Sukses

Volume Penjualan NFT Blockchain Solana Sentuh Rp 77,9 Triliun

Angka besar ini mencerminkan pertumbuhan eksplosif ekosistem NFT Solana selama setahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut data terbaru dari CryptoSlam Volume penjualan NFT Solana melonjak melewati USD 5 miliar atau setara Rp 77,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.594 per dolar AS) dalam aktivitas perdagangan sepanjang masa, menunjukkan pertumbuhan besar-besaran.

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (27/2/2024), angka besar ini mencerminkan pertumbuhan eksplosif ekosistem NFT Solana selama setahun terakhir. Setelah menghadapi kesulitan antara Juli dan Oktober 2023, dengan volume penjualan bulanan yang gagal mencapai USD 40 juta atau setara Rp 623,7 miliar, pasar menyaksikan perubahan haluan yang dramatis November.

Penjualan melonjak menjadi USD 82 juta pada bulan itu dan terus meningkat pada Desember 2023 menjadi USD 365 juta volume bulanan tertinggi kedua setelah puncaknya pada Oktober 2021 sebesar USD 373 juta.

Momentum ini juga berlanjut pada 2024, dengan penjualan pada Januari mencapai lebih dari USD 239 juta atau setara Rp 3,7 triliun. Selama 9 bulan terakhir, perdagangan NFT Solana telah melampaui USD 1 miliar atau setara Rp 15,5 triliun.

Blockchain sekarang menampung lebih dari 2,2 juta pembeli dan 1,6 juta penjual yang telah menyelesaikan hampir 43 juta transaksi. Komunitas yang berkembang dan likuiditas yang dalam telah mendorong kebangkitan Solana menjadi ekosistem NFT teratas.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Solana di Ambang Reli Bullish

Sebelumnya, di bawah bayang-bayang kegagalan sektor perbankan dan perubahan pasar mata uang kripto, mantan CEO BitMEX, Arthur Hayes telah menunjuk Solana (SOL) sambil mengarahkan perhatian pada potensi reli bullish untuk kripto.

Mengikuti sejarah yang sulit, terutama sejak bencana FTX yang dihadapi Solana, komentar Hayes baru-baru ini membawa gelombang harapan baru ke dalam komunitas kripto tentang kemungkinan masa depan SOL.

Dalam update terkini, Hayes melalui akun media sosialnya mengisyaratkan ia bersikap bullish pada Solana dan membagikan grafik yang menggambarkan pergerakan harga cryptocurrency. Unggahannya, yang dengan cepat mendapatkan momentum, mengusulkan pendekatan taktis untuk memulai kembali pasar Solana, terutama mengingat kemungkinan gejolak dalam sistem perbankan AS.

Melansir Coingape, Jumat (2/2/2024), sentimen ini muncul setelah Hayes mengungkapkan secara jujur posisi pasar sebelumnya, termasuk kemunduran sesaat dari Solana dan Bitcoin karena ia mengantisipasi penurunan yang akan terjadi. Solana memiliki pasar yang sulit, dengan nilainya yang mengalami kenaikan cukup tinggi dan penurunan yang rendah selama beberapa bulan terakhir.

Dimulai dari posisi sederhana pada Oktober 2023, SOL melonjak ke level tertinggi yang mengesankan menjelang Natal tetapi terkoreksi seiring datangnya tahun baru. Namun, mata uang digital telah terbukti tangguh dalam mengikuti jalur yang mengindikasikan kemungkinan pemulihan dan pertumbuhan.

Di sisi lain, perdagangan bervolume tinggi terbaru terkait Solana semakin menambah rumor tentang tren harganya. Yang menarik adalah pergerakan besar-besaran sebesar 659.283 SOL antar dompet yang tidak diketahui, yang membuat komunitas bingung bagaimana hal ini akan mempengaruhi harga SOL.

3 dari 3 halaman

Pasar Solana

Selain itu, perpindahan besar-besaran sebesar 150.000 SOL dari dompet pertukaran Bybit ke alamat yang tidak diketahui menunjukkan sentimen bullish di kalangan investor skala besar, yang menegaskan kepercayaan jangka panjang terhadap proyek Solana. Perilaku ini konsisten dengan pandangan Hayes yang menunjukkan peningkatan kepercayaan secara bertahap terhadap potensi kenaikan aset.

Sementara itu, pasar Solana (SOL) telah pulih setelah reli bearish dalam 24 jam terakhir setelah membangun support di terendah harian USD 93,26. Pada saat berita ini dimuat, SOL diperdagangkan pada USD 97,86, melonjak 1,09 persen dari level support. Pada saat yang sama, kapitalisasi pasar SOL melonjak menjadi USD 42,67 miliar meskipun volume perdagangan turun 22 persen menjadi USD 3,04 miliaar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Solana