Sukses

Harga Kripto Hari Ini 24 April 2023: Bitcoin dan Ethereum Menghijau, XRP Pimpin Penguatan

Harga kripto jajaran teratas dominan bergerak di zona hijau pada perdagangan Senin, 24 April 2023. Harga bitcoin dan ethereum kompak menguat.

Liputan6.com, Jakarta - Mayoritas harga kripto jajaran teratas bergerak di zona hijau pada perdagangan Senin (24/4/2023). Harga bitcoin dan ethereum kompak menguat.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto kapitalisasi pasar terbesar Bitcoin (BTC) menguat 1,21 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga bitcoin merosot 6,6 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 27.936 atau sekitar Rp 416,73 juta (asumsi kurs Rp 14.917 per dolar AS).

Harga ethereum melejit 1,23 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga ethereum (ETH) terpangkas 10,12 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.882,84 atau sekitar Rp 28,07 juta.

Harga binance coin (BNB) naik 0,50 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BNB merosot 3,5 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 333,22.

Sementara itu, harga XRP bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga XRP naik 2,45 persen. Akan tetapi, harga XRP melemah 6,68 persen dalam sepekan terakhir. Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,4784.

Demikian juga harga cardano (ADA) berada di zona hijau. Harga cardano naik 0,72 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga ADA melemah 11,1 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,3945.

Harga dogecoin (DOGE) melemah tipis 0,23 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga DOGE turun 10,61 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,07967.

Harga polygon (MATIC) merosot 0,28 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga MATIC tergelincir 13,12 persen. Saat ini, harga polygon berada di posisi USD 1,02.

Harga solana (SOL) naik 0,67 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga solana (SOL) melemah 11,16 persen. Harga solana berasa di posisi USD 21,79.

Harga kripto hari ini seperti tether (USDT) melemah 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDT susut 0,02 persen. Saat ini, harga USDT berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin melemah 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDC bertambah 0,04 persen. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

 

Kapitalisasi pasar kripto global naik 0,83 persen dalam sehari ke posisi USD 1,18 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

SEC Minta Penasihat Investasi Jelaskan Risiko Kripto kepada Klien

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) menasihati pialang dan penasihat investasi kalau perlu menggunakan pengawasan yang lebih tinggi ketika membuat rekomendasi kripto karena sangat berisiko. Ini dilakukan demi kepentingan terbaik klien mereka, kata SEC dalam buletin baru.

Buletin yang diterbitkan Kamis, 20 April 2023 menguraikan tugas yang harus dilakukan penasihat kepada pelanggan. SEC secara khusus menyebutkan kripto, melanjutkan fokus agensi baru-baru ini pada sektor tersebut setelah sebagian besar mengabaikan aset digital dalam peraturan dan panduannya hingga tahun lalu.

“Produk tertentu lebih kompleks atau memiliki fitur risiko tambahan, yang mungkin mempersulit perusahaan dan profesional keuangan mereka untuk mengembangkan pemahaman,” menurut panduan SEC, dikutip dari CoinDesk, Minggu (23/4/2023).

Jadi ketika broker atau penasihat berbicara dengan pelanggan tentang kripto, penasihat harus memastikan mereka memberi saran memahami produk dan apakah penawaran kripto masuk akal untuk situasi keuangan spesifik klien.

Pada Februari, SEC juga mengusulkan aturan penasihat investasi yang terdaftar di agensi harus menjaga aset kripto klien dengan “penjagaan yang memenuhi syarat,”. Dalam pandangan SEC, itu secara umum berarti menjaga aset dengan bank sewaan atau perusahaan perwalian atau broker-dealer yang terdaftar di SEC.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

3 dari 5 halaman

SEC Sebut Pertukaran Kripto Bittrex Langgar Peraturan Sekuritas AS

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) telah menuduh Bittrex dan mantan CEO nya, William Shihara karena mengoperasikan bursa yang tidak terdaftar. 

Dalam pengaduan yang diajukan pada Senin, SEC menuduh pertukaran kripto, yang pernah menjadi salah satu yang terbesar di AS. Itu dilakukan tanpa mendaftar ke SEC, yang melanggar hukum federal.

Bittrex memperoleh pendapatan setidaknya USD 1,3 miliar atau setara Rp 19,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.967 per dolar AS) antara 2017 dan 2022 sambil menawarkan layanan broker, bursa, dan lembaga kliring. 

Selain itu, SEC mengklaim Bittrex berkoordinasi dengan penerbit kripto untuk menghapus “pernyataan bermasalah" yang diyakini Shihara akan mendorong regulator seperti SEC untuk menyelidiki pertukaran tersebut. 

Dalam satu contoh, SEC menyatakan Shihara menginstruksikan calon penerbit untuk menghapus komentar yang merujuk pada "prediksi harga" dan "ekspektasi keuntungan".

“Tindakan hari ini, sekali lagi, memperjelas pasar kripto menderita karena kurangnya kepatuhan terhadap peraturan, bukan kurangnya kejelasan peraturan,” kata Ketua SEC Gary Gensler, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (22/4/2023).

Gensler menambahkan, Bittrex dan penerbit yang bekerja dengannya mengetahui aturan yang berlaku untuk mereka tetapi berusaha keras untuk menghindarinya. 

Bittrex mengumumkan bulan lalu akan keluar dari pasar AS pada akhir April. Selama akhir pekan, perusahaan mengatakan kepada The Wall Street Journal baru-baru ini diberitahukan oleh SEC tentang potensi tindakan penegakan. 

Penasihat umum perusahaan, David Maria mengatakan Bittrex akan menentang gugatan tersebut kecuali SEC menawarkan tawaran penyelesaian yang masuk akal. Tahun lalu, Departemen Keuangan AS mendenda Bittrex USD 29 juta atau setara Rp 430,6 miliar karena sebelumnya gagal mematuhi undang-undang pencucian uang dan sanksi AS.

 

4 dari 5 halaman

SEC Revisi Aturan, Targetkan Pertukaran Aset Digital dan DeFi

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) pada Jumat, 14 April 2023 mengubah aturan yang diusulkan untuk menekankan pertukaran aset digital dan platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) harus mendaftar ke regulator.

Rencana SEC, yang pertama kali diusulkan pada 2022, dimaksudkan untuk menutup celah peraturan yang dibuat oleh platform yang menawarkan perdagangan sekuritas tetapi tidak terdaftar sebagai bursa atau perantara. 

Rencana revisi agensi menambahkan bahasa khusus untuk aset digital, banyak di antaranya menurut regulator termasuk dalam lingkupnya.

Meskipun proposal asli SEC tidak menyebutkan kripto, itu secara luas dianggap berlaku untuk aset digital. Ambiguitas itu menyebabkan rentetan kritik dari perusahaan kripto termasuk Coinbase Global Inc dan Circle Internet Financial, serta salah satu komisaris agensi itu sendiri.

“Mengingat bagaimana platform perdagangan kripto beroperasi, banyak dari mereka saat ini adalah pertukaran, terlepas dari rilis pembukaan kembali yang kami pertimbangkan hari ini,” kata Ketua SEC Gary Gensler dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (18/4/2023).

 

5 dari 5 halaman

Investor di Pasar Kripto Semestinya Terima Perlindungan

Gensler menambahkan, investor di pasar kripto harus menerima perlindungan yang telah teruji oleh waktu yang sama dengan yang diberikan undang-undang sekuritas di semua pasar lainnya.

SEC mengatakan proposal yang diperbarui akan menangkap sejumlah kecil perusahaan aset digital tambahan, sekitar selusin, yang platformnya menggunakan protokol komunikasi tertentu untuk mencocokkan pembeli dan penjual. 

Banyak dari platform yang baru dicakup di bawah proposal kemungkinan akan mencari pengecualian dari aturan di bawah pengecualian Sistem Perdagangan Alternatif, kata ekonom top SEC Jessica Wachter selama pertemuan Jumat.

Badan tersebut mengatakan aturannya saat ini sudah mencakup pertukaran yang lebih besar yang memperdagangkan token yang dianggap SEC sebagai sekuritas.

Hester Peirce, salah satu dari dua komisaris SEC, mengatakan selama pertemuan Jumat proposal tersebut hanya akan berfungsi untuk melindungi pemain yang sedang menjabat dan menggambarkan agensi tersebut sebagai tidak tertarik untuk memfasilitasi inovasi dan persaingan di pasar keuangan.

Komisi beranggotakan lima orang menyetujui pembukaan kembali proposal dengan suara 3-2 di sepanjang garis partai. 

SEC akan memberikan komentar selama 30 hari setelah pemberitahuan pembukaan kembali diterbitkan dalam Daftar Federal sebelum memasukkan umpan balik publik ke dalam versi final proposal. Versi itu, pada gilirannya, juga harus disetujui oleh mayoritas komisi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini