Sukses

PayPal Setop Akses Pembelian Kripto di Inggris Hingga 2024

Aturan keuangan yang ketat di Inggris menjadi salah satu alasan PayPal hentikan sementara pembelian kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa pembayaran PayPal akan menghentikan sementara pembelian kripto di Inggris Raya hingga awal 2024. Pernyataan itu menyusul aturan yang lebih ketat oleh regulator keuangan negara setempat.

PayPal mengatakan pelanggan yang sebelumnya telah membeli aset kripto melalui akun PayPal, dapat menyimpannya di platform atau menjualnya kapan saja. Namun, mulai 1 Oktober 2023, akses pembelian baru akan dinonaktifkan.

"Kami mengambil tindakan ini sebagai tanggapan atas aturan baru yang diberlakukan oleh Financial Conduct Authority (FCA) Inggris yang mengharuskan perusahaan kripto untuk menerapkan langkah tambahan sebelum pelanggan dapat membeli kripto,” kata PayPal, mengutip laman Coindesk, Kamis (17/8/2023).

Regulator keuangan Inggris, Financial Conduct Authority (FCA), diperkirakan akan memperkenalkan aturan yang lebih ketat untuk kripto, yang akan diklasifikasikan sebagai restricted mass market investments di bawah aturan baru per 1 September 2023.

“Kami tetap berkomitmen tinggi terhadap kewajiban kepatuhan kami dan PayPal secara konsisten bekerja sama dengan regulator di seluruh dunia untuk mematuhi peraturan dan regulasi yang berlaku di pasar tempat kami beroperasi,” kata PayPal.

PayPal telah mempercepat jejaknya di kripto dalam beberapa minggu terakhir, khususnya di Amerika Serikat. Perkembangan paling signifikan bagi perusahaan adalah peluncuran stablecoin baru-baru ini, PayPal USD (PYUSD), yang diumumkan awal Agustus lalu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raksasa Pembayaran PayPal Luncurkan Stablecoin Berbasis Dolar AS

Sebelumnya, raksasa pembayaran global PayPal (PYPL) memasuki pasar kripto dengan meluncurkan stablecoin yang dipatok dalam dolar AS, PayPal USD (PYUSD), pada Senin, 7 Juli 2023.

Token berbasis Ethereum akan segera tersedia untuk pengguna PayPal di AS. Ini adalah pertama kalinya sebuah perusahaan keuangan besar menerbitkan stablecoinnya sendiri. 

Pengguna dapat mentransfer PYUSD antara PayPal dan dompet digital eksternal yang didukung, menggunakan token untuk membayar barang dan jasa, atau mengonversi mata uang digital apapun yang didukung PayPal ke dan dari PYUSD.

PayPal mengatakan stablecoin akan tersedia untuk komunitas pengembang eksternal, dompet, dan aplikasi web3 yang sudah besar dan berkembang, dan dapat dengan mudah diadopsi oleh pertukaran kripto.

PYUSD akan diterbitkan oleh firma jasa keuangan kripto yang berbasis di New York, Paxos Trust, dan akan didukung penuh oleh deposito dolar AS, Treasuries jangka pendek, dan setara kas serupa. 

Ini dapat ditukarkan dengan dolar dan juga dapat ditukar dengan cryptocurrency lain yang tersedia di jaringan PayPal, seperti bitcoin (BTC), bitcoin cash (BCH), ether (ETH), dan litecoin (LTC).

Pergeseran menuju mata uang digital membutuhkan instrumen stabil yang asli secara digital dan mudah terhubung ke mata uang fiat seperti dolar AS, kata CEO PayPal Dan Schulman dalam pernyataannya. 

"Komitmen kami terhadap inovasi dan kepatuhan yang bertanggung jawab, dan rekam jejak kami memberikan pengalaman baru kepada pelanggan kami, memberikan landasan yang diperlukan untuk berkontribusi pada pertumbuhan pembayaran digital melalui PayPal USD,” kata Schulman, dikutip dari CoinDesk, Selasa (8/8/2023).

Sementara itu, PayPal mengatakan akan memberikan laporan yang terbukti dari dana yang mendukung stablecoin dalam upaya untuk menggagalkan kekhawatiran tentang token yang tidak didukung.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 3 halaman

Laporan Kuartalan PayPal Ungkap Kepemilikan Kripto Senilai Rp 14,6 Triliun

Sebelumnya, laporan pendapatan kuartalan terbaru Paypal, yang diajukan ke SEC, mengungkapkan raksasa pembayaran itu memegang hampir USD 1 miliar atau setara Rp 14,6 triliun (asumsi kurs Rp 14.687 per dolar AS) dalam aset mata uang kripto

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (12/5/2023), pada 31 Maret 2023, kepemilikan kripto Paypal mencakup USD 499 juta atau setara Rp 7,3 triliun dalam BTC dan USD 362 juta atau setara Rp 5,3 triliun dalam ETH, dengan tambahan USD 82 juta atau setara Rp 1,2 triliun dalam cryptocurrency lainnya yang didukung perusahaan. 

Secara mengesankan, kepemilikan kripto Paypal telah melonjak hingga USD 339 juta atau setara Rp 4,9 triliun sejak 31 Desember 2022, ketika nilai mata uang digital jauh lebih rendah.

Paypal saat ini mendukung pembayaran bitcoin, ether, bitcoin cash, dan litecoin, dengan raksasa pembayaran mengandalkan pihak ketiga tepercaya untuk solusi kustodian tertentu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini