Sukses

Para Penambang Bitcoin di Texas Menderita Akibat Cuaca Ekstrem

Biaya energi melonjak karena adanya cuaca buruk.

Liputan6.com, Jakarta Penambang Bitcoin di Texas menderita akibat badai di tengah mereka sedang mengurangi operasi karena melonjaknya biaya listrik sambil menghadapi kerusakan pada mesin mereka akibat cuaca ekstrem.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (6/2/2023), badai musim dingin di beberapa bagian negara bagian membuat lebih dari seperempat juta konsumen, meningkatkan harga energi selama beberapa hari terakhir. 

Hal ini telah menyebabkan beberapa penambang Bitcoin mematikan mesin mereka dan mengirim listrik kembali ke jaringan listrik lokal. Tahun lalu, mereka mengambil tindakan serupa selama gelombang panas bersejarah di Texas dan badai musim dingin di seluruh Amerika Utara.

Selain melonjaknya biaya energi yang disebabkan oleh badai, beberapa penambang juga menderita kerusakan pada mesin mereka karena lokasi mereka tidak dilengkapi dengan baik untuk menghadapi cuaca.

Sebagian besar penambang Bitcoin di Texas menangguhkan operasi mereka tahun lalu ketika gelombang panas yang disebabkan oleh perubahan iklim mendorong jaringan listrik negara bagian hingga batasnya. 

Beberapa penambang terbesar di negara bagian, termasuk Riot Platforms Inc., mendapat untung dengan menjual daya kembali ke jaringan pada saat itu.

Penambang Bitcoin menggunakan komputer khusus untuk memvalidasi data dan memproses transaksi pada blockchain Bitcoin dengan imbalan imbalan dalam bentuk mata uang kripto.

Operasi tersebut cenderung memakan banyak energi, sehingga listrik menjadi biaya operasional terbesar bagi perusahaan pertambangan. Penambang Bitcoin di Texas telah membatasi operasi mereka sejak badai membuat harga listrik melonjak.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Texas