Sukses

Mengenal Lebih Dekat VIDYX Coin, Kripto yang Diluncurkan di Blockchain Tron

Platform VIDYX adalah token ekonomi jangka panjang yang mendukung inventaris video penerbit dan ritel konsumen online.

Liputan6.com, Jakarta - VidyX (VIDYX) adalah token yang diluncurkan di blockchain TRON yang berfokus pada merevolusi kepemilikan data. Platform ini mengklaim untuk memulai ekonomi insentif mata uang kripto terbesar di dunia dan memberikan “kontrak data yang dapat diperdagangkan” atau TDC pertama di dunia.

Dilansir dari situs Coinbase, TDC ini secara aman membuat skema dan menggabungkan data pengguna ke dalam unit pintar kompak yang dapat dipertukarkan secara on-chain.

Sebagaimana dinyatakan dalam whitepaper, untuk mencapai tujuan ini, tim telah membuat skema sumber terbuka untuk pembuatan profil data yang tidak teridentifikasi. 

Protokol kemudian mengemas string yang disinopsikan ke dalam konduktor kontrak pintar canggih yang mengubah data menjadi aset baru yang diperdagangkan secara bebas, spekulatif, dan dapat dimonetisasi yang disebut TDC (kontrak data yang dapat diperdagangkan). 

TDC adalah unit nilai yang mengamankan profil data umum pengguna yang tidak teridentifikasi dalam kontrak pintar blockchain. Lebih jauh lagi, platform VIDYX adalah token ekonomi jangka panjang yang mendukung inventaris video penerbit dan ritel konsumen online. 

Platform ini berfungsi pada mekanisme token ganda yaitu VIDYX dan VIDY. VidyX adalah token utilitas platform yang tersedia untuk memberi penghargaan, sementara VIDY adalah token platform berbasis ERC20 yang mendorong mekanisme staking.

VIDYX adalah unit moneter yang memberikan kompensasi kepada pengguna atas waktu dan perhatian sesi serta memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dan memperdagangkan barang secara online menggunakan dompet hantu yang dibangun di setiap situs web yang dikunjungi pengguna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ikuti Pengguna di Internet

Menurut whitepaper, token tersebut mengikuti pengguna di internet, menjadikannya satu-satunya cara paling nyaman untuk mengakses mata uang kripto yang pernah dibuat. 

Pengguna tidak perlu menginstal apapun dengan VidyX untuk pertama kalinya (tidak ada aplikasi, browser, atau plugin baru) karena semuanya tersedia di sistem. Platform ini juga tampaknya mengonsumsi VIDYX dalam jumlah yang sama untuk setiap detik pengguna tetap menatap layar, sehingga memberikan tekanan terus-menerus pada perekonomian.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Mengenal JPM Coin, Kripto Milik Raksasa Keuangan JPMorgan

Sebelumnya diberitakan, JPM Coin adalah token kripto milik perusahaan keuangan JPMorgan. JPM Coin dirancang untuk memungkinkan transfer nilai secara instan antar pihak yang memiliki rekening bank. Oleh karena itu, JPM Coin adalah stablecoin yang dipatok 1 banding 1 terhadap dolar AS.

JPM Coin berjalan di Quorum Blockchain, jaringan yang dikembangkan secara internal oleh JPMorgan sebagai versi pribadi dari jaringan Ethereum. Beberapa bulan setelah pengujian, studio ventura Ethereum, ConsenSys, mengakuisisi Quorum, menjadikan JPMorgan  sebagai pelanggan perusahaan blockchain.

“Solusi produk perdana kami, JPM Coin, adalah sistem berizin yang berfungsi sebagai rel pembayaran dan buku besar rekening simpanan yang memungkinkan klien yang berpartisipasi untuk mentransfer dolar AS yang disimpan di JPMorgan di dalam sistem, memfasilitasi pergerakan pendanaan likuiditas dan pembayaran pada waktu yang tepat,” penjelasan JPM Coin dari situs resmi JPMorgan, dikutip Selasa (12/12/2023).

JPMorgan lebih lanjut memperkenalkan Coin Systems, sebuah komponen dari Onyx (bagian dari upaya blockchain dan mata uang digital utama perusahaan), untuk fokus pada pembangunan infrastruktur keuangan dan menyediakan solusi perbendaharaan perusahaan.

Awalnya, JPM Coin dirancang oleh JPMorgan  untuk mendukung transaksi dalam mata uang dolar AS. Pada 2023, raksasa perbankan investasi yang berbasis di New York memperluas kemampuan JPM Coin untuk mencakup transaksi dalam mata uang euro.

Pada 23 Juni 2023, Siemens AG, sebuah perusahaan teknik dan manufaktur terkenal yang berbasis di Jerman, adalah entitas pertama yang memanfaatkan JPM Coin untuk pembayaran dalam mata uang euro.

Cara Kerja JPM Coin

Koin JPM adalah lapisan penyelesaian antara JPMorgan  dan kliennya. Untuk memulai prosesnya, klien JPMorgan  mengirimkan dana ke akun, setelah itu klien menerima jumlah yang sama di JPM Coin.

4 dari 5 halaman

Cara Beli Koin JPM

Setelah klien menerima JPM Coin, mereka dapat menggunakan token digital ini untuk memfasilitasi transaksi melalui blockchain Quorum. Sebagai langkah terakhir dari proses ini, penerima JPM Coin dapat menukarkannya dengan dolar AS atau euro.

Karena transaksi ini terjadi melalui jaringan blockchain, terdapat keuntungan penghematan biaya yang signifikan dibandingkan transaksi yang diproses secara tradisional dan kecepatan penyelesaian yang jauh lebih cepat.

Bagaimana Cara Membeli Koin JPM?

JPM Coin berjalan pada blockchain yang ditugaskan secara pribadi dan hanya tersedia untuk beberapa klien institusional di bank multinasional.

Oleh karena itu, membeli JPM Coin di bursa aset digital tidak mungkin dilakukan seperti yang biasa Anda lakukan untuk mata uang digital berbasis blockchain, seperti bitcoin atau Ethereum.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

5 dari 5 halaman

Proyek Obligasi Bitcoin El Salvador Bakal Meluncur pada 2024

Sebelumnya diberitakan, obligasi Bitcoin yang sangat ditunggu-tunggu di El Salvador, juga dikenal sebagai proyek "Volcano Bonds," telah menerima persetujuan peraturan dan dijadwalkan untuk diluncurkan pada kuartal I 2024. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (13/12/2023), persetujuan untuk Volcano Bond diberikan oleh Komisi Aset Digital El Salvador, sebagaimana dikonfirmasi oleh The Kantor Bitcoin Nasional (ONBTC) El Salvador pada 11 Desember.

El Salvador membuat sejarah awal tahun ini ketika mengesahkan undang-undang yang menetapkan kerangka hukum untuk obligasi yang didukung Bitcoin pada 11 Januari. Volcano Bond bertujuan untuk mengatasi kewajiban utang negara dan membiayai pengembangan “Kota Bitcoin” yang diusulkan El Salvador.

Menurut ONBTC, obligasi tersebut akan diterbitkan di Platform Sekuritas Bitfinex, yang merupakan situs perdagangan terdaftar untuk ekuitas dan obligasi berbasis blockchain di El Salvador.

El Salvador, yang terkenal dengan pendiriannya yang ramah terhadap Bitcoin, telah secara aktif menjalankan inisiatif untuk memanfaatkan manfaat mata uang kripto. 

Selain Volcano Bonds, negara ini baru-baru ini meluncurkan proyek penambangan Bitcoin senilai USD 1 miliar atau setara Rp 15,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.612 per dolar AS), didukung oleh Tether dan bekerja sama dengan Luxor Technology. 

Proyek ini bertujuan untuk membangun taman pembangkit listrik berkapasitas 241 MW yang disebut "Volcano Energy" di Metapan untuk menambang Bitcoin.

El Salvador telah memasukkan bitcoin ke dalam cadangan nasionalnya, mengadopsi strategi rata-rata biaya dolar sejak 2022. Menurut angka dari situs pelacakan perbendaharaan BTC, aset bitcoin El Salvador berjumlah 2.381 BTC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini