Sukses

3 Langkah Awal yang Bisa Dilakukan Orangtua untuk Tangani Gangguan Mental Anak

Liputan6.com, Jakarta Selain kesehatan fisik, orangtua juga perlu memerhatikan kesehatan mental anak. Hal ini penting karena gangguan mental pada akhirnya dapat berpengaruh juga pada fisik.

Seperti disampaikan dr. M. Dejandra Rasnaya, dari Klikdokter. Menurutnya, terdapat berbagai jenis gangguan mental yang dapat dialami anak, misalnya yang sering ditemui adalah gangguan cemas, bipolar, depresi, skizofrenia, hingga retardasi mental.

“Saat anak didiagnosis memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya, orangtua umumnya merasa tidak berdaya, marah, dan frustrasi. Apabila tidak bisa bersikap, bisa-bisa Anda memperburuk kesehatan mental anak,” kata Dejandra mengutip Klikdokter, Jumat (25/6/2021).

Oleh karena itu, orangtua perlu mengetahui cara menghadapi anak yang memiliki masalah mental. Orangtua perlu mengingat, beda jenis gangguan, beda pula pendekatannya. Tiga langkah awal yang bisa dilakukan orangtua dalam menangani anak dengan gangguan mental adalah mencari informasi, bergabung dengan komunitas, dan tidak membanding-bandingkan anak.

2 dari 6 halaman

Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Orangtua tentu akan merasa terpukul jika mendengar anaknya memiliki gangguan mental. Maka dari itu, orangtua perlu menenangkan diri dan mengobati diri sendiri terlebih dahulu sebelum menangani anak.

“Setelah sabar dan menenangkan diri, carilah informasi mengenai kondisi gangguan mental yang dialami oleh anak Anda. Saat ini, informasi sangat mudah didapatkan di internet. Namun, ingat untuk memilih sumber yang terpercaya,” kata Dejandra.

Sebagai langkah awal dalam menghadapi anak dengan gangguan mental, orangtua juga dapat mencari informasi dengan melakukan konsultasi daring melalui jasa telemedis yang ada.

3 dari 6 halaman

Bergabung dengan Komunitas

Cara menghadapi anak sakit mental selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas. Orangtua dapat bergabung dengan komunitas khusus anak dengan gangguan mental.

Dengan cara ini, orangtua akan mendapatkan banyak informasi mengenai bagaimana cara menghadapi anak dengan gangguan mental.

“Selain itu, Anda dapat memperoleh dukungan moral dari orang yang mengalami hal serupa dengan Anda.”

4 dari 6 halaman

Tidak Membandingkan Anak

Salah satu hal yang penting untuk diingat saat mengetahui anak mengalami gangguan mental adalah tidak membandingkannya dengan anak lain yang tidak memiliki kondisi serupa.

“Setiap kondisi gangguan mental membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. Membandingkan anak Anda hanya akan menambah beban dan stres emosional,” tutup Dejandra.

 

5 dari 6 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

6 dari 6 halaman

Simak Video Berikut Ini