Sukses

Perusahaan Modal Ventura Kucurkan Rp 155,3 Miliar untuk Investasi di Sektor Kripto

Selain dukungan finansial, perusahaan yang diterima akan mendapatkan akses ke bimbingan, berpartisipasi dalam hari demo offline pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan modal ventura Foresight Ventures memperluas dukungannya terhadap inovasi blockchain dan Web3 dengan meluncurkan program akselerator ketiga senilai USD 10 juta atau setara Rp 155,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.390 per dolar AS). 

Menurut pengumuman pada 19 Desember 2023 kelompok yang akan datang akan fokus pada perusahaan yang berspesialisasi dalam kecerdasan buatan, Bitcoin Ordinals, dan protokol langsung ke konsumen. 

Pendaftaran dibuka hingga 15 Januari 2024, dan startup yang memenuhi syarat dapat menerima pendanaan awal antara USD 200.000 atau setara Rp 3,1 miliar dan USD 500.000 atau setara Rp 7,7 miliar.

Selain dukungan finansial, perusahaan yang diterima akan mendapatkan akses ke bimbingan, berpartisipasi dalam hari demo offline pada 2024, dan memanfaatkan sumber daya dari portofolio startup Foresight.

Perusahaan yang berbasis di Singapura ini menyoroti ada peningkatan likuiditas dalam ekosistem modal ventura Web3, dengan lebih banyak kesepakatan dan pendanaan untuk startup. 

Namun, juru bicaranya mencatat valuasi rata-rata belum mengalami peningkatan yang signifikan, karena startup yang selamat dari pasar yang lesu sangat ingin segera menyelesaikan penggalangan dana

Meskipun menunggu kesepakatan yang lebih baik dapat menghasilkan penilaian yang lebih tinggi, hal ini dapat mengorbankan waktu yang berharga untuk strategi masuk ke pasar, perekrutan, dan perluasan operasional.

“Di Foresight, kami dengan teguh menjunjung tinggi keyakinan kunci utama dalam kewirausahaan, investasi, dan inkubasi terletak pada manusia,” kata juru bicara Foresight, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (1/1/2024).

Komitmen Foresight Ventures terhadap ruang Web3 ditunjukkan lebih lanjut dengan akuisisi baru-baru ini atas 80% saham perusahaan media kripto The Block senilai USD 60 juta atau setara Rp 931,8 miliar. 

Inisiatif akselerator kripto perusahaan sebelumnya mencakup akselerator senilai USD 10 juta atau setara Rp 155,3 miliar yang diluncurkan pada November 2022.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AS Tak Lagi Menarik, Modal Ventura Pro Kripto Andreessen Horowitz Ekspansi ke London

Sebelumnya diberitakan, Perusahaan modal ventura pro kripto, Andreessen Horowitz membuka kantor pertamanya di luar Amerika Serikat (AS). Kantor tersebut di London. Andreessen Horowitz melihat bahwa London bisa memberikan keuntungan karena memiliki lingkungan yang lebih ramah bagi pengusaha kripto di Inggris.

Dilansir dari CNBC, Selasa (13/6/2023), Andreessen Horowitz percaya Inggris akan menjadi pemimpin global dalam kripto, blockchain, dan mata uang digital. 

Otoritas Amerika Serikat (AS) telah menekan industri kripto akhir-akhir ini, dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mengumumkan tuntutan hukum terhadap raksasa kripto Binance dan Coinbase minggu lalu. 

Pada dasarnya, SEC berpendapat banyak token kripto harus diklasifikasikan sebagai sekuritas, yang akan membuat mereka tunduk pada persyaratan pengawasan dan transparansi yang lebih ketat.

Inggris awal tahun ini juga mengusulkan peraturan formal pertama industri kripto, berusaha untuk menghentikan praktik setelah runtuhnya FTX, pertukaran kripto yang pernah bernilai USD 32 miliar atau setara Rp 475,8 triliun (asumsi kurs Rp 14.871 per dolar AS).

Banyak investor kripto mengatakan ini akan memberikan lebih banyak kejelasan, terutama karena mereka menghadapi ketidakpastian yang tinggi di AS. 

3 dari 4 halaman

Berencana Dirikan Sekolah Kripto

Andreessen Horowitz juga berencana untuk meluncurkan sekolah startup kripto pertamanya di Inggris dalam upaya untuk mengidentifikasi bakat masa depan di ruang kripto dan Web3. Perusahaan meluncurkan sekolah untuk melatih pengusaha dalam membangun perusahaan blockchain dan cryptocurrency pada 2019.

Andreessen Horowitz telah menjadi salah satu investor paling aktif di kripto dan Web3, mendukung startup mulai dari game perdagangan koleksi olahraga Dapper Labs berbasis kripto hingga pasar NFT OpenSea.

 

4 dari 4 halaman

Hasil Survei Terbaru Ungkap Minat Investasi Kripto di Kanada Menurun

Sebelumnya diberitakan, Komisi Sekuritas Ontario (OSC) merilis temuan baru-baru ini, yang menunjukkan minat orang Kanada terhadap investasi mata uang kripto telah menurun secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Sabtu (30/12/2023), saat ini, masyarakat Kanada kurang cenderung melihat mata uang kripto sebagai faktor penting dalam perekonomian atau memperkirakan peningkatan signifikansinya di masa depan, dengan proporsi mereka yang menyesal membeli mata uang kripto meningkat dari 68 persen pada 2022 menjadi 77 persen pada tahun ini.

Survei dilakukan pada Mei tahun ini bekerja sama dengan Ipsos, survei tersebut melibatkan 2,360 warga Kanada dan mewakili segmen populasi yang proporsional dalam hal jenis kelamin, usia, dan wilayah. Temuan paling signifikan dari penelitian ini adalah meningkatnya skeptisisme terhadap cryptocurrency di negara tersebut.

Salah satu temuan paling penting adalah penurunan investasi mata uang kripto Kanada sejak tahun lalu. Persentasenya menurun dari 13 persen pada 2022 menjadi 10 persen pada 2023. 

Secara demografis, mayoritas investor kripto di negara ini adalah pekerja penuh waktu, pria berpendidikan pascasarjana berusia antara 25-44 tahun. Survei tersebut juga mengungkapkan persentase masyarakat Kanada yang dapat membuat definisi dasar tentang mata uang kripto meningkat dari 51 persen pada 2022 menjadi 54 persen pada 2023. 

Namun, keyakinan mata uang kripto akan memainkan peran penting di masa depan telah menurun dari 49 persen pada 2022, menjadi 34 persen pada 2023.

Sebanyak 77 persen peserta survei menyatakan penyesalannya karena membeli kripto lebih dari setahun yang lalu, meningkat dari 68 persen pada 2022. 

Alasan utama membeli  kripto pada 2023 dan 2022 adalah investasi spekulatif atau perjudian. Selain itu, proporsi mereka yang memandang cryptocurrency sebagai investasi jangka panjang turun dari 29 persen pada 2022 menjadi 20 persen pada 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini