Sukses

Kebahagiaan Anak-anak dan Remaja Ternyata Pengaruhi Peringkat Jadi Negara Bahagia, Berikut Penjelasannya

Laporan World Happiness 2024 juga mengungkapkan adanya tren penurunan yang mengkhawatirkan dalam evaluasi kehidupan oleh anak-anak dan remaja, terutama di Eropa Barat.

Liputan6.com, Helsinki - Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia selama tujuh tahun berturut-turut dalam laporan World Happiness Report yang sudah dirilis.

Melansir dari Euronews, Jumat (10/5/2024), laporan tersebut disusun dengan menggunakan data dari lebih dari 140 negara dan diterbitkan setiap tahun oleh Gallup, Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Universitas Oxford.

Untuk pertama kalinya, World Happiness Report 2024 menawarkan data empiris berdasarkan usia, menunjukkan perbedaan yang mengkhawatirkan dalam seberapa bahagia generasi muda secara global dibandingkan dengan generasi yang lebih tua.

Secara keseluruhan, negara-negara Eropa mendominasi peringkat, khususnya negara-negara Nordik seperti Finlandia, Denmark, Islandia, Swedia, dan Norwegia. Semua negara tersebut mempertahankan posisi di 10 besar.

Peringkat tahunan World Happiness Report sebagian besar didasarkan pada evaluasi kehidupan subjektif yang dikompilasi selama tiga tahun terakhir dari Gallup World Poll yang bekerja sama dengan Wellbeing Research Center dan Sustainable Development Solutions Network (Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan) PBB.

Meskipun peringkat itu sendiri didasarkan hanya pada jawaban yang diberikan orang ketika diminta untuk menilai kehidupan mereka sendiri, para ahli interdisipliner dari bidang ekonomi, psikologi, dan sosiologi kemudian dipanggil untuk menganalisis data dan membuat evaluasi berdasarkan enam variabel kunci.

Variabel yang dilaporkan oleh laporan tersebut adalah pendapatan (PDB per kapita), harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan untuk membuat pilihan hidup, kedermawanan, dan kebebasan dari korupsi.

Remaja merasa lebih tidak bahagia daripada sebelumnya.

Untuk pertama kalinya, laporan ini menyelidiki data untuk memberikan wawasan tentang tingkat kebahagiaan berdasarkan kelompok usia.

Hal ini menunjukkan gambaran yang sangat berbeda dibandingkan dengan peringkat resmi, dengan Lituania (peringkat ke-19 secara keseluruhan) menjadi negara paling bahagia di dunia untuk anak-anak dan remaja di bawah 30 tahun, sementara Denmark (peringkat kedua secara keseluruhan) adalah tempat paling bahagia bagi orang tua di atas 60 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peringkat yang Berbeda Bagi Beberapa Generasi

Namun, laporan tahun ini juga menyoroti ketidakseimbangan yang semakin meningkat dalam kesejahteraan antara usia tergantung pada lokasi geografis mereka.

Peneliti menemukan bahwa secara global, orang muda berusia 15 hingga 24 tahun melaporkan kepuasan hidup yang lebih tinggi daripada orang dewasa berusia 25 tahun ke atas. Namun, ada penurunan signifikan yang ditunjukkan di Eropa Barat dan Amerika Utara, serta Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Selatan karena "tren negatif bagi remaja".

"Dengan menggabungkan data yang tersedia mengenai kesejahteraan anak-anak dan remaja di seluruh dunia, kami mendokumentasikan penurunan yang mengkhawatirkan terutama di Amerika Utara dan Eropa Barat," kata Jan-Emmanuel de Neve, direktur Oxford Well-being Research Centre dan editor World Happiness Report.

"Membayangkan bahwa di beberapa bagian dunia, anak-anak sudah mengalami krisis pertengahan hidup yang menuntut tindakan kebijakan segera."

Sebaliknya, di bagian dunia lain, tingkat kebahagiaan untuk anak-anak dan remaja sebagian besar meningkat, meskipun secara umum orang tua jauh lebih bahagia secara keseluruhan.

