Sukses

Kolaborasi PayPal dan MetaMask Bakal Permudah Pembelian Kripto

Kolaborasi dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna lebih mudah membeli kripto.

Liputan6.com, Jakarta - PayPal akan mengintegrasikan layanan beli, jual, dan tahan kripto dengan dompet kripto MetaMask karena perusahaan ingin memperluas opsi pengguna untuk mentransfer aset digital dari platform mereka.

Menurut siaran pers PayPal, kemitraan antara perusahaan pembayaran dan pengembang MetaMask ConsenSys dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna memilih akun PayPal mereka sebagai opsi pembayaran untuk membeli ether (ETH) dari dalam aplikasi MetaMask. 

“Penawaran ini dirancang untuk memfasilitasi pembelian dan transfer tanpa batas dari PayPal ke MetaMask,” kata PayPal dalam siaran pers, dikutip dari CoinDesk, Kamis (15/12/2022).

MetaMask bermaksud menawarkan untuk membantu membawa lebih banyak pengguna ke ekosistem Web3 pada saat sektor ini sedang mencari jalan ke depan selama musim dingin kripto.

Manajer produk MetaMask ConsenSys, Lorenzo Santos mengatakan integrasi dengan PayPal ini akan memungkinkan pengguna mempermudah pembelian kripto. 

“Tidak hanya membeli kripto dengan mulus melalui MetaMask, tetapi juga akan mempermudah pengguna dalam menjelajahi ekosistem Web3,” jelas Santos.

Saat ini fitur tersebut hanya dapat digunakan oleh pelanggan AS terpilih. Hal ini karena PayPal berupaya meluncurkan layanan tersebut ke pelanggan AS. lainnya selama beberapa minggu ke depan.

Peluncuran ini mengikuti dorongan PayPal untuk mengaktifkan transfer kripto antara platformnya sendiri dan beberapa bursa kripto populer pada Juni 2022. Perusahaan fintech memulai debutnya layanan pembelian, penjualan, dan penahanan kripto pada Oktober 2020.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Regulator AS Rilis Panduan Baru, Perusahaan Harus Ungkap Risiko Kripto

Sebelumnya, regulator sekuritas AS (SEC) pada Kamis (8/12/2022) menyarankan perusahaan publik untuk memeriksa apakah mereka perlu mengungkapkan kepada investor segala dampak potensial dari gejolak dalam industri cryptocurrency.

Bimbingan dari divisi keuangan perusahaan SEC yang bertugas memastikan perusahaan publik memberikan informasi kunci kepada investor adalah tanda terbaru regulator waspada terhadap kejatuhan lebih lanjut setelah runtuhnya perusahaan kripto besar termasuk FTX dan BlockFi Inc.

Dalam panduan untuk perusahaan publik, SEC menjabarkan bisnis informasi yang mungkin harus dibagikan dengan investor mereka, termasuk apakah perusahaan tersebut memiliki eksposur material finansial kepada rekanan yang telah mengajukan kebangkrutan atau menjadi bangkrut.

Panduan ini berlaku untuk perusahaan publik mana pun yang memiliki paparan terhadap keributan baru-baru ini di kripto.

Perusahaan yang diperdagangkan secara publik sudah diwajibkan oleh undang-undang untuk mengungkapkan informasi material keuangan kepada investor, tetapi SEC sering mengeluarkan panduan yang lebih spesifik tentang bagaimana mereka harus mengatasi risiko dari peristiwa besar.

"Perusahaan mungkin memiliki kewajiban pengungkapan di bawah undang-undang sekuritas federal terkait dengan dampak langsung atau tidak langsung dari peristiwa ini dan peristiwa agunan terhadap bisnis mereka," kata SEC dalam surat, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (13/12/2022).

Perusahaan publik harus siap untuk berbagi dengan investor segala risiko dari gangguan di pasar aset kripto, termasuk harga saham yang terdepresiasi, hilangnya permintaan pelanggan, dan risiko proses hukum, kata panduan tersebut.

 

3 dari 4 halaman

China Tangkap 63 Orang Terkait Pencucian Kripto Rp 26,6 Triliun

Sebelumnya, Otoritas Tiongkok yang beroperasi di kota Tonglio, Mongolia, mengumumkan penangkapan 63 orang yang terlibat dalam skema pencucian uang besar-besaran yang telah menjaring USD 1,7 miliar (Rp 26,6 triliun) dalam mata uang kripto menggunakan stablecoin Tether.

Dilansir dari Decrypt, Selasa (13/12/2022), menurut pernyataan dari penegak hukum, penyelidikan dimulai ketika lonjakan simpanan yang signifikan berjumlah lebih dari 10 juta yuan menghantam bank lokal, memicu protokol anti pencucian uang bank. 

Dalam serangkaian penggerebekan berikutnya, total 130 juta yuan Tiongkok, sekitar USD 18,6 juta, disita oleh otoritas Tiongkok.

Polisi China mengatakan para penjahat mengorganisir grup di Telegram, merekrut anggota yang akan membuka akun pertukaran kripto. Pertukaran ini kemungkinan besar terjadi di luar negeri karena tindakan keras China terhadap kripto. 

Geng tersebut akan memberi penghargaan kepada anggotanya dengan komisi berdasarkan seberapa banyak mereka dapat mencuci, mengubah USDT kembali menjadi yuan Tiongkok.

 

 

4 dari 4 halaman

Mulai Operasi Mei 2021

Geng tersebut memulai operasi ilegalnya pada Mei 2021, pada saat yang sama pemerintah China memberlakukan larangan besar-besaran terhadap cryptocurrency, termasuk denda dan potensi hukuman penjara bagi warga negara China yang dinyatakan bersalah menggunakan cryptocurrency.

Awalnya, tindakan keras itu berkedok mengurangi konsumsi karbon. Pemerintah Cina sejak itu mulai meluncurkan mata uang yuan digitalnya. Di seluruh dunia, negara-negara termasuk Jepang, Australia, Cina, dan Amerika Serikat telah mulai mengembangkan mata uang digital versi mereka.

Wilayah Mongolia Dalam, tempat Tonglio berada, juga menutup ladang penambangan Bitcoin yang telah beroperasi di area tersebut karena biaya energinya yang murah pada April 2021. Setelah tindakan keras tersebut, banyak penambang Bitcoin pindah ke negara tetangga Kazakhstan dan lainnya ke Amerika Serikat Serikat.

Meski begitu, operasi kripto bawah tanah berlanjut di China menggunakan server proxy dan jaringan pribadi virtual (VPN).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.