Sukses

Presiden El Salvador Nayib Bukele Tegaskan Program Beli 1 Bitcoin Setiap Hari Bakal Terus Berlanjut

El Salvador sempat diprediksi bakal menjadi salah satu negara terkaya di dunia karena kepemilikan Bitcoinnya.

Liputan6.com, Jakarta - El Salvador telah menjalankan program membeli satu bitcoin setiap hari sejak 2022. Presiden El Salvador Nayib Bukele mengonfirmasi program tersebut di negaranya akan terus berlanjut hingga harga kripto tersebut menjadi tidak terjangkau dengan mata uang fiat. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (20/3/2024), Bitcoin yang diperoleh dari pembelian harian El Salvador juga disimpan ke alamat dompet yang sama yang digunakan untuk menyimpan Bitcoin sebelumnya. 

Pada Kamis pekan lalu, Presiden Salvador, Nayib Bukele mengungkapkan El Salvador telah memutuskan untuk mentransfer sebagian besar kepemilikan bitcoinnya ke dompet dingin dan menyimpannya di brankas fisik di dalam wilayah negaranya.

El Salvador sempat diprediksi bakal menjadi salah satu negara terkaya di dunia karena kepemilikan Bitcoinnya. Negara tersebut menjadi negara pertama di dunia yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada September 2021. 

Pada September 2021, El Salvador membuat sejarah dengan menjadi negara pertama yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar AS, meskipun ada peringatan dari Dana Moneter Internasional (IMF). 

Sejak itu, negara tersebut telah memperoleh bitcoin melalui berbagai cara, termasuk pembelian dan penambangan, dan negara tersebut juga telah memperoleh pendapatan dari inisiatif terkait bitcoin. 

El Salvador telah mulai memberikan contoh positif bagi negara-negara lain yang berencana untuk memasukkan aset digital tersebut.

Misalnya, obligasi Bitcoin El Salvador yang telah lama dinantikan, juga dikenal sebagai “Volcano Bonds,” dilaporkan telah menerima persetujuan peraturan untuk diluncurkan tahun ini. Setelah disetujui, El Salvador akan menjadi negara pertama di dunia yang memanfaatkan obligasi Bitcoin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nilai Kepemilikan Bitcoin El Salvador Melonjak jadi Rp 3,1 Triliun

Sebelumnya diberitakan, kepemilikan bitcoin El Salvador memiliki laba yang belum direalisasi sebesar USD 84 juta atau setara Rp 1,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.491 per dolar AS) dari kepemilikan yang pertama kali diperolehnya pada September 2021.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (13/3/2024), kenaikan harga Bitcoin sebesar 250% selama setahun terakhir telah melambungkan perbendaharaan bitcoin negara Amerika Tengah menjadi lebih dari USD 206 juta atau setara Rp 3,1 triliun pada Selasa.

Ini merupakan peningkatan sebesar 69% dari modal awal sejauh ini. El Salvador menampung 2.681 BTC, data menunjukkan, memperoleh lebih dari 12 pembelian terpisah dengan biaya rata-rata USD 42.600 atau setara Rp 659,9 juta.

Pada 2021 jadi momen bersejarah El Salvador karena menjadi negara pertama yang mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Sejak itu, barang, jasa, dan pajak semuanya dapat dibayar dengan bitcoin.

Oleh karena itu, Presiden El Salvador, Nayib Bukele mengindikasikan dalam postingannya pada Selasa negara tersebut menghasilkan lebih banyak bitcoin dalam bentuk pendapatan dari layanan lain. 

Ini termasuk pendapatan dari program paspor kewarganegaraan, yang mengubah bitcoin menjadi dolar AS untuk bisnis lokal, penambangan bitcoin, dan pendapatan dari layanan pemerintah.

El Salvador juga memperkenalkan “VISA Kebebasan” pada Desember, membagikan tempat tinggal kepada maksimal 1.000 orang per tahun yang menginvestasikan setidaknya USD 1 juta atau setara RP 15,4 miliar dalam bentuk stablecoin bitcoin atau tether (USDT). 

Pendaftar yang berhasil menerima izin tinggal jangka panjang dan memiliki jalur menuju kewarganegaraan penuh, seperti yang dilaporkan.

 

3 dari 4 halaman

El Salvador Berpotensi Jadi Salah Satu Negara Terkaya di Dunia Berkat Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, salah satu negara terkecil dan terpadat di Amerika Tengah, El Salvador diprediksi bakal menjadi salah satu negara terkaya di dunia karena kepemilikan Bitcoin-nya. Negara tersebut menjadi negara pertama di dunia yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada September 2021. 

Kemudian, sejak 16 November 2022, Presiden El Salvador Nayib Bukele mengumumkan pemerintah akan mulai membeli 1 Bitcoin per hari. 

Meskipun keputusan Bukele mendapat kritik, dilaporkan Bitcoin yang dipegang oleh pemerintah El Salvador yang terdiri dari lebih dari 2.000 BTC kini bernilai lebih dari USD 150 juta atau setara Rp 2,3 triliun (asumsi kurs Rp15.518 per dolar AS).

El Salvador Bisa Menjadi Salah Satu Negara TerkayaKarena kenaikan harga Bitcoin saat ini dan kepemilikan Bitcoin El Salvador para pakar industri memperkirakan El Salvador akan menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

Kapitalis Ventura yang berbasis di Silicon Valley, Tim Draper, baru-baru ini menyatakan di podcast Web3 Deep Dive El Salvador sedang berkembang menjadi negara yang inovatif, dan menyatakan kawasan ini akan segera menjadi salah satu tempat paling menarik di dunia untuk ditinggali.

 

4 dari 4 halaman

Berpotensi Lunasi Pinjaman

“Mungkin dalam waktu 30 atau 40 tahun, El Salvador akan berubah dari negara termiskin dan paling banyak kejahatan, menjadi salah satu negara terkaya dan paling inovatif di dunia, hanya dalam jangka waktu tersebut. Ini hanya karena mereka menggunakan Bitcoin,” kata Draper, dikutip dari Cryptonews, Selasa (12/3/2024).

Draper lebih lanjut menunjukkan jika Bitcoin mencapai USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar El Salvador mungkin dapat melunasi pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF).

Senada dengan hal ini, Alexander Mamasidikov, Pendiri dan CEO CrossFi sebuah platform yang berfokus untuk menjembatani perbankan tradisional dengan blockchain mengatakan kepada dia yakin El Salvador akan segera mandiri secara finansial.

“Hal ini akan memungkinkan negara untuk fokus sepenuhnya pada tugas-tugas internalnya, yang merupakan hal paling penting di dunia modern kita,” kata Mamasidikov.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.