Sukses

Harga Kripto Hari Ini 3 Juni 2023: Bitcoin Cs Kompak Menguat

Pasar kripto terpantau kompak menguat pada perdagangan Sabtu (3/6/2023). Hal itu termasuk harga bitcoin yang melesat.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Sabtu, (3/6/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau berada di zona hijau..

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu, 3 Juni 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 1,39 persen dalam 24 jam dan 2,02 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 27.272 per koin atau setara Rp 406,4 juta juta (asumsi kurs Rp 14.901 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali menguat. ETH naik 2,08 persen sehari terakhir dan 4,36 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 28,41 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, binance coin (BNB) turut menghijau. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 0,61 persen dan 0,15 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,58 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA pulih 3,24 persen selama 24 jam terakhir dan 4,13 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.641 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga turut menguat. SOL tumbuh 3,62 persen dalam sehari dan 9,84 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 317.708 per koin.

XRP berhasil kembali menguat setelah sempat melemah beberapa hari terakhir. XRP naik 3,09 persen dalam 24 jam dan 12,20 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 7.823 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) masih menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 1,24 persen dan 2,36 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.082 per token.

Selanjutnya harga kripto hari ini yakni stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,15 triliun atau setara Rp 17.173 triliun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Volume Perdagangan Kripto Bulanan Turun 27 Persen

Sebelumnya, volume perdagangan kripto bulanan, yang menghitung volume pasar spot di semua pertukaran kripto, mencapai USD 439,42 miliar atau setara Rp 6.553 triliun (asumsi kurs Rp 14.914 per dolar AS) pada Mei. 

Nilai turun lebih dari 27 persen dibandingkan April yang menyentuh USD 604,88 miliar atau setara Rp 9.021 triliun, menurut data dari The Block. Volume Mei 2023 adalah level terendah sejak Oktober 2020.

Salah satu bursa yang mengalami penurunan volume perdagangan adalah Binance. Bursa terbesar di dunia ini, menghasilkan sekitar USD 218 miliar atau setara Rp 3.251 triliun dalam volume pertukaran bulanan selama Mei, turun sekitar 26 persen dari bulan sebelumnya. 

Penurunan ini akibat dari bear market dan penurunan permintaan, Binance menyebut berbagi mereka sedang mengevaluasi ulang jumlah tenaga kerjanya menjelang siklus pasar di masa depan.

Selama enam tahun terakhir, pertukaran berkembang dari 30 karyawan menjadi tim yang terdiri dari hampir 8.000 karyawan di seluruh dunia, kata juru bicara Binance.

“Saat kami bersiap untuk siklus banteng besar berikutnya, menjadi jelas bahwa kami perlu fokus pada kepadatan bakat di seluruh organisasi untuk memastikan kami tetap gesit dan dinamis,” tambah juru bicara Binance, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (2/6/2023).

Evaluasi ulang Binance juga akan mencakup produk dan unit bisnis tertentu untuk memastikan sumber daya dapat dialokasikan dengan benar untuk mencerminkan permintaan pengguna dan regulator yang terus berkembang.

Pernyataan ini muncul setelah cuitan pada Rabu oleh reporter Colin Wu yang mengatakan banyak sumber mengonfirmasi Binance telah memulai PHK. Meskipun jumlah sebenarnya "tidak pasti", bursa tersebut mungkin telah memberhentikan sebanyak 20 persen dari sekitar 8.000 karyawannya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Bank Sentral India Minta Negara G20 Fokus pada Risiko Makro Kripto

Sebelumnya, Bank Sentral India (RBI), sedang mencoba untuk memperluas narasi global seputar cryptocurrency di luar stabilitas keuangan dan integritas terhadap implikasi keuangan makro dan lintas sektoral serta risiko aset kripto. 

Langkah ini dipandang sebagai langkah untuk menarik perhatian terhadap bagaimana kripto dapat merugikan atau sepenuhnya mengubah ekonomi global daripada hanya negara dan pelanggan secara individual. 