Ketika membandingkan generasi, mereka yang lahir sebelum 1965 secara rata-rata lebih bahagia daripada mereka yang lahir sejak 1980.

Sementara untuk generasi Baby Boomer, kepuasan hidup terlihat meningkat seiring bertambahnya usia, kepuasan hidup terlihat meningkat seiring bertambah usia, untuk generasi Milenial, evaluasi kebahagiaan mereka turun setiap tahunnya.

"Kami menemukan beberapa hasil yang cukup mencolok, ada variasi yang besar di antara negara-negara dengan tingkat kebahagiaan antara populasi yang lebih muda, lebih tua, dan yang berada di usia tengah-tengah," kata John F Helliwell, seorang profesor ekonomi emeritus di Universitas British Columbia dan editor pendiri World Happiness Report, dalam sebuah pernyataan.

"Oleh karena itu, peringkat kebahagiaan global cukup berbeda untuk remaja dan dewasa, dalam tingkat yang telah berubah banyak selama belasan tahun terakhir".

 

3 dari 4 halaman

Negara-negara dengan Peringkat Paling Rendah dan Tinggi

Melihat daftar 10 negara paling rendah terlebih dahulu, Afghanistan tetap menjadi negara paling tidak bahagia di dunia dalam peringkat yang sebagian besar tidak berubah.

134. Zambia

135. Eswatini

136. Malawi

137. Botswana

138. Zimbabwe

139. Congo

140. Sierra Leone

141. Lesotho

142. Lebanon

143. Afghanistan

Dalam peringkat 10 teratas tahun ini secara keseluruhan, sebagian besar juga tidak berubah terutama tiga teratas. Namun, Denmark sebagai peringkat kedua berhasil mengejar Finlandia.

1. Finlandia

2. Denmark

3. Islandia

4. Swedia

5. Israel

6. Belanda

7. Norwegia

8. Luksemburg

9. Swiss

10. Australia

Dengan 10 besar yang tetap ketat dalam hal skor dan sebagian besar tidak berubah dalam hal posisi, pergerakan yang lebih menarik muncul di 20 besar.

Ada pendatang baru seperti Kosta Rika dan Kuwait di posisi 12 dan 13, sementara Amerika Serikat dan Jerman sama-sama tergusur dari posisi 15 dan 16, turun ke posisi 23 dan 24 tahun ini.

Hal tersebut merupakan pertama kalinya AS keluar dari 20 besar sejak World Happiness Report pertama kali diterbitkan, yang sebagian besar didorong oleh penurunan yang signifikan dalam kesejahteraan orang Amerika di bawah 30 tahun, kata penulis laporan tersebut.

4 dari 4 halaman

Patokan dalam Melakukan Peringkatan

Yang juga terlihat tahun ini adalah menyempitnya tingkat kebahagiaan antara Eropa Barat dan Timur, dengan negara-negara seperti Ceko (peringkat 18) dan Lituania (peringkat 19) mempertahankan posisi mereka di 20 besar, dengan Slovenia sekarang berada di posisi ke-21.

Menariknya, tidak ada negara terbesar di dunia yang masuk ke dalam 20 besar, dengan hanya dua negara yang masuk dalam 10 besar, Belanda dan Australia, yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 15 juta jiwa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun 2023 ditandai dengan peristiwa geopolitik yang seismik. Dampaknya terhadap pengukur kebahagiaan sangat bergantung pada hubungan waktu antara peristiwa-peristiwa tersebut dengan waktu dilakukannya survei.

Peringkat juga didasarkan pada rata-rata tiga tahun dari data yang dikumpulkan.

Oleh karena itu, peristiwa-peristiwa seperti serangan Hamas terhadap kibbutzim Israel pada tanggal 7 Oktober dan perang berikutnya di Gaza sebagian besar tidak tercatat, yang menjelaskan mengapa Israel (yang berada di urutan keempat tahun lalu) tetap berada di peringkat tinggi dengan posisi kelima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.