Sukses

Popularitas NFT Menurun, Begini Tanggapan Pelaku Industri

Seperti halnya pasar lain, pasar NFT juga dapat mengalami siklus naik dan turun yang dipengaruhi oleh faktor-faktor

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa tahun terakhir, NFT telah menjadi salah satu topik paling hangat dalam dunia teknologi dan seni. Dari karya seni digital hingga barang koleksi, NFT telah memberikan keunikan dan otentikasi pada aset digital, memberi peluang bagi seniman dan kreator untuk mendapatkan pengakuan dan penghasilan yang layak. 

Namun, seperti halnya setiap tren teknologi, ada kalanya puncak popularitasnya menyurut dan memunculkan pertanyaan: Apakah era kejayaan NFT telah berakhir?

Menurut laporan platform kripto dappGambl berjudul "Dead NFTs: The Changing Landscape of the NFT Market," dari sekitar 73.257 koleksi NFT yang diidentifikasi, hampir 69.795 di antaranya memiliki kapitalisasi pasar nol Ethereum (ETH).

Menanggapi hal ini, CEO Tokocrypto, Yudhono Rawis, menjelaskan sama seperti pasar lainnya, NFT tidak lepas dari dinamika pasang surut. Fase awal penerimaan teknologi atau tren baru biasanya disertai dengan antusiasme yang tinggi, yang sering kali diikuti oleh penyesuaian dan koreksi pasar. 

Meskipun telah ada penurunan aktivitas dalam beberapa bulan terakhir, hal ini tidak necessarily menandakan akhir dari NFT, melainkan fase transisi. "Pasar NFT mengalami fluktuasi alami. 

Seperti halnya pasar lain, pasar NFT juga dapat mengalami siklus naik dan turun yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tren, permintaan, penawaran, sentimen, dan spekulasi. 

“Beberapa NFT mungkin mengalami lonjakan harga sementara karena hype atau publisitas, tetapi kemudian menurun karena kurangnya minat atau dukungan jangka panjang," kata Yudho dalam siaran pers dikutip Sabtu (7/10/2023).

Lebih lanjut, Yudho memiliki pandangan yang optimistis terhadap masa depan NFT. Meskipun NFT mungkin sedang mengalami fase penyesuaian, banyak indikator menunjukkan ini bukanlah akhir dari era kejayaannya. 

Dengan terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar, NFT berpotensi untuk kembali berkembang dan memainkan peran penting dalam ekosistem digital masa depan. "NFT bukanlah sekedar tren sesaat. 

“Kami melihat potensi pertumbuhannya sebagai revolusi industri kreatif dan digital. Ada banyak inovasi yang masih bisa dijelajahi. Seperti halnya teknologi lainnya, ada waktunya pasang dan surut, tetapi keyakinan kami adalah NFT akan bangkit kembali dengan cara yang lebih matang dan inovatif," jelasnya.

Cara Mengangkat Popularitas NFT

Untuk mengangkat NFT kembali berjaya, Yudho menjelaskan ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para kreator, kolektor, dan investor NFT. Untuk kreator harus bisa menciptakan NFT yang lebih berkualitas, unik, dan bermakna. 

Serta, meningkatkan regulasi dan kebijakan yang mendukung perkembangan NFT tanpa menghambat kreativitas dan inovasi. 

"Salah satu pembeda NFT adalah mereka dapat merepresentasikan aset digital yang memiliki nilai seni, budaya, atau sejarah yang tinggi. Oleh karena itu, para pencipta NFT harus berusaha untuk membuat karya-karya yang menunjukkan kreativitas, orisinalitas, dan keahlian mereka,” jelas Yudho.

Yudho menambahkan, mereka juga harus memberikan cerita atau konteks di balik karya-karya mereka, sehingga para kolektor atau investor dapat merasakan koneksi atau emosi terhadap NFT tersebut.

Selain itu yang paling penting adalah mengedukasi dan menginspirasi masyarakat luas tentang NFT. NFT masih merupakan konsep yang baru dan asing bagi banyak orang, terutama mereka yang tidak terbiasa dengan teknologi blockchain atau kripto

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto