Sukses

Pandangan Presiden Argentina Javier Milei Terkait Bitcoin

Pendirian Presiden Argentina Javier Milei terhadap Bitcoin sejalan dengan kritiknya yang lebih luas terhadap sistem perbankan sentral Argentina.

Liputan6.com, Jakarta - Terpilihnya Javier Milei sebagai presiden Argentina baru-baru ini telah mengirimkan gelombang optimisme ke seluruh komunitas Bitcoin dan memicu peningkatan harga BTC.

Menyusul kemenangan Milei, nilai Bitcoin di Argentina meningkat, mendekati level tertinggi sepanjang masa terhadap peso Argentina. 

Pendirian Milei terhadap Bitcoin sejalan dengan kritiknya yang lebih luas terhadap sistem perbankan sentral Argentina, yang ia salahkan sebagai penyebab inflasi yang merajalela.

"Hal pertama yang harus kita pahami adalah bank sentral itu penipu. Ini adalah mekanisme di mana politisi menipu orang-orang baik dengan pajak yang bersifat inflasi,” kata Milei, dikutip dari Coinmarketcap, Selasa (21/11/2023). 

Dia memandang Bitcoin sebagai pengembalian uang kepada pencipta aslinya sektor swasta, sebuah lawan alami terhadap mata uang fiat yang dikendalikan pemerintah.

Namun, tidak seperti Presiden El Salvador Nayib Bukele, Milei tidak menganjurkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah melainkan mendukung perombakan ekonomi yang lebih luas, termasuk dolarisasi dan pembubaran bank sentral Argentina.

Usulan kebijakan Milei dinilai drastis, terutama rencananya mengganti peso dengan dolar AS dan “meledakkan” bank sentral. Perubahan ini mungkin berdampak pada popularitas Bitcoin di Argentina, terutama sebagai alat investasi dan lindung nilai inflasi.

Jika strategi dolarisasi Milei berhasil, ketergantungan masyarakat Argentina pada mata uang kripto mungkin berkurang karena akses terhadap mata uang asing menjadi lebih mudah.

Potensi pergeseran ini menimbulkan pertanyaan tentang peran aset digital di masa depan dalam perekonomian Argentina.

Potensi Peran Bitcoin di Argentina Setelah Dipimpin Milei

Meskipun Milei sebelumnya telah menyatakan minatnya pada berbagai mata uang kripto dan platform aset digital, komitmennya untuk menerapkan kebijakan yang berpusat pada Bitcoin masih belum jelas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemenangan Javier Milei

Terlepas dari reputasinya yang pro-Bitcoin, para skeptis mencatat Milei tidak memprioritaskan kebijakan Bitcoin yang inovatif atau menunjukkan minat untuk memberikan status alat pembayaran yang sah, tidak seperti Bukele di El Salvador.

Kemenangan Milei dalam pemilu, dengan perolehan hampir 56 persen suara, menandakan perubahan dramatis dalam lanskap politik Argentina.

Janji-janjinya mengenai perubahan radikal, termasuk privatisasi perusahaan-perusahaan negara dan pemotongan belanja pemerintah, mencerminkan perubahan yang jelas dari kebijakan-kebijakan tradisional.

Namun, kapasitas Milei untuk melaksanakan agenda ambisiusnya mungkin dibatasi oleh status minoritas partainya di Kongres, sehingga memerlukan negosiasi dengan kelompok politik yang dikritiknya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Presiden Baru Terpilih Argentina Javier Milei Pendukung Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, Javier Milei terpilih sebagai presiden Argentina setelah memenangkan lebih dari 55 persen suara dalam pemilihan putaran kedua nasional Argentina. Dengan 99 persen suara dihitung, Javier Milei memperoleh lebih dari 14 juta suara dibanding kandidat lainnya, Sergio Massa yang memperoleh lebih dari 11 juta suara. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (21/11/2023), Milei akan dilantik pada 10 Desember. Kenaikannya ke kursi kepresidenan terjadi di tengah meroketnya inflasi di Argentina, yang telah merampas daya beli masyarakat. Peso Argentina telah kehilangan lebih dari 140 persen nilainya terhadap dolar AS pada tahun lalu.

Sebagai kritikus vokal terhadap perbankan sentral, Milei menyebut bank sentral Argentina sebagai "penipuan" yang memungkinkan politisi menipu orang-orang baik dengan pajak yang bersifat inflasi. Dia menganjurkan penggantian peso dengan dolar AS untuk memulihkan stabilitas.

Milei dikenal sebagai kandidat presiden yang mendukung Bitcoin. Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Argentina, Clarín, dia mengamuk terhadap bank sentral dan politisi, menambahkan Bitcoin adalah reaksi alami terhadap penipuan yang dilakukan oleh bank sentral.

Meskipun Milei belum mengusulkan agar Bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah, dia memujinya sebagai pengembalian penciptaan uang kepada pencipta aslinya, sektor swasta. Pandangannya yang teguh terhadap pasar bebas telah menemukan lahan subur dalam iklim ketidakpastian ekonomi Argentina.

Pemilu di Argentina menandai perubahan politik yang dramatis, yang telah menderita akibat salah urus ekonomi selama beberapa dekade. Milei mendapatkan banyak pengikut di kalangan pemuda dan libertarian karena pandangannya yang tidak konvensional.

 

4 dari 4 halaman

Capres AS Ini Janji Melindungi Bitcoin dari Campur Tangan Pemerintah Jika Terpilih

Sebelumnya diberitakan, kandidat presiden Amerika Serikat (AS) Vivek Ramaswamy membahas sejumlah topik, termasuk bitcoin, dalam sebuah wawancara baru-baru ini. Dia juga mengungkapkan kerangka kebijakan kripto-nya jika nanti terpilih.

Ramaswamy menekankan jika mata uang kripto menjadi lebih populer, hal itu akan menciptakan ancaman terhadap status petahana Federal Reserve AS itu sendiri. Dia berjanji untuk melindungi Bitcoin dari campur tangan pemerintah. 

"Tugas saya adalah memastikan pemerintah tidak ikut campur dalam urusan orang-orang yang berinovasi dan merintis di berbagai bidang, termasuk sistem keuangan,” kata Ramaswamy, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (20/11/2023). 

Ramaswamy juga menekankan dirinya ingin memperjuangkan dolar AS agar tetap menjadi mata uang cadangan dunia, Ramaswamy menyebut ada dua cara untuk melakukannya. 

“Pertama adalah jika Anda benar-benar merasa tidak aman dengan proposisi nilai Anda sendiri, Anda mungkin mencoba untuk mengalahkan pesaing. Kedua, saya pikir keberadaan Bitcoin menahan dolar untuk memastikan hal itu tidak dapat dimanipulasi sedemikian rupa sehingga orang tidak memilih keluar dan beralih ke arah lain,” ujar Ramaswamy. 

Calon presiden Amerika Serikat itu turut mengomentari terkait aturan-aturan yang diambil Joe Biden terkait kripto. Menurut dia, mereka terancam dengan keberadaan Bitcoin.

Mereka tidak ingin orang-orang menambang bitcoin lebih banyak karena hal itu akan membuat Bitcoin lebih populer yang pada gilirannya menciptakan ancaman terhadap status petahana Federal Reserve AS itu sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.