Sukses

Kripto Milik Telegram, TON Coin Masuk Jajaran 10 Besar

Hal ini terjadi setelah reli TON baru-baru ini, dengan token naik lebih dari 24 persen dalam tujuh hari terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Toncoin (TON), mata uang kripto asli The Open Network, telah menjadi mata uang kripto terbesar ke-10 berdasarkan kapitalisasi pasar, melampaui Tron (TRX) milik Justin Sun. 

Dilansir dari CoinMarketCap, Jumat (22/9/2023), hal ini terjadi setelah reli TON baru-baru ini, dengan token naik lebih dari 24 persen dalam tujuh hari terakhir. Hal ini dapat dikaitkan dengan peluncuran dompet digital self-custodial pada aplikasi perpesanan populer Telegram, yang mengembangkan blockchain TON. 

Pengumuman tersebut dibuat pada konferensi Token2049 di Singapura. TON Foundation mengambil alih proyek tersebut setelah gugatan SEC memaksa Telegram untuk berhenti mengerjakannya pada 2020. 

Selain dompet hak asuh mandiri, yang memungkinkan pengguna mengirim kripto tanpa biaya, TON Foundation juga menyusun rencana untuk menghadirkan fitur Web3 ke Telegram. Ini termasuk aplikasi mini Telegram yang terintegrasi dalam aplikasi perpesanan itu sendiri.

Telegram dan Kripto

Platform media sosial Telegram terkenal dengan fitur-fitur terkait kriptonya. Ini tak lepas dari kedekatan CEO Telegram, Pavel Durov dengan industri kripto. Durov  mengungkapkan pada Juli 2023 dia memegang beberapa bitcoin, kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, dan Toncoin (TON). 

Dalam postingannya, dia mengungkapkan meskipun beberapa orang menyarankan agar dia membeli rumah atau jet, dia lebih suka berinvestasi dalam pekerjaannya, tanpa membeli apa pun selain beberapa Bitcoin dan Toncoin.

Meskipun begitu, Durov tidak mengungkapkan berapa banyak BTC yang dia miliki, tetapi dia mengakui satu-satunya investasi nyata yang dia buat dalam kehidupan adalah Bitcoin itu sendiri.

Tak hanya Bitcoin, Durov juga berinvestasi dalam Toncoin (TON) yang merupakan kripto milik telegram, meskipun kini sudah berganti nama dan disebut The Open Network (TON), sebelumnya disebut Telegram Open Network.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harga Bitcoin Diprediksi Sentuh Rp 568 Juta pada Akhir 2023

Sebelumnya, kuartal terakhir setiap tahun secara historis merupakan yang terkuat bagi bitcoin (BTC) dalam hal kinerja, dengan pengembalian rata-rata lebih dari 35 persen selama sembilan tahun terakhir.

Dalam laporan terbaru penyedia layanan kripto Matrixport, Rabu, 20 September 2023 memprediksi harga Bitcoin dapat menyentuh USD 37.000 atau setara Rp 568,5 juta (asumsi kurs Rp 15.368 per dolar AS). 

“Jika sejarah adalah panduan, bitcoin bisa mencapai USD 37,000 pada akhir tahun,” tulis kepala penelitian Matrixport, Markus Thielen dalam laporannya, dikutip dari CoinDesk, Kamis (21/9/2023).

Thielen menjelaskan, Oktober juga menjadi bulan yang sangat kuat, dengan pengembalian bitcoin yang positif dalam tujuh dari sembilan tahun terakhir, dengan pengembalian rata-rata 20 persen.

Analisis teknis Matrixport menunjukkan bitcoin baru-baru ini membuat sinyal terobosan baru. Sepuluh kali terakhir model ini dipicu, harganya naik rata-rata lebih dari 9 persen dalam waktu singkat.

Katalis potensial lainnya pada bulan Oktober adalah tenggat waktu kedua untuk pengajuan dana yang diperdagangkan di bursa spot (ETF) bitcoin, ketika Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) harus mengumumkan atau menunda keputusannya untuk menyetujui ETF ini, tambah laporan itu.

Regulator mengatakan pada Agustus mereka menunda keputusannya apakah akan menyetujui semua aplikasi ETF bitcoin spot atau tidak hingga Oktober.