Namun, ini mungkin pertama kalinya RBI menjelaskan maksudnya sebagai pemangku kepentingan penting dalam percakapan global saat ini seputar aturan kripto global, bahkan mereka mengulangi kekhawatirannya dengan mengatakan cryptocurrency adalah ancaman material terhadap stabilitas keuangan.

India saat ini memegang kursi kepresidenan negara-negara Kelompok 20 (G20), memberinya kekuatan untuk mengatur agenda. RBI membantu Kementerian Keuangan dalam membentuk agenda.

Pada awal kepresidenan negara, Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman mengatakan bagaimana mengatur aset kripto harus menjadi prioritas internasional dan akan menjadi topik diskusi besar selama kepresidenan G20.

Pada Februari 2023, India mengumumkan aturan kripto global yang akan datang akan didasarkan pada apa yang ada dalam makalah sintesis baru yang diproduksi bersama oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dan Dewan Stabilitas Keuangan (FSB). 

FSB menetapkan standar internasional seputar stabilitas keuangan global dan diharapkan menerbitkan rekomendasi individualnya untuk mengatur kripto dan stablecoin pada Juli 2023.

“Tujuan Kepresidenan India adalah untuk memperluas narasi aset crypto G20 di luar masalah stabilitas keuangan dan integritas keuangan untuk menangkap implikasi makro-finansial dan lintas sektoral dan risiko aset kripto,” kata laporan tahunan RBI, dikutip dari CoinDesk, Kamis (1/6/2023).

Laporan itu juga mengungkapkan bank sentral memprioritaskan diskusi tentang CBDC dengan fokus pada implikasi keuangan makro mereka.

 

4 dari 5 halaman

Gubernur Bank Sentral India Sebut Kripto Dapat Sebabkan Krisis Keuangan

Sebelumnya, Gubernur Bank Sentral India, Shaktikanta Das memperingatkan pada Rabu, 21 Desember 2022, krisis keuangan berikutnya akan disebabkan oleh cryptocurrency swasta, jika aset ini dibiarkan tumbuh.

“Cryptocurrency memiliki risiko inheren yang sangat besar untuk stabilitas makroekonomi dan keuangan kita,” kata Das, menunjuk pada keruntuhan FTX baru-baru ini sebagai contoh, dikutip dari CNBC, Kamis (22/12/2022). 

Das mengatakan kekhawatiran utamanya adalah cryptocurrency tidak memiliki nilai dasar, menyebut mereka "spekulatif" dan menambahkan menurutnya mereka harus dilarang.

“Perdagangan cryptocurrency pribadi adalah aktivitas spekulatif seratus persen, dan saya masih berpendapat itu harus dilarang karena, jika dibiarkan tumbuh, jika Anda mencoba mengaturnya dan membiarkannya tumbuh, harap tandai kata saya, krisis keuangan berikutnya akan datang dari mata uang kripto swasta,” jelas Das.

Cryptocurrency pribadi menurut Das mengacu pada koin digital seperti bitcoin dan yang lainnya. Komentar Das datang ketika bank sentral mendorong untuk memperkenalkan versi digitalnya sendiri dari rupee India. 

 

 

5 dari 5 halaman

Langkah Bank Sentral Global

Bank Sentral India memulai program percontohan untuk rupee digital pada 1 Desember untuk penggunaan ritel di kota-kota tertentu. Pengguna tertentu dapat bertransaksi menggunakan rupee digital melalui aplikasi dan dompet seluler.

Rupee digital adalah jenis mata uang digital bank sentral (CBDC). Banyak bank sentral di seluruh dunia sedang mempertimbangkan untuk menerbitkan versi digital dari mata uang mereka sendiri.

Das mengatakan CBDC dapat mempercepat transfer uang internasional dan mengurangi kebutuhan logistik, seperti mencetak uang kertas.

Bank sentral China berada paling depan secara global dalam pengembangan CBDC. Beijing telah menguji coba penggunaan yuan digitalnya di dunia nyata sejak akhir 2020, memperluas ketersediaannya ke lebih banyak pengguna tahun ini.

Regulasi mata uang digital semakin menjadi sorotan tahun ini setelah jatuhnya nilai pasar cryptocurrency senilai USD 1,3 triliun dan runtuhnya profil tinggi bursa FTX.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini