Sukses

Spanyol Ambil Langkah Besar Untuk Mengatur Aset Kripto

Spanyol mengumumkan rencana untuk menerapkan Undang-Undang Pasar Aset Kripto (MiCA) Uni Eropa lebih cepat dari yang dijadwalkan

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah langkah yang menandakan penerimaannya terhadap lanskap mata uang kripto yang terus berkembang, Spanyol mengumumkan rencana untuk menerapkan Undang-Undang Pasar Aset Kripto (MiCA) Uni Eropa lebih cepat dari jadwal.

Dilansir dari Coinmarketcap, Senin (6/11/2023), Undang-undang MiCA, yang akan mulai berlaku di seluruh Uni Eropa pada Juli 2026, menetapkan kerangka peraturan komprehensif pertama di dunia untuk aset dan layanan kripto. Namun, Spanyol menargetkan untuk mengadopsi aturan tersebut pada Desember 2025.

Percepatan jadwal ini terjadi setelah pertemuan antara Wakil Presiden Pertama Spanyol Nadia Calvino dan Presiden Otoritas Pasar dan Sekuritas Eropa Verena Ross. 

Kementerian Ekonomi dan Transformasi Digital Spanyol mengatakan adopsi awal akan memberikan kepastian hukum dan perlindungan yang lebih besar bagi investor Spanyol pada aset jenis ini.

Di bawah aturan MiCA, penerbit aset kripto harus mematuhi standar kehati-hatian, tata kelola, dan perlindungan investor. Penyedia layanan kripto seperti bursa juga akan menghadapi peraturan serupa dengan perusahaan keuangan tradisional.

Langkah berani Spanyol mendapat pujian dari Ross, yang mendesak negara-negara anggota untuk segera menerapkan MiCA.

Keputusan tersebut sejalan dengan meningkatnya minat kripto di Spanyol dan seluruh Eropa. Bursa besar baru-baru ini mendapatkan persetujuan peraturan utama untuk operasi mereka di Spanyol.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini