Sukses

Diduga Bersekongkol dengan CEO Terra Do Kwon, SEC Awasi Perusahaan Kripto Ini

Penyelidikan SEC difokuskan pada apakah Jump Crypto menandatangani perjanjian pada Mei 2021 untuk menstabilkan pasak Terra USD.

Liputan6.com, Jakarta - Jump Crypto, salah satu segmen dari grup Jump Trading, saat ini menghadapi pengawasan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) atas dugaan keterlibatannya dalam transaksi dengan mantan CEO Terraform Labs, Do Kwon.

Dilansir dari Yahoo Finance, ditulis Minggu (12/11/2023), penyelidikan SEC difokuskan pada apakah Jump Crypto menandatangani perjanjian pada Mei 2021 untuk menstabilkan pasak Terra USD (UST) terhadap dolar AS dengan mengakuisisi stablecoin algoritmik dalam jumlah besar.

Selama pernyataan baru-baru ini, Kanav Kariya, Presiden Jump Crypto, memilih untuk menegaskan amandemen kelima, menolak untuk menanggapi pertanyaan mengenai pengaturan tersebut. 

Kutipan dari pernyataan tersebut, yang dibagikan oleh informan dari Terra yang dikenal dengan FatMan, mengungkapkan penyelidikan aktif SEC terhadap masalah tersebut.

Laporan sebelumnya pada Februari mengidentifikasi Jump sebagai perusahaan perdagangan yang dirahasiakan yang dikutip dalam dakwaan SEC terhadap Terraform Labs dan Do Kwon. 

Perjanjian pembuatan pasar yang diklaim memungkinkan Jump menghasilkan keuntungan lebih dari USD 1 miliar atau setara Rp 15,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.694 per dolar AS) dengan mengakuisisi token LUNA (sekarang LUNC) yang didiskon besar-besaran untuk mendukung nilai UST. 

Jump diduga membeli LUNA dengan harga USD 0,40 atau setara Rp 6.277pada saat nilai pasarnya melebihi USD 90 atau setara Rp 1,4 juta per token. Jump Crypto memegang peran penting dalam ekosistem Terra, berpartisipasi dalam proposal tata kelola dan berinvestasi di jembatan lintas rantai. 

Kanav Kariya juga bertugas di dewan Luna Foundation Guard (LFG), mengawasi cadangan Terra. Investigasi SEC menimbulkan kekhawatiran tentang potensi pelanggaran dalam ekosistem Terra dan implikasi yang lebih luas terhadap aktivitas Jump Crypto di pasar mata uang kripto.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SEC Panggil PayPal Terkait Stablecoin PYUSD

Sebelumnya diberitakan, PayPal Holdings telah menerima panggilan pengadilan dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) mengenai stablecoin dolar AS PayPal USD (PYUSD). SEC melanjutkan pendekatan penegakan hukum yang ketat terhadap kripto di tengah langkah perusahaan jasa keuangan tradisional untuk mengeksplorasi pasar yang sedang berkembang.

PayPal dalam pengajuan laporan terbaru mengatakan mereka menerima panggilan pengadilan dari SEC mengenai stablecoin PayPal USD pada 1 November. 

“Pada tanggal 1 November 2023, kami menerima panggilan pengadilan dari Divisi Penegakan SEC AS terkait dengan stablecoin PayPal USD. Panggilan pengadilan meminta pembuatan dokumen. Kami bekerja sama dengan SEC sehubungan dengan permintaan ini,” kata PayPal dalam laporannya, dikutip dari Coingape, Minggu (12/11/2023).

Pada Agustus, perusahaan meluncurkan stablecoin PYUSD, perusahaan teknologi keuangan besar pertama yang menggunakan mata uang digital untuk pembayaran dan transfer. 

Anehnya, SEC baru saja menerima panggilan pengadilan mengenai PYUSD sebelum hasil kuartalan PayPal. Tindakan cepat SEC untuk memanggil penerbit stablecoin baru memicu reaksi di komunitas kripto.

PayPal terus mengeksplorasi kripto dan bidang terkait, terutama setelah mengumumkan stablecoin PYUSD. Pada September, PayPal mengumumkan mereka telah mengambil langkah maju ke area Web3 dengan pengenalan terbaru integrasi PayPal On dan Off Ramps. 

PayPal UK Limited juga berhasil memperoleh pendaftaran di Financial Conduct Authority (FCA) Inggris sebagai penyedia layanan kripto resmi.

Namun, karena raksasa seperti BlackRock, JPMorgan, dan Goldman Sachs menunjukkan minat pada industri kripto, SEC masih ragu untuk menerimanya dan melanjutkan tindakan penegakan hukumnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Ketua SEC Gary Gensler Minta Perusahaan Kripto Berhenti Tipu Investor

Sebelumnya diberitakan, dalam sebuah postingan X, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS Gary Gensler mengingatkan perusahaan kripto untuk mematuhi undang-undang sekuritas, dengan tidak menipu investor. 

Ini dilakukan Gensler dalam rangka memperingati 15 tahun whitepaper Bitcoin. Gensler juga menanyakan apakah pencipta mata uang kripto pertama Bitcoin yaitu Satoshi Nakamoto, dapat diidentifikasi dalam kostum Halloween.

"Setiap perusahaan kripto yang menipu investor harus mulai memperlakukan mereka untuk mematuhi undang-undang sekuritas,” kata Gensler, dikutip dari Coinmarketcap, ditulis Selasa (6/11/2023). 

Di bawah kepemimpinan Gensler, SEC telah mengambil sikap tegas terhadap industri aset digital, menuntut pemain kripto besar seperti Binance, Coinbase, dan Kraken. Sumber utama kekhawatiran Gensler adalah penjualan sekuritas yang tidak terdaftar oleh perusahaan kripto. 

Kritikus, termasuk para pemimpin industri dan anggota parlemen, menuduh Gensler menciptakan ambiguitas peraturan dan menghambat inovasi. Hal ini terjadi ketika SEC sedang meninjau banyak ETF Bitcoin spot, karena industri kripto memantau dengan cermat peristiwa ini.

Terkait ETF Bitcoin, Gensler kembali mengungkapkan SEC memiliki 8 hingga 10 pengajuan kemungkinan produk yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin untuk dipertimbangkan.

Bitcoin telah menguat minggu ini di tengah spekulasi persetujuan SEC akan segera terjadi untuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) dipandang sebagai pendorong permintaan karena akan memungkinkan investor untuk mendapatkan paparan langsung terhadap mata uang kripto melalui produk yang terdaftar di bursa.

 

 

4 dari 4 halaman

SEC Tangani 10 Pengajuan Produk ETF Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Gary Gensler mengungkapkan SEC tengah menangani 8 hingga 10 pengajuan produk yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin untuk dipertimbangkan mendapat izin.

Bitcoin telah menguat minggu ini di tengah spekulasi persetujuan SEC akan segera terjadi untuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) dipandang sebagai pendorong permintaan karena akan memungkinkan investor untuk mendapatkan paparan langsung terhadap mata uang kripto melalui produk yang terdaftar di bursa.

Hingga saat ini, SEC hanya menyetujui ETF yang terkait dengan kontrak berjangka bitcoin. Mata uang kripto terbesar di dunia ini terakhir turun 1,6 persen pada USD 33.958 atau setara Rp 540,8 juta (asumsi kurs Rp 15.927 per dolar AS), setelah naik hampir 14 persen sepanjang minggu ini.

“Mereka berpotensi datang ke komisi yang beranggotakan lima orang. Saya tidak akan berprasangka buruk terhadap mereka, tetapi saya tidak punya kepastian waktu. Mereka semua memiliki tanggal pengajuan yang berbeda-beda,” kata Gensler, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (27/10/2023). 

Aplikasi ARK Invest milik Cathie Wood berada di garis depan. Periode komentar SEC selama 240 hari untuk permohonan tersebut berakhir pada 10 Januari 2024; regulator harus menolak atau menyetujuinya pada tanggal tersebut.

BlackRock, Bitwise, WisdomTree, Fidelity, dan Invesco adalah beberapa perusahaan lain dengan permohonan dana bitcoin yang tertunda di AS.

Antisipasi terhadap ETF Bitcoin telah meningkat setelah SEC memilih untuk tidak mengajukan banding atas keputusan pengadilan bahwa menolak permohonan dari Grayscale Investments untuk mengubah kepercayaan bitcoin yang ada menjadi ETF bitcoin spot adalah tindakan yang salah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.