Sukses

Intip Harga BNB Coin Hari Ini 5 Januari 2023

BNB mulanya diterbitkan sebagai token ERC-20 yang berjalan di jaringan Ethereum, dengan total suplai dibatasi sejumlah 200 juta koin.

Liputan6.com, Jakarta - BNB diluncurkan melalui penawaran perdana koin pada 2017. Peluncuran tersebut 11 hari sebelum bursa kripto Binance online. Lalu bagaimana perkembangan harganya?

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga binance coin (BNB) naik 0,96 persen dalam 24 jam terakhir. Peringkat BNB kini berada di posisi dengan kaptalisasi pasar Rp 640,70 triliun.

Saat ini, harga BNB Rp 4.005,30 dengan volume perdagangan Rp 7,1 triliun dalam 24 jam terakhir. Terjadi peredaran suplai sebesar 159.963.937 BNB dan maksimal suplai 200.000.000 BNB koin.

BNB mulanya diterbitkan sebagai token ERC-20 yang berjalan di jaringan Ethereum, dengan total suplai dibatasi sejumlah 200 juta koin.

Sementara itu, 100 juta BNB ditawarkan di ICO. Akan tetapi, koin BNB ERC-20 ditukar dengan BEP2 BNB dengan rasio 1: 1 pada April 2019 dengan peluncuran mainnet Binance Chain, dan sekarang tidak lagi di-hosting di Ethereum.

Mengutip Coinmarketcap, BNB dapat digunakan sebagai metode pembayaran, token utilitas untuk membayar biaya di bursa Binance dan untuk berpartisipasi dalam penjualan token di landasan peluncuran (launchpad) Binance. BNB juga mendukung Binance DEX (pertukaran terdesentralisasi).

Apakah Bisa Menambang BNB?

Anda tidak dapat menambang BNB sebagaimana dengan mata uang kripto proof-of-work, karena Binance Blockchain menggunakan mekanisme konsensus Byzantine Fault Tolerance (BFT). Alih-alih, ada validator yang memperoleh penghasilan dari mengamankan jaringan dengan memvalidasi blok.

Apa Itu Pembakaran (Burn) BNB?

Sebelum BNB bermigrasi ke Binance Chain, Binance melakukan pembakaran koin di jaringan Ethereum menggunakan fungsi pembakaran smart contract (kontrak pintar).

Jumlah koin yang dibakar Binance didasarkan pada jumlah perdagangan bursa selama tiga bulan. Sejak peluncuran Binance Chain, pembakaran koin BNB tidak lagi dilakukan di jaringan Ethereum dan sekarang menggunakan perintah khusus pada Binance Chain, sebagai lawan dari kontrak pintar.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto pada 5 Januari 2023

Sebelumnya, harga bitcoin dan jajaran kripto teratas kompak menghijau pada perdagangan Kamis (5/1/2023). Cardano memimpin penguatan di antara jajaran kripto teratas lainnya dalam 24 jam terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis pagi, 5 Januari 2023, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) menguat 1,19 persen dalam 24 jam terakhir. Demikian selama sepekan terakhir, harga bitcoin bertambah 1,93 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 16.879,09 atau sekitar Rp 263,08 juta (asumsi kurs rupiah 15.586 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum berada di zona hijau. Harga ethereum melonjak 3,51 persen selama 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga ethereum (ETH) melompat 5,66 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.257,56 atau sekitar Rp 19,59 juta.

Harga binance coin (BNB) naik 5,21 persen dalam 24 jam terakhir. Harga BNB juga bergerak di zona hijau selama sepekan terakhir. Harga BNB melesat 5,9 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 258,78.

Harga XRP juga bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga XRP naik 1,4 persen. Namun, selama sepekan terakhir, harga XRP merosot 1,47 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,3482.

Harga dogecoin (DOGE) bertambah 4,49 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin melonjak 4,81 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,07359.

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Harga Cardano bergerak perkasa. Dalam 24 jam terakhir, harga cardano melesat 6,06 persen. Selama sepekan terakhir, harga cardano naik 9 persen. Kini, harga cardano (ADA) berada di posisi USD 0,2679.

Harga polygon (MATIC) melesat 3,53 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga polygon bertambah 3,27 persen. Saat ini, harga polygon berada di posisi USD 0,8067.

Stablecoin seperti tether (USDT) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga tether naik tipis 0,01 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 0,9998.

Harga USD Coin bergerak di zona melemah dalam 24 jam terakhir. Harga USD Coin turun tipis 0,01 persen dalam sepekan terakhir. Harga USD Coin berada di posisi USD 0,9999.

Selain itu, harga binance USD (BUSD) naik tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BUSD berada di zona hijau. Saat ini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global naik 1,96 persen menjadi USD 821,58 miliar.

4 dari 4 halaman

Binance Incar Pasar di Asia Tengah

Sebelumnya, Kazakhstan sekarang menjadi salah satu negara pertama yang menambahkan kurikulum blockchain ke program pendidikan universitas. Pertukaran kripto terbesar di dunia, Binance akan melatih ribuan siswa di negara tersebut. 

“Kami mendukung tujuan Kazakhstan untuk menjadi pemain terdepan dalam teknologi digital yang tidak mungkin terwujud tanpa meningkatkan pendidikan dan adopsi blockchain di seluruh negeri,” kata manajer umum Binance Kazakhstan, Zhaslan Madiyev melansir laman Bitcoin.com, Sabtu (24/12/2022).

Inisiatif ini berasal dari pertemuan pendiri dan CEO Binance Changpeng Zhao dengan Presiden Kassym-Jomart Tokayev pada Mei tahun ini.

Pada Oktober, Binance menawarkan untuk mendukung pemerintah Kazakhstan dalam “pengembangan yang aman” dari sektor kripto negara tersebut. 

Kemudian pada Oktober, Binance dilisensikan untuk beroperasi sebagai penyedia layanan pertukaran dan kustodian kripto dari pusat keuangan Astana. 

Fokus pada Kazakhstan muncul setelah menjadi hotspot penambangan utama sejak otoritas China menindak industri tersebut pada 2021. Pemerintahnya telah mencoba untuk mengatur ruang kripto .

Platform global telah berusaha untuk memperluas kehadirannya di wilayah tersebut di tengah musim dingin kripto yang sedang berlangsung dan mengadakan pertemuan dengan pejabat di negara tetangga Kyrgyzstan juga. 

Awal bulan ini, ia juga menawarkan untuk mendukung pemerintah Azerbaijan, bekas republik Soviet lainnya, dalam upayanya untuk membentuk kerangka peraturan nasional untuk aset digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.