Sukses

Coinbase dan Bitpanda Bakal Bantu Bank di Eropa Jualan Kripto

Banyak bank di Eropa ingin dapat menawarkan kripto kepada pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta Pertukaran kripto yang berbasis di Austria, Bitpanda bekerja sama dengan Coinbase (COIN) untuk menghubungkan perusahaan dengan bank-bank di Eropa yang ingin menawarkan aset kripto kepada pelanggan mereka.

Kemitraan yang baru saja diumumkan memungkinkan Coinbase untuk menggunakan Solusi Teknologi Bitpanda, penyedia lapisan infrastruktur bisnis-ke-bisnis untuk terhubung langsung ke bank dan fintech.

Menurut COO BitPanda Lukas Enzersdorfer-Konrad, terlepas dari musim dingin kripto dan kerusakan yang terjadi pada reputasi kelas aset dari ledakan dan kegagalan tahun lalu, banyak bank ingin dapat menawarkan kripto kepada pelanggan. 

“Hal ini terutama berlaku di Eropa sekarang karena kerangka peraturan kripto mili Eropa yaitu Pasar dalam Aset Kripto (MiCA) telah diadopsi,” kata Konrad, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (6/6/2023). 

Konektivitas kripto Bitpanda sudah ada dengan sejumlah bank, neo-bank, dan platform fintech seperti pemberi pinjaman tradisional Austria Raiffeisenlandesbank, bank seluler Eropa N26, aplikasi uang Prancis Lydia, fintech Inggris Plum, dan bank seluler Italia Hype.

“Bank dapat melihat data transaksi pembayaran mereka dan berapa banyak dana pelanggan mereka yang mengalir ke perusahaan kripto,” kata Konrad. 

Konrad menambahkan, mereka memahami berapa banyak bisnis yang mereka lewatkan, dan juga berapa banyak lagi basis pelanggan mereka yang akan melakukan bisnis itu, jika mereka cukup percaya pada prosesnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

El Salvador Gelontorkan Rp 14,8 Triliun Bangun Penambangan Bitcoin

Kemitraan publik-swasta di El Salvador akan menggelontorkan USD 1 miliar atau setara Rp 14,8 triliun (asumsi kurs Rp 14.849 per dolar AS)untuk menciptakan salah satu ladang penambangan bitcoin terbesar di dunia, grup bernama Volcano Energy mengumumkan pada Senin, 5 Juni 2023.

Proyek ini akan dimulai dengan USD 250 juta atau setara Rp 3,7 triliun awal, didukung oleh pemimpin utama industri Bitcoin bekerja sama dengan pengembang energi terbarukan, kata Volcano Energy dalam sebuah pernyataan. 

Dilansir Yahoo Finance, Selasa (6/6/2023), kantor Bitcoin negara bagian El Salvador juga membuat cuitan di Twitter tentang berita itu. 

Volcano Energy mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk lahan pembangkit listrik sekitar 241 MW menggunakan energi matahari dan angin di kota barat laut Metapan, yang pada akhirnya akan memberi daya pada ladang penambangan bitcoin.

Penambangan Bitcoin menggunakan komputer berkekuatan tinggi yang terhubung ke jaringan global, menyedot listrik dalam jumlah besar dalam prosesnya. Praktik intensif energi ini mendapat kecaman dari para pencinta lingkungan yang khawatir hal itu akan memperburuk hilangnya hutan dan perubahan iklim.

 

3 dari 3 halaman

Setelah 2 Tahun

Pengumuman itu datang dua tahun setelah Presiden Salvador Nayib Bukele menyatakan niatnya untuk menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran sah di El Salvador.

Bukele dan para pendukung bitcoinnya mengatakan mata uang tersebut dapat mendatangkan pekerjaan, inklusi keuangan, dan investasi asing ke negara tersebut, salah satu yang termiskin di Belahan Barat.

Pemerintah El Salvador akan memiliki "partisipasi yang disukai setara dengan 23 persen dari pendapatan dalam proyek tersebut, kata Volcano Energy, dengan investor swasta memegang 27 persen.

Sisa 50 persen akan diinvestasikan kembali ke infrastruktur, kata pernyataan itu, tanpa mengklarifikasi keseluruhan struktur kepemilikan.

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini