Sukses

Mengenal Apa Itu Bitcoin Dominance dalam Kripto

Bitcoin Dominance sering digunakan trader, lantas apa itu Bitcoin Dominance?

Liputan6.com, Jakarta Dalam pasar kripto dikenal dengan istilah Bitcoin Dominance atau dominasi Bitcoin, lantas apa itu dominasi Bitcoin? Secara lebih rinci, dominasi Bitcoin adalah nilai persentase yang dihitung berdasarkan kapitalisasi pasar Bitcoin saat ini dibagi kapitalisasi pasar kripto global. 

Dilansir dari situs pertukaran kripto Crypto.com, Selasa (18/4/2023), misalnya, kapitalisasi pasar Bitcoin adalah USD 539 miliar atau setara Rp 8.009 triliun (asumsi kurs Rp 14.859 per dolar AS), sedangkan kapitalisasi pasar kripto global adalah USD 1,16 triliun atau setara Rp 17.236 triliun. 

Membagi USD 539 miliar dengan USD 1,16 triliun sama dengan 46 persen, ini adalah bagian kapitalisasi pasar kripto yang ada di Bitcoin. Berarti bitcoin mendominasi pasar kripto sebesar 46 persen.

Bagaimana Investor Kripto Menggunakan Dominasi Bitcoin

Rasio ini berasal dari hubungan Bitcoin dengan pasar kripto lainnya. Ini berfungsi sebagai metrik yang dapat digunakan oleh pedagang atau investor kripto untuk mendapatkan denyut nadi pasar, mengelola risiko, dan membantu menemukan kemungkinan tren dan peluang perdagangan, biasanya bersamaan dengan kumpulan data lainnya.

Melihat data historis, sebagian besar pasar kripto umumnya mengikuti bentuk dan arah yang diambil Bitcoin. Karena Bitcoin mendominasi sebagian besar kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan, secara historis Bitcoin berkorelasi tinggi dan positif dengan mayoritas altcoin, yang kemudian sangat bereaksi terhadap pergerakan harganya. 

Dengan korelasi ini, beberapa orang berpendapat dominasi Bitcoin juga dapat membantu dalam memahami tren di pasar altcoin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Dominasi Bitcoin Berubah?

 

Untuk memahami apa yang memengaruhi perubahan dominasi Bitcoin, mari kita lihat dua faktor yang membentuk rasio yaitu kapitalisasi pasar Bitcoin dan kapitalisasi pasar kripto global.

Karena jumlah bitcoin yang beredar tidak akan meningkat secara signifikan dalam waktu singkat, harga Bitcoin dianggap memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kapitalisasi pasarnya dibandingkan dengan jumlah koin yang beredar. 

Hanya ada sekitar 1,7 juta bitcoin yang tersisa untuk ditambang. Secara historis, karena harga Bitcoin meningkat seiring waktu, ada kecenderungan penguasaan pasarnya juga meningkat secara proporsional. 

Tetapi karena kemajuan dan inovasi baru dalam altcoin telah ikut berperan, tren dominasi Bitcoin ini mungkin tidak akan bertahan dalam jangka panjang.

Kapitalisasi pasar Bitcoin hanyalah satu bagian dari persamaan. Meskipun tidak ada ilmu pasti untuk itu, faktor lain juga dapat memengaruhi dominasi Bitcoin, seperti aktivitas pasar altcoin dan kondisi pasar yang pada akhirnya dapat memengaruhi total kapitalisasi pasar kripto.

 

3 dari 3 halaman

Dominasi Bitcoin Bisa Turun

 

Dominasi Bitcoin mungkin menghadapi penurunan yang stabil karena jumlah altcoin tumbuh dan pasar kripto terdiversifikasi dari waktu ke waktu. Namun, tergantung pada kinerja pasar altcoin secara keseluruhan, dominasi Bitcoin dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu. 

Perubahan dan fluktuasi menengah inilah yang menarik bagi para pedagang karena mereka dapat bertindak sebagai indikator mengenai fase pasar saat ini, yang dapat membantu para pedagang untuk memutuskan, ketika melihat sejumlah metrik yang berbeda, bagaimana mereka ingin memposisikan yang sesuai.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini