Sukses

Arus Dana Masuk Bitcoin Sentuh Rp 1,5 Triliun, Ini Faktor Pendorongnya

Investor besar memiliki pandangan optimistis terhadap bitcoin. Hal itu mendorong aliran aliran dana terus masuk ke bitcoin. Diperkirakan sentuh Rp 1,5 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Investor besar terus memiliki pandangan optimistis pada Bitcoin, dengan lebih banyak uang mengalir ke Bitcoin, menurut sebuah laporan baru. 

Dilansir dari Decrypt, Rabu (19/4/2023), bitcoin tetap hampir menjadi satu-satunya fokus bagi investor, dengan aliran masuk sebesar USD 104 juta atau setara Rp 1,5 triliun (asumsi kurs Rp 14.884 per dolar AS) minggu lalu, menunjukkan bullish yang berkelanjutan dalam aset kripto terkemuka

Pekan lalu, investor memasukkan lebih dari USD 114 juta atau setara Rp 1,6 triliun ke dalam perusahaan besar selama empat minggu berturut-turut, kata perusahaan aset digital CoinShares dalam laporan. 

Sejauh ini, fokus utamanya adalah Bitcoin, dengan investasi USD 104 juta, kata CoinShares. Ia menambahkan secara keseluruhan, ada volume yang sangat rendah di pasar Bitcoin.

Kepala Riset CoinShares James Butterfill mencatat sentimen yang membaik untuk kelas aset turun ke pelarian ke tempat yang aman oleh investor yang takut akan tantangan keuangan tradisional yang sedang berlangsung.

Beberapa investor melihat Bitcoin sebagai produk safe-haven setelah runtuhnya sejumlah bank kripto dan ramah teknologi di Amerika Serikat (AS) seperti Silicon Valley Bank dan Signature Bank.

Laporan tersebut menambahkan meskipun Ethereum telah lama ditunggu-tunggu dan sukses melakukan upgrade minggu lalu,tetapi hanya USD 0,3 juta atau setara RP 4,4 miliar aliran masuk yang mencapai dana tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Data Google Trens Temukan Minat Pencarioan Bitcoin Melonjak

Sebelumnya, sejak harga bitcoin naik di atas kisaran USD 30.000 atau setara Rp 441,6 juta (asumsi kurs Rp 14.721 per dolar AS) untuk pertama kalinya dalam sepuluh bulan, data Google Trends di seluruh dunia menunjukkan istilah pencarian "bitcoin" telah mencapai skor 93 dari 100 dalam tujuh hari terakhir.

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (17/4/2023), skor Google Trends (GT) 100 menunjukkan puncak popularitas istilah penelusuran di wilayah dan periode waktu yang dipilih. Ini juga berarti lebih banyak orang menelusuri istilah tersebut dibandingkan waktu lainnya di masa lalu. 

Di sisi lain, skor nol menunjukkan data yang tidak memadai untuk mengukur istilah penelusuran. Data Google Trends, dalam hal riwayat pencarian, berasal dari 2004 dan istilah pencarian bitcoin mendapat skor 2 pada Juni 2011 untuk pertama kalinya.

Selanjutnya, volume pencarian bitcoin meningkat dalam 24 jam terakhir. Selama 30 hari terakhir, istilah pencarian memiliki skor 64 dari 100. Pada Selasa, 11 April 2023 skor untuk pencarian terkait bitcoin untuk berita adalah 54 dari 100.  Namun, pada 10 April 2023, skor untuk berita bitcoin melonjak hingga 100. 

Negara dengan Minat Penelusuran Bitcoin Tertinggi

Pada Selasa, sejumlah besar minat di seluruh dunia terhadap kueri penelusuran bitcoin terkait dengan El Salvador. El Salvador diikuti oleh wilayah seperti Nigeria, Belanda, Slovenia, dan Swiss dalam hal minat penelusuran bitcoin. 

Meskipun popularitas bitcoin meningkat minggu ini, menurut data GT, istilah penelusuran tersebut belum mencapai angka tertinggi sepanjang masa yaitu 100 yang dicapai pada Desember 2017. 

Pada Maret 2023, data GT menunjukkan skor untuk minat pencarian bitcoin adalah 23 dari 100. Skor ini lebih tinggi dari nilai terendah 17 dari 100 pada Desember 2022.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Bitcoin Berhasil Menguat 82 Persen Sepanjang 2023

Sebelumnya, harga kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, bitcoin telah menguat 82 persen sepanjang 2023. Baru-baru ini, bitcoin menguat melewati USD 30.000 atau setara Rp 442 juta (asumsi kurs Rp 14.734 per dolar AS) untuk pertama kalinya sejak Juni.

Lonjakan harga token mengikuti laporan nonfarm payrolls AS yang menunjukkan pengusaha mempertahankan laju perekrutan yang kuat pada Maret, menunjuk ke ekonomi yang masih tangguh.

Analis pasar di CMC Markets, Tina Teng mengatakan alasan di balik reli berbasis luas di kripto adalah optimisme pedagang terhadap kebijakan moneter bank sentral.

“Taruhan untuk poros Fed yang lebih cepat pada kenaikan suku bunga telah diperkuat secara dramatis menyusul gejolak bank pada awal Maret,” kata Teng dikutip dari Channel News Asia, Jumat (14/4/2023),

Namun, gejolak sektor perbankan yang dipicu oleh keruntuhan Silicon Valley Bank bulan lalu telah meningkatkan ekspektasi pasar Fed tidak mungkin menaikkan suku bunga jauh lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama karena tampaknya akan mengurangi tekanan pada sektor tersebut.

Sentimen pendorong lainnya, investor kripto saat ini dengan penuh semangat mengantisipasi perubahan besar pada blockchain Ethereum minggu ini yang diatur untuk memungkinkan mereka mendapatkan akses ke lebih dari USD 33 miliar atau setara Rp 492,2 triliun mata uang eter.

Dijuluki Shapella, pemutakhiran perangkat lunak akan memungkinkan pelaku pasar menukarkan "stacked ether" mereka koin yang telah mereka simpan dan kunci di jaringan selama tiga tahun terakhir dengan imbalan bunga.

 

4 dari 4 halaman

Orang Terkaya Dunia Warren Buffett Sebut Bitcoin sebagai Token Perjudian

Sebelumnya, maestro keuangan sekaligus salah satu investor paling sukses dalam sejarah, Warren Buffett membahas Bitcoin selama wawancara bersama CNBC pada 12 April 2023. 

Seperti yang telah dia lakukan dalam wawancara lainnya, Buffett kembali memberikan pandangan negatifnya pada Bitcoin. Kali ini dia menyamakan bitcoin dengan skema perjudian. Dia meringkas penjelasan bitcoin sebagai “token perjudian” dan dia bersikeras dunia telah melihat “ledakan perjudian”.

Buffett memang terkenal menjadi salah satu sosok yang tidak mendukung kripto. Buffett sebelumnya mengatakan bitcoin adalah “racun tikus yang dikuadratkan”.

"Dorongan untuk berpartisipasi dalam sesuatu yang terlihat seperti uang mudah adalah naluri manusia yang selalu ada,” kata Buffett, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (13/4/2023).

Selain mengatakan Bitcoin sebagai racun tikus, Buffett juga sempat mengungkapkan di masa lalu kripto tidak memiliki nilai intrinsik, tetapi itu tidak menghentikan orang untuk ingin bermain kripto.

Tak hanya Buffett, rekan kerjanya yaitu Wakil Ketua Berkshire Hathaway Charlie Munger, bahkan lebih blak-blakan atas penghinaannya terhadap cryptocurrency selama bertahun-tahun, awal tahun ini menyerukan AS untuk meniru China dalam melarang kripto. 

“Ini adalah kontrak perjudian dengan keunggulan hampir 100 persen untuk rumah, masuk ke negara di mana kontrak perjudian secara tradisional hanya diatur oleh negara bagian yang bersaing dalam kelemahan,” tulis Munger dalam sebuah opini untuk Wall Street Journal.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.