah sindrom klinis.

“Di mana orang-orang memiliki pikiran berulang tanpa diminta yang mengarah pada kebiasaan berulang, jauh lebih dari sekadar kumpulan perilaku aneh.”

Sebaliknya, ini adalah kondisi neuropsikologis yang sangat menyusahkan dan kronis yang dapat memicu kecemasan serius dan membuatnya sulit untuk melakukan sesuatu dengan baik di sekolah, di tempat kerja atau di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

COVID-19 Memperburuk Keadaan

Untuk seseorang dengan OCD, keadaan atau tindakan tertentu yang kebanyakan orang anggap tidak berbahaya, seperti menyentuh kenop pintu, diyakini memiliki konsekuensi yang berpotensi mengerikan yang memerlukan respons korektif ekstrem.

Seseorang mungkin begitu takut pada kuman, misalnya berjabat tangan dapat memaksa mereka untuk mencuci tangan sendiri 10, 20 atau bahkan 30 kali untuk memastikannya bersih.

Bagi banyak orang, pandemi COVID-19 bahkan memperburuk keadaan. Penelitian sebelumnya telah menemukan korelasi potensial antara pengalaman traumatis dan peningkatan risiko mengembangkan OCD, serta gejala yang memburuk.

Seseorang dengan OCD yang sudah percaya bahwa kuman berbahaya mengintai di mana-mana, bisa saja mengurung diri di kamar karena kecemasan oleh penyebaran virus Corona.

“Dan memang, sebuah penelitian di Denmark yang diterbitkan pada bulan Oktober menemukan bahwa bulan-bulan awal pandemi mengakibatkan peningkatan kecemasan dan gejala lain pada pasien OCD yang baru didiagnosis dan yang sebelumnya dirawat berusia tujuh hingga 21 tahun," kata Jane.

3 dari 4 halaman

Tingkat Keparahan Berbeda

OCD sering terjadi dalam keluarga, dan anggota yang berbeda dapat terpengaruh pada tingkat yang berbeda-beda.

Gejala dari kondisi ini sering dimulai pada masa kanak-kanak atau remaja, menimpa sekitar 1 persen hingga 2 persen orang muda dan meningkat menjadi sekitar satu dari 40 orang dewasa.

Sekitar setengahnya mengalami gangguan serius oleh gangguan tersebut, 35 persen terpengaruh sedang dan 15 persen terpengaruh ringan.

Tidak sulit untuk melihat bagaimana gangguan ini bisa begitu mengganggu. Seseorang dengan OCD yang khawatir bahwa mereka mungkin gagal mengunci pintu, misalnya, mungkin merasa terdorong untuk membuka dan menguncinya kembali berulang kali.

Mereka juga bisa menyalakan atau mematikan lampu secara berulang terutama ketika hendak meninggalkan ruangan. Setelah pergi, mereka juga berpikir apa mereka sudah mematikan lampu atau belum dan ingin segera kembali mengecek.

Beberapa orang dengan OCD diganggu oleh pemikiran tabu tentang seks, agama, atau ketakutan untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain.

4 dari 4 halaman

Perawatan OCD

Jane juga membahas tentang komedian Howie Mandel yang berusia lebih dari 65. Mandel mengatakan bahwa ia telah menyandang OCD sejak kecil, tetapi tidak secara resmi didiagnosis sampai bertahun-tahun.

Kemudian baru didiagnosis setelah menghabiskan sebagian besar hidupnya "dalam mimpi buruk" dan berjuang dengan obsesi tentang kuman.

Dia telah bekerja untuk membantu melawan stigma penyakit mental dan meningkatkan pemahaman publik tentang OCD. Ia berharap akan timbul kesadaran yang lebih besar tentang gangguan tersebut. Ini akan mendorong pengenalan dan pengobatan dini untuk mencegah efeknya yang merusak kehidupan.

“Hingga pertengahan 1980-an, OCD dianggap tidak dapat diobati,” kata Caleb Lack, seorang profesor psikologi di University of Central Oklahoma.

Tapi sekarang, katanya, ada tiga terapi berbasis bukti yang mungkin efektif, bahkan untuk yang paling parah menderita: Psikoterapi, farmakologi dan teknik yang disebut stimulasi magnetik transkranial, yang mengirimkan pulsa magnetik ke area tertentu di otak.

Sebagian besar pasien pada awalnya ditawari bentuk terapi perilaku kognitif, yang disebut pencegahan paparan dan respons.

Dimulai dengan sesuatu yang paling tidak mungkin menimbulkan kecemasan – misalnya, menunjukkan tisu bekas kepada orang-orang dengan ketakutan obsesif akan kontaminasi – pasien didorong untuk menolak respons kompulsif, seperti mencuci tangan berulang kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.