Sukses

Bos The Fed Ungkap Rencana Penerbitan Dolar Digital dan Atur Stablecoin

Kepada anggota Kongres Amerika Serikat, Ketua the Fed Jerome Powell menyampaikan informasi terkini mengenai mata uang digital bank sentral atau CBDC.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell memberikan kabar terkait rencana kebijakan untuk dua aset digital, yakni dolar digital dan stablecoin

Kepada anggota Kongres Amerika Serikat, Powell menyampaikan informasi terkini mengenai mata uang digital bank sentral atau CBDC.

"Jika kita ingin memiliki CBDC, Kongres perlu mengesahkannya," tegas Bos The Fed tersebut dikutip dari laman bitcoin.com, ditulis Sabtu (17/2/2024).

Sebelumnya, Powell mengadakan pertemuan tertutup dengan Partai Demokrat di Komite Jasa Keuangan DPR Amerika Serikat untuk melaporkan progres soal dolar digital.  

"Jika kami ingin memiliki CBDC, Kongres wajib mengesahkannya. Kita bukannya pendukung, tapi kita belum membuat keputusan untuk menyarankan CBDC kepada Kongres," kata Powell dikutip oleh salah seorang sumber dalam pertemuan tersebut. 

Bos The Fed juga menekankan pentingnya kerangka kerja untuk stablecoin. Hal itu turut didiskusikannya dalam pertemuan tertutup bersama anggota dari Komite Jasa Keuangan DPR Amerika Serikat.

"Kita membutuhkan kerangka kerja untuk stablecoin," ujar Powell, menurut seseorang yang juga berada dalam pertemuan itu. 

Powell menyatakan, ia sangat mendukung pembentukan UU Stablecoin. "Senang kita sudah semakin dekat (ke arah sana)," imbuh dia. 

Di saat The Fed tengah mengkaji untuk menerbitkan dolar digital, Wakil Ketua Dewan Gubernur Bidang Pengawasan The Fed Michael Barr sempat terpikir itu masih membutuhkan waktu panjang.

"Investigasi dan penilitian sangat berbeda dengan pengambilan keputusan tentang langkah selanjutnya dalam hal pengembangan sistem pembayaran. Kita masih jauh dari itu," ungkapnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Dolar Digital

Sementara pada Maret 2023, Powell menuturkan, The Fed telah berinteraksi dengan publik secara berkelanjutan mengenai potensi dolar digital. 

"Kita belum dalam tahap mengambil keputusan konkret. Apa yang kami lakukan adalah bereksperimen dalam jenis eksperimen tahap awal," terang dia. 

Di sisi lain, banyak anggota parlemen yang menentang penerbitan dolar digital. Pada awal tahun ini, anggota Kongres Tom Emmer menegaskan, 75 anggota parlemen AS ikut mensponsori UU Negara Anti Pengawasan CBDC.

Selain itu, calon presiden yang juga mantan Presiden Amerika Donald Trump telah berjanji untuk memastikan The Fed tidak akan meluncurkan CBDC, jika ia terpilih lagi jadi kepala negara.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

3 dari 4 halaman

Anggota Kongres AS Ini Siap Bantu Donald Trump Lawan Proyek CBDC

Sebelumnya diberitakan, Anggota Kongres Tom Emmer telah menawarkan untuk membantu mantan Presiden AS Donald Trump melawan penciptaan mata uang digital bank sentral (CBDC) di Amerika Serikat (AS). Emmer setuju dengan pendapat Donald Trump yang menyebut CBDC sebagai ancaman serius.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengannya saat kita terus berjuang melawan pengawasan pemerintah yang semakin meluas,” kata Emmer, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (1/2/2024).

Trump berjanji kepada rakyat Amerika jika dia terpilih sebagai presiden Amerika Serikat pada pemilu mendatang, dia akan memastikan mata uang digital bank sentral (CBDC) tidak tercipta di AS.

“Sebagai presiden Anda, saya akan melakukannya jangan pernah mengizinkan penciptaan mata uang digital bank sentral. Mata uang seperti itu akan memberi pemerintah federal. kendali mutlak atas uang Anda. Ini akan menjadi ancaman berbahaya terhadap kebebasan,” kata Trump.

Beberapa pejabat Fed dan anggota parlemen mempertanyakan perlunya CBDC. Gubernur Fed Michelle Bowman, misalnya, belum melihat argumen yang meyakinkan dolar digital dapat menyelesaikan masalah-masalah ini dengan lebih efektif dan efisien dibandingkan alternatif lain, atau dengan risiko penurunan yang lebih kecil bagi konsumen dan perekonomian.

Federal Reserve telah mulai mengeksplorasi dolar digital, namun belum berkomitmen untuk menciptakannya. Pada September tahun lalu, Ketua Fed Jerome Powell mengklarifikasi pihaknya belum memutuskan untuk melanjutkan Dolar Digital 

Emmer baru-baru ini mengatakan Trump kemungkinan akan menjadi lebih ramah terhadap kripto pada masa jabatan keduanya sebagai presiden. Data terbaru dari platform prediksi berbasis kripto terdesentralisasi Polymarket menunjukkan Donald Trump, presiden Amerika Serikat ke-45, saat ini memimpin dengan peluang kemenangan sebesar 48%. 

 

 

4 dari 4 halaman

Mantan Presiden AS, Donald Trump Sebut CBDC Sebagai Ancaman Bahaya

Sebelumnya diberitakan, Mantan Presiden AS, Donald Trump mengadakan rapat umum di negara bagian New Hampshire pada Rabu, 17 Januari 2024. Dalam rapat tersebut, Trump membahas beberapa topik salah satunya terkait mata uang digital bank sentral (CBDC). 

Trump menyebut CBDC sebagai ancaman berbahaya terhadap kebebasan. Trump berjanji untuk menghentikan pembuatan CBDC jika dia terpilih sebagai presiden Amerika Serikat. Banyak anggota parlemen AS memiliki skeptisisme yang sama dengan Trump terhadap mata uang digital bank sentral, termasuk senator AS Tom Emmer. 

“Malam ini saya juga membuat janji lain untuk melindungi warga Amerika dari tirani pemerintah. Sebagai presiden Anda, saya tidak akan pernah mengizinkan penciptaan mata uang digital bank sentral,” kata Trump dalam rapat tersebut, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (20/1/2024).

Anggota kongres telah memperkenalkan Undang-Undang Negara Anti-Pengawasan CBDC, yang sekarang memiliki 75 sponsor bersama. RUU tersebut melarang Federal Reserve menggunakan CBDC untuk kebijakan moneter atau menawarkan layanan langsung kepada individu.

Beberapa pejabat The Fed dan anggota parlemen mempertanyakan perlunya CBDC. Gubernur The Fed Michelle Bowman, misalnya, mengatakan pada Oktober tahun lalu melihat argumen yang meyakinkan CBDC AS dapat menyelesaikan masalah dengan lebih efektif atau efisien dibandingkan alternatif lain.

Meskipun Federal Reserve telah mulai menjajaki implikasi dolar digital di AS, mereka belum berkomitmen untuk benar-benar menciptakannya. Pada September tahun lalu, Ketua Fed Jerome Powell mengklarifikasi belum memutuskan untuk melanjutkan proyek dolar digital.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini