Sukses

Harga Bitcoin Sentuh Level Tertinggi Sejak Juni 2022

Juni tahun lalu adalah salah satu bulan terburuk Bitcoin sejak 2011, turun hingga USD 19.000 atau setara Rp 285,2 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin membukukan harga tertinggi dalam lebih dari setahun pada Selasa, 4 Juli 2023 di tengah berita BlackRock mengajukan ulang aplikasinya untuk ETF Bitcoin spot.

Dilansir dari Decrypt, Rabu (5/7/2023), koin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar diperdagangkan pada USD 31.250 atau setara Rp 469,1 juta (asumsi kurs Rp 15.013 per dolar AS), menurut data CoinGecko. Ini mewakili keuntungan sebesar 2,4 persen selama beberapa hari terakhir dan harga tertinggi Bitcoin sejak Juni tahun lalu.

Selama setahun terakhir, Bitcoin telah meningkat 62 persen, melewati banyak krisis seperti runtuhnya pertukaran cryptocurrency FTX dan ledakan bersejarah beberapa bank regional, yang akhirnya berakhir di zona hijau.

Juni tahun lalu adalah salah satu bulan terburuk Bitcoin sejak 2011, turun hingga USD 19.000 atau setara Rp 285,2 juta dari sekitar USD 30.000 atau setara Rp 450,3 juta. 

Pada saat itu, inflasi di AS memuncak pada level tertinggi empat dekade sebesar 9,1 persen, dan Federal Reserve menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin, kenaikan terbesar dalam 28 tahun.

Sekarang, para ahli mengatakan langkah awal BlackRock untuk membangun ETF Bitcoin tempat pertama di Amerika dipandang sebagai ciri khas adopsi institusional untuk kripto. Selain memperkuat reputasi Bitcoin sebagai aset baru, ETF spot dari BlackRock akan memudahkan institusi untuk mendapatkan eksposur ke koin tertua kripto.

Sementara itu, Ethereum naik 2,9 persen selama beberapa hari terakhir di USD 1.969 atau setar Rp 29,5 juta pada waktu yang sama. Meskipun ini bukan harga tertinggi Ethereum selama lebih dari setahun koin tersebut sempat naik di atas USD 2.100 atau setara Rp 31,5 juta pada April. Ethereum telah melonjak lebih dari 85 persen dalam 12 bulan terakhir.

Bitcoin dan Ethereum membentuk lebih dari 65 persen dari total pasar kripto, dan beberapa altcoin menghadapi tekanan setelah tindakan penegakan hukum dari Securities and Exchange Commission (SEC).

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keren! Bikin Lagu Sekarang Bisa Lewat Bitcoin

Sebelumnya, mengukir karya seni, game, dan bahkan token meme di blockchain Bitcoin sepertinya tidak terbayangkan setahun yang lalu. Tetapi berkat Ordinals, semuanya kini bisa terjadi.

Dan selama akhir pekan, seseorang menggunakan protokol untuk memasukkan mesin musik yang sepenuhnya terhubung ke Bitcoin.

'Descent Into Darkness Music Engine', ditorehkan ke blockchain Bitcoin pada Sabtu lalu, dengan 10 edisi dicetak dan dijual sebagai Ordinal individual. Dengan memasukkan beberapa kata kunci, siapa pun—tidak hanya pemilik, dapat membuat trek musik secara instan.

Dibuat oleh pengembang indie dengan nama samaran Ratoshi, mesin musik ini dimaksudkan sebagai pendamping RPG berbasis teks Descent into Darkness miliknya, dan output-nya memiliki getaran chiptune retro.

Melansir DeCrypt, Selasa (4/7/2023), Ratoshi mengatakan bahwa proyek ini menggunakan ChatGPT OpenAI untuk membantu mengembangkan suara yang pada akhirnya digunakan dalam aplikasi on-chain.

Sebagai aplikasi on-chain, ini mengikuti aplikasi dan game berbasis Bitcoin lainnya seperti Chainspace berbasis kamera inventif, dan klon game yang dapat dimainkan seperti Doom dan Pac-Man.

Mesin musik berbasis Bitcoin memanfaatkan inovasi terbaru dalam komunitas Ordinals—apa yang disebut pengembang sebagai prasasti rekursif (recursive inscriptions). Sebelumnya, prasasti tidak bisa berkomunikasi satu sama lain. Tetapi dengan prasasti rekursif, Ordinals dapat memanggil data dari aset yang sudah tertulis di blockchain, mirip dengan kemampuan menyusun protokol Ethereum karena pengembang mengarahkan kontrak pintar ke tujuan yang berbeda.

Hal ini memungkinkan pengembang Ordinals untuk menghindari batasan penyimpanan blok 4MB dari prasasti Bitcoin, jauh lebih rendah daripada yang dibutuhkan untuk proyek video game modern, serta aplikasi berskala besar lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Diubah ke File HTML

Efisiensi penyimpanan yang paling penting secara drastis mengurangi biaya pembuatan proyek on-chain ke Bitcoin dari waktu ke waktu, memungkinkan pengembang untuk menskalakan data prasasti di lapisan blockchain dasar tanpa bergantung pada solusi lapisan-2.

“Berkat prasasti rekursif, saya hanya perlu menuliskan kode sekali. Setiap prasasti berikutnya kemudian menjadi file HTML yang jauh lebih kecil yang dapat menggunakan kembali file JavaScript yang telah ditulis sebelumnya untuk proyek mendatang," kata Ratoshi.

Sebagai gambaran, Ratoshi mengatakan bahwa alih-alih membayar Bitcoin senilai USD 40 dalam biaya jaringan untuk membuat setiap prasasti proyek berskala lebih besar, mereka dapat membayar USD 40 untuk yang pertama dan kemudian biaya yang jauh lebih kecil untuk prasasti berikutnya yang lebih kecil. Perbedaannya bisa sebesar membayar biaya hanya USD 5 untuk prasasti selanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Casey Rodarmor

Berkat potensi penghematan besar untuk menempatkan media dan aplikasi di blockchain Bitcoin, prasasti rekursif dapat membuka gelombang inovasi untuk berbagai proyek dalam komunitas Ordinals. Seperti dicatat oleh pendiri Ord.io dengan nama samaran, Leonidas, proyek NFT OnChainMonkey menggunakan fitur tersebut untuk meletakkan karya seni 3D di rantai dengan tulisan di bawah 1KB dalam ukuran total.

Ordinals diluncurkan pada Januari oleh pengembang Casey Rodarmor, yang mengeksploitasi celah dalam peningkatan Taproot Bitcoin 2021, memungkinkan penulisan berbagai format file data ke blockchain Bitcoin.

Setiap Ordinal terikat pada satu satoshi, atau unit pengukuran Bitcoin terkecil (1/100.000.000 BTC), dan peluncuran protokol Ordinals telah membuka pertumbuhan ekonomi perdagangan aset mirip NFT di Bitcoin—dan token meme juga. Lebih dari 14,6 juta Ordinal telah ditorehkan sejak Januari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.