Sukses

Mantan Bos Kripto FTX Sam Bankman-Fried Tukar Paket Makanan di Penjara

Paket makanan ikan makarel telah menjadi bentuk mata uang standar di kalangan narapidana AS sejak 2004.

Liputan6.com, Jakarta - Sumber yang mengetahui situasi di penjara mengungkapkan pendiri FTX, Sam Bankman-Fried sedang beradaptasi dengan kehidupan barunya di Pusat Penahanan Metropolitan di Brooklyn, New York.

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (27/11/2023), orang dalam mengungkapkan Sam Bankman Fried menjadi akrab dengan perekonomian penjara yang unik. Bankman-Fried menukar paket makanan ikan makarel sebagai biaya potong rambut.

Paket makanan ikan makarel telah menjadi bentuk mata uang standar di kalangan narapidana AS sejak 2004, menyusul larangan rokok di penjara federal, sehingga menjadikan paket makarel sebagai media perdagangan yang disukai. 

Telah terdokumentasikan dengan baik paket makarel ini, yang bernilai sekitar USD 1,00 di komisaris penjara, bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi karena kelangkaannya.

Narapidana umumnya dibatasi membeli 14 paket per minggu. Narapidana biasanya menyimpan tas mereka di tempat penyimpanan pribadi seperti loker atau tempat khusus di tempat tinggal mereka. 

Lebih lanjut informan melaporkan Bankman-Fried telah menawarkan nasihat perdagangan kripto kepada petugas pemasyarakatan di MDC. Selain itu, ia dilaporkan berbagi asrama dengan mantan presiden Honduras Juan Orlando Hernández, yang dituduh menerima suap dari penyelundup kokain. 

Pasangan yang mengejutkan ini menempatkan Bankman-Fried dekat dengan tokoh terkemuka dalam politik internasional dan dugaan aktivitas kriminal.

Bankman-Fried dikurung di Pusat Penahanan Metropolitan (MDC) di Brooklyn, New York. Sejak hukumannya pada November 2023, dia telah tinggal di sana, saat ini menunggu hukuman setelah dinyatakan bersalah atas tujuh dakwaan federal yang berbeda.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Grup Perusahaan Tni Tawar FTX dan Celsius Diluncurkan Kembali Usai Kebangkrutan

Sebelumnya diberitakan, perusahaan investasi Proof Group adalah salah satu dari banyak penawar yang ingin meluncurkan kembali pertukaran kripto FTX yang bangkrut, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (15/11/2023), perusahaan ini juga merupakan bagian dari konsorsium Fahrenheit, sekelompok investor dan perusahaan kripto yang memenangkan tawaran untuk mengakuisisi sisa-sisa pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, Celsius Network. Fahrenheit didukung oleh Arrington Capital, dana lindung nilai kripto.

Proof Group mendekati investor lain untuk mengetahui apakah mereka ingin bergabung dalam penawaran tersebut, menurut orang tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena membahas informasi pribadi. 

Berbasis di Silicon Valley, Proof Group adalah investor di startup kripto seperti Aptos Labs, Mysten Labs, dan Lightspark, menurut situs web perusahaan. Sebagai bagian dari peluncuran kembali Celsius, Proof Group sedang menyiapkan platform taruhan untuk perusahaan tersebut, menurut pengajuan kebangkrutan.

Pendiri dan mitra pengelola di Proof Group, Noah Jessop,  adalah mantan eksekutif di penambang kripto Core Scientific. Jessop sebelumnya adalah manajer produk untuk Libra Association, sebuah upaya naas yang didukung Meta untuk meluncurkan stablecoin global. Jessop menolak berkomentar.

Proof Group adalah salah satu dari tiga penawar yang mengajukan proposal untuk memulai kembali perdagangan di FTX, yang mengajukan kebangkrutan hampir setahun yang lalu setelah ledakannya yang menakjubkan. 

Perella Weinberg Partners, yang memberi nasihat kepada perusahaan FTX tentang potensi peluncuran kembali, menolak berkomentar. Sam Bankman-Fried, salah satu pendiri bursa kripto dan mantan CEO, dinyatakan bersalah atas tuduhan penipuan termasuk penyalahgunaan dana pelanggan FTX.

 

3 dari 4 halaman

Tether Bekukan Kripto Rp 3,4 Triliun Diduga Terkait Kelompok Perdagangan Manusia

Sebelumnya diberitakan, perusahaan kripto Tether mengatakan pada Senin, 20 November 2023 telah membekukan cryptocurrency senilai USD 225 juta atau setara Rp 3,4 triliun yang terkait dengan kelompok perdagangan manusia di Asia Tenggara.

“Dinas Rahasia AS meminta Tether untuk membekukan token tersebut selama upaya investigasi selama berbulan-bulan oleh Tether dan bursa kripto OKX,” kata Tether dalam sebuah posting blog, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (24/11/2023). 

Tether dan OKX berkolaborasi dengan Departemen Kehakiman AS (DOJ) dalam penyelidikan ini, kata Tether tanpa menjelaskan lebih lanjut. Juru bicara DOJ tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Tether menjelaskan, token kripto tersebut terkait dengan sindikat perdagangan manusia internasional di Asia Tenggara yang bertanggung jawab atas penipuan asmara “penyembelihan babi” global.

Modus pig butchering atau "penyembelihan babi" biasanya mengacu pada kejadian ketika penipu membangun kepercayaan korbannya melalui media sosial, aplikasi perpesanan, dan kencan, lalu menekan mereka untuk berinvestasi dalam kripto palsu atau skema perdagangan online.

Tether tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang grup tersebut atau bagaimana mereka menggunakan cryptocurrency. Tether mengatakan ini adalah pembekuan token terbesar yang pernah ada.

Ratusan ribu orang diperdagangkan oleh geng kriminal dan dipaksa bekerja di pusat penipuan dan operasi online ilegal lainnya di Asia Tenggara, menurut laporan PBB pada Agustus 2023.

Tether adalah stablecoin yang dipatok terhadap dolar AS. Ada token tether senilai USD 87,9 miliar atau setara Rp 1.352 triliun yang beredar, menjadikannya mata uang kripto terbesar ketiga setelah bitcoin dan eter, menurut data CoinGecko.

4 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Bittrex Global Bakal Setop Operasi

Sebelumnya diberitakan, pertukaran mata uang kripto yang berbasis di Liechtenstein, Bittrex Global, telah mengumumkan niatnya untuk menghentikan operasinya secara bertahap, dimulai dengan penangguhan aktivitas perdagangan pada 4 Desember 2023. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (24/11/2023), keputusan ini mengikuti pengumuman sebelumnya oleh mitranya di AS, Bittrex, untuk menghentikan operasi di Amerika Serikat karena ketidakpastian peraturan awal tahun ini.

Bittrex Global memberi tahu pengguna mereka yang menyimpan dana dalam dolar AS harus mengubahnya ke euro atau mata uang kripto sebelum 4 Desember untuk memastikan kemampuan untuk menarik aset mereka. Setelah perdagangan ditangguhkan, platform hanya akan mengizinkan jenis penarikan tertentu.

Bittrex Global menekankan keputusan untuk menghentikan operasi dibuat setelah pertimbangan yang cermat. Bursa juga mengeluarkan peringatan, menyarankan agar tidak melakukan penyetoran baru karena keamanan transaksi tersebut tidak dapat dijamin. Deposit yang dilakukan pada fase ini dapat mengakibatkan kerugian permanen.

Awal tahun ini, Bittrex US mengajukan perlindungan Bab 11 di pengadilan kebangkrutan AS dan mencapai penyelesaian dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Agustus, yang melibatkan denda dan bunga sebesar USD 24 juta atau setara Rp 372,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.515 per dolar AS). 

SEC telah mendakwa Bittrex karena beroperasi sebagai bursa, pialang, dan lembaga kliring yang tidak terdaftar. Namun, masih belum jelas apakah tindakan SEC memengaruhi keputusan untuk menghentikan operasinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.