Sukses

Otoritas Bursa AS Todong Anggaran Rp 40,9 Triliun untuk Awasi Pasar Kripto di 2025

Ketua SEC Gary Gensler beranggapan, teknologi dengan cepat mengubah pasar kripto dan model bisnis. Adapun tambahan anggaran tersebut diajukan guna mengatasi pertumbuhan dan perubahan signifikan di pasar kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) menyampaikan permintaan anggaran sebesar USD 2,594 miliar, atau setara Rp 40,9 triliun (kurs Rp 15.780 per dolar AS) untuk tahun anggaran 2025 untuk mengawasi pasar kripto.

Dalam Congressional Budget Justification atau dokumen kebutuhan anggaran 2024, Bursa AS meminta tambahan USD 158 juta atau setara Rp 2,5 triliun dari anggaran tahun ini yang sebesar USD 2,446 miliar.

Ketua SEC Gary Gensler beranggapan, teknologi dengan cepat mengubah pasar kripto dan model bisnis. Adapun tambahan anggaran tersebut diajukan guna mengatasi pertumbuhan dan perubahan signifikan di pasar kripto.

 

"Telah terjadi perubahan dinamis dalam komunikasi kepada dan di antara para investor, dari forum Reddit hingga influencer selebriti," ujar Gensler mengutip laman cointelegraph, Senin (25/3/2024).

 

"Lebih lanjut, kita telah melihat pasar kripto di wilayah Wild West, yang penuh dengan ketidakpatuhan, di mana investor telah menempatkan aset yang diperoleh dengan susah payah dalam risiko di kelas aset yang sangat spekulatif," ungkapnya.

Gensler mengatakan, perubahan tersebut berarti berpotensi menciptakan berbagai kesalahan. Sehingga SEC selaku polisi yang menangani perkara ini harus mampu mengatasi para pelaku kejahatan.

Adapun sebagian dari anggaran tambahan itu diperlukan untuk menambah staf di seluruh divisinya. SEC memasang target 5.621 posisi pada 2025, naik dari target 2024 sebesar 5.473 posisi.

Tingkat Kepatuhan

Sementara Divisi Pemeriksaan SEC (EXAMS) yang memeriksa tingkat kepatuhan hendak mendanai 23 posisi lagi guna memperkuat kemampuan dalam mengatasi risiko kritis dan terus berkembang, termasuk aset kripto dan teknologi keuangan baru.

Sedangkan Kantor Pendidikan dan Advokasi Investor (OIEA) yang berhadapan dengan investor ritel meminta satu posisi lagi yang akan fokus, terutama pada penanganan pertanyaan dan keluhan terkait penipuan yang melibatkan sekuritas aset kripto.

Kantor Penasihat Umum (OGC) SEC, yang memimpin pasukan pengacaranya, memerlukan dua posisi lagi. Posisi pertama untuk membantu berlanjutnya peningkatan litigasi perdata dan administratif yang diajukan terhadap komisi. Sementara yang lainnya untuk mendukung pelaporan pelanggaran (whistleblowing) yang secara volume melonjak signifikan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bursa Spot Bitcoin AS Catat Arus Keluar Terbesar, Sentuh Rp 11,6 Triliun

Sekelompok 10 dana yang diperdagangkan di bursa spot-Bitcoin AS membukukan arus keluar terbesar dalam tiga hari sejak produk tersebut diluncurkan pada Januari2024.

Mengutip Yahoo Finance, Sabtu (22/3/2024) dana bersih sebesar USD 742 juta atau Rp. 11,6 triliun tersisa dari ETF dari Senin hingga Rabu (20/3), mencerminkan arus keluar dari Grayscale Bitcoin Trust dan moderasi dalam langganan penawaran pesaingnya seperti BlackRock Inc. dan Fidelity Investments.

Dana tersebut telah mengumpulkan arus masuk bersih sebesar USD 11,4 miliar (Rp. 179,6 triliun) hingga saat ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, masih merupakan salah satu debut paling sukses untuk kategori ETF.

Grayscale Bitcoin Trust, yang diubah menjadi ETF, telah mengalami arus keluar sebesar USD 13.3 miliar.

Harga Bitcoin pun kembali melonjak lebih dari 5% pada hari Rabu di AS karena sinyal Federal Reserve yang menunjukkan penurunan suku bunga meningkatkan berbagai kelas aset.

Sementara itu, reli kripto melemah di Asia pada hari Kamis (21/3/2024), kontras dengan kenaikan lebih lanjut pada saham global dan emas, karena aliran data ETF meresap ke pasar.

"Kripto mendapatkan kembali dorongannya setelah keputusan The Fed, tetapi diperlukan lebih banyak upaya untuk menjadikannya sebagai momentum," ungkap Chris Weston, kepala penelitian Pepperstone Group, dalam sebuah catatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini