Sukses

Senator AS Ini Bakal Diselidiki Usai Beri Pernyataan Menyesatkan Terkait Kripto

Elizabeth Warren disebut telah menyesatkan rakyat Amerika dan juga Kongres AS di berbagai bidang.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Kamar Dagang Digital Amerika Serikat (AS), Perianne Boring meminta Komite Etik Senat AS harus meluncurkan penyelidikan penuh terhadap Senator AS Elizabeth Warren karena membuat pernyataan yang salah dan menyesatkan tentang kripto

"Senator Elizabeth Warren telah menyesatkan rakyat Amerika dan juga Kongres AS dalam berbagai bidang," kata Boring, dikutip dari Bitcoin.com, MInggu (31/12/2023).

Boring mengatakan, Senator AS Elizabeth Warren telah menyesatkan rakyat Amerika dan juga Kongres AS di berbagai bidang. Pertama, karena Warren menyesatkan dengan percaya kripto memiliki masalah Anti Pencucian Uang (AML).

"Itu tidak memiliki masalah AML. Sebagian besar keuangan gelap melalui sistem keuangan tradisional dan infrastruktur perbankan lama. Hal ini tidak terjadi di dunia mata uang kripto,” jelas Boring.

Boring kemudian menjelaskan setiap transaksi kripto dicatat di blockchain, menambahkan penegak hukum memiliki alat yang lebih baik untuk melacak dan melacak di blockchain dibandingkan pada infrastruktur lama.

Bidang kedua di mana Senator Elizabeth Warren telah menyesatkan Kongres dan masyarakat Amerika adalah mengenai RUU yaitu Undang-Undang Anti-Pencucian Uang Aset Digital. 

Menurut Boring RUU ini diperkenalkan dengan kedok anti pencucian uang untuk memperbaiki kesenjangan kepatuhan yang tidak ada. 

"Dia telah menyesatkan Senat AS dan sekarang 20% anggota Senat AS mensponsori rancangan undang-undang ini yang menurut mereka akan mengatasi masalah kepatuhan,” ujar Boring.

CEO Kamar Dagang Digital tersebut menyatakan jika orang membaca undang-undang tersebut, akan segera memahami persyaratan tersebut secara teknis tidak mungkin diterapkan di lingkungan berbasis blockchain, sehingga menjadikan warga AS ilegal untuk menggunakan teknologi tersebut, yang secara efektif melarangnya. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senator AS Elizabeth Warren Kritik Pelaku Industri Kripto

Sebelumnya diberitakan, Senator AS Elizabeth Warren telah mengintensifkan kritiknya terhadap industri kripto dalam serangkaian surat yang dikirim ke kelompok industri dan bursa Coinbase. 

Dalam sebuah surat kepada kelompok advokasi kripto Coin Center, Warren menuduh industri mempekerjakan mantan pejabat pertahanan dan penegak hukum dalam dugaan upaya untuk melemahkan upaya Kongres untuk mengatasi peran kripto dalam pendanaan teroris.

"Penyalahgunaan pintu putar ini sangat mengerikan, mengungkapkan bahwa industri kripto menghabiskan jutaan dolar untuk memberikan dirinya legitimasi sambil berjuang mati-matian dengan aturan akal sehat yang dirancang untuk membatasi penggunaan kripto untuk pendanaan teror,” kata Elizabeth Warren dalam suratnya, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu, (27/12/2023).

Kritik Warren berasal dari kekhawatirannya tentang potensi penggunaan kripto untuk mendanai organisasi teroris, terutama mengingat serangan di Palestina pada Oktober. 

Dia dan anggota parlemen lainnya mengutip laporan dari Wall Street Journal yang menyatakan Hamas dan kelompok militan lainnya menggunakan kripto sebagai alat pendanaan sebelum serangan tersebut. 

Namun, perusahaan forensik blockchain Elliptic, sumber data dalam artikel tersebut, menyatakan angka-angka tersebut disalahartikan.

Surat-surat Warren juga menimbulkan kekhawatiran tentang pintu putar antara lembaga pemerintah dan industri kripto. Dia meminta informasi dari tiga organisasi kripto mengenai jumlah mantan personel militer atau anggota Kongres yang saat ini dipekerjakan oleh mereka dan tanggung jawab mereka. 

Ia juga menanyakan tentang adanya kode etik yang membatasi kontak dengan pejabat aktif pemerintah mengenai pekerjaan di masa depan atau aktivitas mantan pegawai pemerintah yang bekerja untuk organisasi tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Senator AS Minta Regulator Atasi Bahaya Industri Kripto

Sebelumnya diberitakan, Senator AS Sherrod Brown (D-Ohio) mengirimkan surat kepada pimpinan Departemen Keuangan, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (CFTC), menyerukan agar mengatasi bahaya industri kripto.

Dia berpendapat industri ini tidak akan mengawasi dirinya sendiri. Senator telah memuji tindakan keras penegakan SEC terhadap kripto dalam sidang Senat awal pekan ini. 

“Saya meminta lembaga Anda menilai otoritas mereka dan mengevaluasi bagaimana kami dapat membangun batasan pengungkapan yang ada untuk secara efektif menargetkan kekurangan yang kami amati dalam token aset digital dan platform aset digital,” tulis Brown dalam suratnya, dikutip dari CoinDesk, Jumat (15/9/2023).

Sementara itu Dewan Perwakilan Rakyat AS telah menyetujui rancangan undang-undang kripto yang penting untuk pemungutan suara dasar. 

Industri kripto dan regulator sangat mendorong anggota parlemen untuk membuat peraturan yang disesuaikan dengan produk dan aset uniknya. Kata-kata Brown menunjukkan perlunya peraturan baru, meskipun Kongres belum memberikan peta jalan untuk memandu lembaga-lembaga tersebut dalam menyusun peraturan tersebut. 

Dengan catatan ini, Brown tidak secara eksplisit menyarankan undang-undang apapun yang ia dukung, hanya saja menurutnya Kongres dapat berupaya menyediakan informasi yang dibutuhkan warga Amerika.

Sementara itu, ketua SEC, Gary Gensler telah menjalankan keyakinannya undang-undang sekuritas yang ada mengatur kripto, sehingga hampir setiap bisnis mata uang kripto tidak patuh dan rentan terhadap tim penegakan hukum lembaganya.

 

4 dari 4 halaman

Ketua SEC Sebut Kripto Penuh Penipuan, Penyalahgunaan, dan Pelanggaran

Sebelumnya, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler bersaksi di depan Komite Perbankan Senat, menyatakan bahwa kripto adalah bidang yang penuh dengan penipuan, penyalahgunaan, dan pelanggaran.

Dia juga menyatakan bahwa regulator sekuritas masih meninjau permohonan dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF).

Melansir Bitcoin, Gary Gensler angkat bicara soal cryptocurrency selama kesaksiannya di hadapan Komite Senat AS untuk Perbankan, Perumahan, dan Urusan Perkotaan pada Selasa.

Mengulangi pandangannya bahwa sebagian besar token kripto adalah sekuritas, Gensler mengatakan kepada anggota parlemen soal perantara kripto juga harus mematuhi undang-undang sekuritas.

“Tanpa berprasangka buruk pada satu token pun, sebagian besar token kripto kemungkinan besar memenuhi uji kontrak investasi. Mengingat sebagian besar token kripto tunduk pada undang-undang sekuritas, maka sebagian besar perantara kripto juga harus mematuhi undang-undang sekuritas," ujar dia.

Dia mengaku, pihaknya telah berkecimpung di bidang keuangan selama 44 tahun sekarang dan belum pernah melihat bidang yang penuh dengan pelanggaran. Hanya saja kripto ini menakutkan.

"Saat ini, sayangnya, terdapat ketidakpatuhan yang signifikan dan ini adalah bidang yang penuh dengan penipuan, penyalahgunaan, dan pelanggaran," kata dia.

Senator Bill Hagerty (R-TN) bertanya kepada Gensler selama sidang apa yang perlu dilihat SEC dari emiten untuk menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) menyusul keputusan pengadilan baru-baru ini yang mendukung Grayscale Investments.

Pengadilan menemukan bahwa penolakan regulator sekuritas terhadap aplikasi ETF bitcoin spot Grayscale adalah “sewenang-wenang dan berubah-ubah.”

"Kami masih meninjau keputusan itu. Kami memiliki banyak pengajuan seputar produk yang diperdagangkan di bursa bitcoin, jadi bukan hanya produk yang Anda sebutkan saja, tetapi juga beberapa produk lainnya. Kami sedang meninjaunya dan saya menantikan rekomendasi staf," kata Ketua SEC.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.