Sukses

El Salvador Bakal Punya Kedutaan Bitcoin di Texas

Sebelumnya, El Salvador tahun lalu membuka “kantor Bitcoin” di Lugano, Swiss.

Liputan6.com, Jakarta El Salvador berencana untuk membuka "kedutaan Bitcoin" di Texas, menurut duta besar negara itu untuk AS. Duta Besar El Salvador Milena Mayorga mengatakan di Twitter, Rabu, 15 Februari 2023, dia telah bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Texas Joe Esparza untuk membahas gagasan tersebut.

Dilansir dari Decrypt, Kamis (16/2/2023), sekretaris Negara Bagian Texas mengonfirmasi mereka bertemu dengan duta besar El Salvador untuk AS untuk membahas peluang pertukaran budaya dan komersial, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut tentang apa yang akan dilakukan kedutaan selain mendidik masyarakat tentang kripto terbesar di dunia. 

El Salvador tahun lalu membuka “kantor Bitcoin” di Lugano, Swiss untuk menyebarkan adopsi cryptocurrency di Eropa. Itu juga menandatangani Nota Kesepahaman tentang kerja sama ekonomi dengan kota.

Inisiatif Swiss dimaksudkan untuk mendukung “inisiatif untuk mendorong adopsi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya di wilayah masing-masing” serta membina pertukaran siswa dan talenta antara El Salvador dan Lugano, negara-negara mengumumkan pada saat itu.

El Salvador menjadi negara pertama yang membuat Bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran sah bersama dengan dolar AS pada September 2021. 

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengumumkan ide tersebut pada konferensi Bitcoin 2021 di Miami pada Juni. Undang-undang El Salvador telah dikritik oleh orang-orang seperti Bank Dunia dan IMF, dan sejauh ini, tidak banyak orang Salvador yang menggunakan mata uang kripto untuk pembelian sehari-hari.

Bukele juga telah mengumumkan di Twitter pada akhir 2022 akan terus membeli Bitcoin setiap hari untuk negaranya. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.