3 dari 5 halaman

Bandar Kripto Transfer 4 Triliun Token SHIB USD 29,8 Juta ke 8 Alamat

Sebelumnya, Colossal whale, atau secara harfiah diartikan sebagai paus kolosal diyakini sebagai pemegang token Shiba Inu (SHIB) terbesar, telah melakukan langkah signifikan dengan mentransfer 4 triliun SHIB senilai USD 29,8 juta, ke delapan alamat yang baru dibuat.

Aktivitas ini telah menarik perhatian para penggemar crypto, karena menandai transaksi besar pertama yang dilakukan oleh whale dalam lebih dari 600 hari. Istilah paus atau Whale ini merujuk pada orang atau organisasi yang memiliki crypto dalam jumlah besar, yang juga bisa dikategorikan sebagai market maker atau bandar.

Menurut data dari platform analitik on-chain Lookonchain, whale yang sebelumnya memperoleh 103,33 triliun SHIB, membeli menggunakan 38 Ethereum (ETH) senilai sekitar USD 14.000.

Selanjutnya, whale menjual sekitar 603 miliar SHIB untuk sekitar 2.411 ETH, dengan nilai transaksi USD 9,6 juta. Keuntungan dari penjualan ini mencapai 62.447,37 persen.

Melansir Optimisus, Jumat (14/7/2023), Whale diketahui juga menyetorkan 1,25 triliun SHIB, setara dengan USD 8,77 juta ke dalam Coinbase awal tahun ini. Terlepas dari pergerakan tersebut, colossal whale masih memegang 101,47 triliun SHIB, dengan perkiraan nilai USD 756 juta.

Perlu dicatat paus telah mendistribusikan token di 23 dompet yang berbeda, sehingga sulit untuk melacak atau memprediksi tindakan tepat paus tersebut.

Dalam perkembangan terakhir, data dari Shibburn mengungkapkan penurunan signifikan lebih dari 100 persen dalam tingkat pembakaran token SHIB dalam 24 jam terakhir. Pengamatan ini menambah intrik lebih lanjut pada dinamika yang berkembang seputar pergerakan token SHIB.

4 dari 5 halaman

Temasek Singapura Bakal Hentikan Investasi di Perusahaan Kripto, Ada Apa?

Sebelumnya, dana kekayaan negara Singapura Temasek mengungkapkan saat ini tidak ingin berinvestasi di perusahaan kripto di tengah ketidakpastian peraturan di sektor ini.

“Ada banyak ketidakpastian peraturan di lingkungan ini. Saya pikir sangat sulit bagi kami untuk melakukan investasi dan pertukaran lagi di tengah semua ketidakpastian peraturan ini,” kata Chief Investment Officer Temasek, Rohit Sipahimalani, dikutip dari CNBC, Rabu (12/7/2023).

Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) menuntut Ripple pertukaran kripto AS teratas karena melanggar undang-undang sekuritas lokal dengan menjual token XRP aslinya tanpa terlebih dahulu mendaftarkannya ke regulator.

SEC secara terpisah membebankan Coinbase pertukaran kripto AS lainnya untuk beroperasi sebagai bursa efek yang tidak terdaftar, broker atau perusahaan kliring. Itu juga menuduh Coinbase gagal mendaftarkan penawaran dan penjualan program stakingnya.

“Jika Anda memiliki kerangka peraturan yang tepat, dan kami merasa nyaman dengannya, dan Anda memiliki peluang investasi yang tepat, tidak ada alasan bagi kami untuk tidak melihatnya,” ujar Sipahimalani.

Dia menambahkan Temasek tidak pernah berniat untuk berinvestasi dalam cryptocurrency. Pada Selasa, Temasek membukukan pengembalian terburuk sejak 2016, dibebani oleh tantangan ekonomi makro dan geopolitik.

 

5 dari 5 halaman

Kerugian FTX

Temasek mengumumkan pada pertengahan November mereka akan menurunkan investasi USD 275 juta atau setara Rp 4,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.142 per dolar AS) di FTX menjadi nol.

Crypto exchange FTX yang berbasis di AS bangkrut pada November 2022. Perusahaan memiliki lebih dari 100.000 kreditur. Wakil Perdana Menteri Singapura dan Menteri Keuangan Lawrence Wong menyebut kerugian itu "mengecewakan" dan merusak reputasi Singapura.

Pada Mei, Temasek kemudian mengumumkan pemotongan gaji staf yang bertanggung jawab, setelah memulai tinjauan internal atas investasi FTX-nya yang digambarkan Sipahimalani sebagai strategi Temasek untuk menemukan pemenang berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.