Sukses

Perkenalkan Proof of Reserves, Luno Tunjukkan Keamanan Aset Kripto Pelanggan

Country Manager Interim Luno Indonesia, Aditya Wirawan mengungkapkan, saat ini, belum ada kewajiban hukum untuk mempublikasikan laporan proof of reserves (bukti cadangan dana).

Liputan6.com, Jakarta - Luno, aplikasi investasi aset kripto global meningkatkan transparansi melalui laporan proof of reserve (bukti cadangan dana). Melalui proses ini, Luno menjamin aset pelanggan disimpan dalam rasio 1:1 yang menunjukkan jumlah aset digital yang disimpan pelanggan sesuai dengan saldo pada dompet Luno pelanggan. 

Laporan bukti cadangan dana dalam format yang baru ini, menggunakan verifikasi Merkle Tree, yang disediakan oleh perusahaan audit, perpajakan dan konsultasi internasional terkemuka Moore dan akan dipublikasikan setiap bulan. 

Ini membuat pelanggan dapat memiliki pengalaman investasi dengan transparansi lebih dengan adanya laporan bukti cadangan dana yang rinci secara berkala.

Country Manager Interim Luno Indonesia, Aditya Wirawan mengungkapkan, saat ini, belum ada kewajiban hukum untuk mempublikasikan laporan proof of reserves (bukti cadangan dana), tetapi pihaknya meyakini ini adalah langkah yang penting untuk membangun kepercayaan dalam industri aset kripto. 

"Laporan baru ini merupakan bentuk validasi eksternal dari klaim kami bahwa Luno adalah platform yang aman untuk membeli dan menyimpan aset kripto, karena adanya verifikasi independen aset kripto yang kami simpan untuk setiap pelanggan tersimpan secara aman,” kata Aditya dalam siaran pers, dikutip Rabu (21/2/2024).

Aditya menambahkan, Luno berkomitmen untuk mengupayakan segala cara untuk selalu transparan dan menjamin rasa aman bagi pelanggan sesuai dengan tujuan untuk menjaga keamanan kripto.

Direktur Blockchain dan Aset Digital di MooreDale Russel, menuturkan penggunaan metode Merkle Tree untuk menyajikan laporan proof of reserves atau bukti cadangan dana dipandang sebagai standar tertinggi dari verifikasi. 

"Platform milik Moore meningkatkan akuntabilitas, kredibilitas, dan kepercayaan antara platform dan pengguna mereka. Data dalam jumlah besar dikonsolidasi dengan tetap menjaga privasi dan keamanan, sehingga tiap poin data bisa diverifikasi sambil tetap menjaga kerahasiaan data pribadi,” pungkas Russel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Itu Proof of Reserve?

Proof of Reserves (Bukti Cadangan Dana) adalah metode yang digunakan untuk memastikan dan menunjukkan suatu exchange memiliki aset digital yang cukup untuk menjamin saldo yang mereka simpan untuk pelanggan. 

Dengan menyusun Merkle Tree dari daftar lengkap saldo akun pengguna, Moore menyajikan metode yang berfokus pada privasi bagi pelanggan untuk melakukan evaluasi cadangan dana secara independen. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memastikan secara pribadi bahwa platform telah mewakili akun mereka secara akurat dalam evaluasi Bukti Cadangan Dana yang dilakukan oleh Moore Johannesburg. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini