Sukses

India Tangkap 8 Orang Terkait Kasus Penipuan Kripto, 4 di Antaranya Anggota Polisi

Korban penipuan ini termasuk 5.000 pegawai pemerintah dan sekitar 1.000 personel polisi, menurut temuan Tim Investigasi Khusus (SIT).

Liputan6.com, Jakarta - Pihak berwenang India menangkap delapan orang lagi sehubungan dengan skema mata uang kripto ilegal besar-besaran sejak 2018, yang menipu lebih dari 100,000 orang sebesar USD 300 juta atau setara Rp 4,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.648 per dolar AS).

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (10/11/2023), empat dari delapan orang yang ditangkap adalah aparat penegak hukum. Korban penipuan ini termasuk 5.000 pegawai pemerintah dan sekitar 1.000 personel polisi, menurut temuan Tim Investigasi Khusus (SIT).

Penipuan tersebut, yang berkisar pada mata uang kripto lokal yang disebut Korvio Coin (KRO Coin), ditemukan pada akhir September, namun penyelidikan menunjukkan hal itu mungkin telah dimulai pada awal 2018. 

Melalui situs palsu, penipu mencari korban yang tidak tahu apa-apa dengan skema investasi termasuk Korvio Coin, yang akhirnya diperluas untuk mencakup mata uang kripto lainnya.

Polisi setempat menerima total 56 pengaduan tentang penipuan kripto antara 2021 dan 2023. Menyusul laporan ini, banyak lembaga, termasuk Direktorat Penegakan Hukum, bekerja sama dengan tim kepolisian daerah untuk meluncurkan penyelidikan ekstensif yang dipimpin oleh SIT.

Ratusan penggeledahan dilakukan pada akhir bulan Oktober, dan berhasil menemukan sekitar 250.000 kartu identitas yang berkaitan dengan tersangka. Menurut penyelidikan, lebih dari 100 orang masing-masing menghasilkan USD 240.000 atau setara RP 3,7 miliar dari penipuan tersebut, sementara 200 orang lainnya menghasilkan sekitar USD 120.000 atau setara Rp 1,8 miliar masing-masing.

Meski 18 orang telah ditangkap sejauh ini, tersangka dalang operasi tersebut, Subhash Sharma, masih buron. Sebaliknya, pihak berwenang telah menemukan dan menyita beberapa properti yang terkait dengan Sharma. Direktorat Penegakan Hukum juga menyelidiki aktivitas lima perempuan yang diduga bertindak sebagai agen atau promotor Sharma.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendiri Kripto SafeMoon Didakwa Atas Kasus Penipuan

Sebelumnya diberitakan, pendiri dan dua eksekutif puncak di SafeMoon, token kripto yang pernah bernilai lebih dari USD 8 miliar atau setara Rp 126,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.852 per dolar AS), telah didakwa oleh Departemen Kehakiman AS karena melakukan penipuan yang mengalihkan puluhan juta dolar investor.

Sebuah dakwaan yang dibuka pada Rabu, 1 November 2023 di Brooklyn mendakwa pendiri SafeMoon Kyle Nagy, Kepala Eksekutif SafeMoon, Braden John Karony, dan mantan Chief Technology Officer Thomas Smith, dengan tiga tuntutan pidana yang masing-masing berkonspirasi melakukan penipuan sekuritas, penipuan kawat, dan pencucian uang.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS mengajukan tuntutan perdata terkait terhadap para terdakwa, dan atas dugaan penjualan token SafeMoon yang tidak terdaftar di Provo, perusahaan yang berbasis di Utah.

Dibuat pada Maret 2021 dengan pencetakan 1 kuadriliun token, SafeMoon diduga berbohong dengan menjanjikan investor uang mereka dikunci dengan aman di kumpulan untuk membantu meningkatkan likuiditas token, dan tidak dapat ditarik oleh siapa pun.

Menurut dokumen pengadilan, SafeMoon juga berjanji kepada investor fitur token akan mendorong harga ke level tertinggi sepanjang masa di stratosfer dan Safely to the Moon.

“Hal itu tidak terjadi karena investor menderita kerugian besar setelah mengetahui bahwa kolam tersebut tidak dikunci, sementara para terdakwa menarik uang untuk membeli mobil sport McLaren dan Porsche, perjalanan mahal dan rumah mewah,” kata penyidik kasus, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (3/11/2023). 

Surat dakwaan tersebut mengutip Smith yang pernah mengatakan kepada rekan konspirator yang tidak disebutkan namanya, ketika mereka mendiskusikan pembelian kendaraan mewah setelah penjualan token Smith yang dapat ditelusuri ke kumpulan likuiditas.

SafeMoon bernilai sekitar USD 50 juta atau setara Rp 792,6 miliar pada Rabu, kehilangan lebih dari setengah nilainya setelah tuduhan diumumkan, menurut data CoinMarketCap.

 

3 dari 4 halaman

SEC Bikin Edaran Baru Soal Risiko Investasi Kripto,Termasuk Banyaknya Penipuan

Sebelumnya diberitakan, Kantor Pendidikan dan Advokasi Investor (OIEA) SEC menerbitkan Buletin Investor pada 29 September sebagai bagian dari Pekan Investor Dunia tahun ini. 

Kampanye global ini, yang dipromosikan oleh Organisasi Internasional Komisi Sekuritas (IOSCO), bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan dan perlindungan investor.

Tiga tema World Investor Week 2023 adalah Aset Kripto, Ketahanan Investor, dan Keuangan Berkelanjutan. Mengenai aset kripto, buletin ini menyoroti beberapa risiko terkait investasi kripto.

“Investasi dalam aset kripto bisa sangat fluktuatif dan spekulatif, dan platform tempat investor membeli, menjual, meminjam, atau meminjamkan investasi ini mungkin tidak memiliki perlindungan yang penting,” isi buletin tersebut memperingatkan, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (5/10/2023).

Investor yang menyetor dana atau aset kripto ke entitas aset kripto mungkin tidak lagi memiliki kepemilikan sah atas aset tersebut dan mungkin tidak bisa mendapatkan kembali aset tersebut saat mereka menginginkannya.

Selain itu, buletin tersebut merinci investor aset kripto menghadapi sejumlah risiko, termasuk penawaran yang tidak terdaftar, kurangnya perlindungan Securities Investor Protection Corporation (SIPC), dan penipuan. 

Penipu terus mengeksploitasi meningkatnya popularitas aset kripto untuk memikat investor ritel ke dalam penipuan, yang sering kali menyebabkan kerugian besar. 

Regulator lebih lanjut menjelaskan untuk mengetahui apakah portofolio investor, termasuk program pensiun dan akun investasi, memiliki investasi terkait aset kripto, Investor harus secara aktif meneliti dan mengajukan pertanyaan. 

Menurut SEC, risiko kerugian bagi investor individu yang berpartisipasi dalam transaksi yang melibatkan aset kripto, termasuk sekuritas aset kripto, masih tetap besar. Satu-satunya uang yang harus dipertaruhkan dalam investasi spekulatif adalah uang yang mampu ditanggung kerugiannya seluruhnya.

 

4 dari 4 halaman

Mantan Pegawai Deutsche Bank Mengaku Bersalah Atas Penipuan Kripto

Sebelumnya diberitakan, seorang mantan bankir investasi Deutsche Bank, yang didakwa pada April dengan penyelewengan dana dari investor yang ia bujuk dengan janji keuntungan besar dari perdagangan mata uang kripto, mengaku bersalah pada Selasa, 19 September 2023.

Mantan bankir investasi Deutsche Bank Rashawn Russell menghadapi hukuman hingga 30 tahun penjara ketika dijatuhi hukuman, kata Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan. Sebagai bagian dari perjanjian pembelaannya, Russell akan diminta untuk membayar ganti rugi sejumlah lebih dari USD 1,5 juta atau setara Rp 23 miliar (asumsi kurs Rp 15.368 per dolar AS).

“Russell memanfaatkan minat investor di pasar mata uang kripto untuk melakukan skema menipu klien yang mempercayainya,” kata Jaksa Amerika Serikat Breon Peace, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (22/9/2023). 

Russell adalah bankir investasi dari Juli 2018 hingga November 2021 di sebuah lembaga keuangan yang tidak disebutkan dalam dakwaannya. Profil LinkedIn-nya menyatakan ia menjadi analis perbankan investasi Deutsche Bank pada Juli 2018 dan dipromosikan menjadi rekanan pada Juli 2020.

Russell mengatakan kepada calon investor dia adalah broker berlisensi yang bekerja di perbankan investasi dan dapat membantu mereka memperoleh keuntungan besar dan terkadang terjamin dari R3, dana kripto yang dia klaim dijalankan.

Jaksa mengatakan Russell mentransfer sejumlah dana ke rekening perdagangan tetapi menyedot sisanya, dan mengirimkan dokumentasi palsu kepada investor tentang bagaimana kinerja uang mereka. Dia meminta investasi dari teman dan koleganya tetapi menggunakan dana tersebut untuk perjudian dan pengeluaran pribadi lainnya, menurut jaksa federal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini