Sukses

Binance Tangguhkan Akun Trader Usai Mengeluh di Twitter

CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) mengatakan, perusahaan tidak ingin melayani klien yang dinilai tak masuk akal.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pertukaran crypto (crypto exchange), Binance menutup akun pedagang pada 9 Desember setelah pengguna mengeluh tentang tanggapan perusahaan atas dugaan pencurian dana.

CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) mengatakan, perusahaan tidak ingin melayani klien yang dinilai tak masuk akal.

Melansir laman Cointelegraph, Minggu (11/12/2022), seorang pengguna dengan nama CoinMamba di Twitter mulai mengeluh tentang dana yang hilang pada 8 Desember, dan mengklaim kunci API yang bocor terkait dengan perusahaan perdagangan crypto 3Commas digunakan untuk melakukan perdagangan dengan koin berkapitalisasi rendah guna menaikkan harga guna menghasilkan keuntungan.

Karena pengguna terus mengeluh di platform media sosial, CZ menimpali dalam tweet lain untuk mempertimbangkan langkah menempatkan akun CoinMamba dalam mode off boarding atau penarikan saja).

“Kami tidak ingin melayani orang yang tidak masuk akal,“ cuit CZ.

Unggahan itu kemudian dihapus tetapi masih tersedia sebagai tangkapan layar pada sebuah utas. Akun pengguna CoinMamba kemudian ditutup selama tiga hari untuk menarik dana. Menurut tweet CoinMamba, 3Commas menolak eksploitasi apapun pada protokol dan basis datanya. Oleh karena itu, tidak ada pertanggung jawaban atas kunci API yang dicuri.

"Berdasarkan informasi yang kami miliki hari ini, kami telah menemukan bahwa tidak ada protokol enkripsi yang ditemukan untuk dikompromikan dan tidak ada pelanggaran database keamanan akun 3Commas yang terjadi,” kata 3Commas.

Pengguna Twitter lainnya juga mengangkat masalah dugaan peretas API, meminta Binance untuk menghentikan penarikan dan menyelidiki insiden tersebut. Pada 13 November, CEO Binance mengonfirmasi bahwa setidaknya tiga pengguna menghadapi transaksi tak terduga di akun mereka setelah membagikan Kunci API mereka dengan platform pihak ketiga Skyrex dan 3Commas.

Dia kemudian merekomendasikan pengguna untuk menghapus kunci API terkait. CoinMamba mengklaim telah menjadi klien Binance selama lebih dari lima tahun, dan dia masih membuka posisi berjangka di platform.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Binance Akuisisi Pertukaran Kripto Jepang Sakura Exchange Bitcoin

Sebelumnya, pertukaran Cryptocurrency Binance mengumumkan pada Rabu, 30 November 2022 telah akuisisi 100 persen Sakura Exchange Bitcoin (SEBC), penyedia layanan pertukaran kripto Jepang yang diatur oleh regulator keuangan utama Jepang.

Melalui akuisisi ini, Binance memasuki pasar Jepang sebagai entitas teregulasi Japan Financial Services Agency (JFSA). 

"Dengan menawarkan layanan yang diatur oleh Jepang melalui SEBC, Binance bertujuan untuk mendukung lingkungan global yang bertanggung jawab untuk cryptocurrency,” isi pengumuman perusahaan, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (2/12/2022).

Pertukaran kripto SEBC yang berbasis di Tokyo menawarkan layanan broker dan konsultasi kepada pelanggannya. Platform perdagangan saat ini mendukung 11 pasangan perdagangan kripto yaitu BTC/JPY, ETH/JPY, BCH/JPY, XRP/JPY, LTC/JPY, ETC/JPY, XEM/JPY, MONA/JPY, ADA/JPY, XYM/JPY, dan COT/JPY.

Manajer umum Binance Jepang, Takeshi Chino mengatakan Pasar Jepang akan memainkan peran kunci di masa depan adopsi cryptocurrency. Sebagai salah satu ekonomi terkemuka dunia dengan ekosistem teknologi yang sangat maju, sudah siap untuk penyerapan blockchain yang kuat.

“Kami akan secara aktif bekerja dengan regulator untuk mengembangkan pertukaran gabungan kami dengan cara yang sesuai untuk pengguna lokal. Kami sangat ingin membantu Jepang mengambil peran utama dalam kripto,” kata Chino.

Binance sempat keluar dari pasar kripto Jepang pada 2018 menyusul peringatan dari Financial Services Agency tentang beroperasi tanpa lisensi. 

Pada Juni tahun lalu, Binance mendapat peringatan lain dari regulator yang menegaskan kembali pertukaran tersebut telah menyediakan layanan pertukaran kripto untuk pelanggan Jepang tanpa registrasi.

 

3 dari 4 halaman

Binance Bakal Akuisisi Perusahaan Kripto Voyager Digital yang Bangkrut

Sebelumnya, CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) telah mengonfirmasi anak pertukarannya di AS yaitu Binance AS akan membuat tawaran baru untuk pemberi pinjaman kripto Voyager Digital sekarang karena FTX yang sudah bangkruti tidak dapat menindaklanjuti akuisisinya.

Pekan lalu, Binance.US mengatakan akan mempersiapkan penawaran untuk platform pinjaman yang bangkrut, yang dikonfirmasi oleh Changpeng Zhao dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg pada Kamis, 24 November 2022.

"Binance.US akan mengajukan tawaran lain untuk Voyager sekarang, mengingat FTX tidak lagi dapat menindaklanjuti komitmen tersebut," kata Zhao, dikutip dari CoinDesk, Senin (28/11/2022).

Menyusul kebangkrutan Voyager beberapa bulan lalu, FTX muncul sebagai penyelamat\ terdepan untuk mengakuisisi pemberi pinjaman, dengan tawaran Binance dikatakan ditahan karena kekhawatiran hal itu akan menimbulkan masalah keamanan nasional bagi pemerintah AS.

"Saya pikir masalah keamanan nasional AS adalah rumor yang disebarkan oleh FTX untuk mencoba dan mendorong kami keluar dari penawaran. Tidak pernah ada kekhawatiran tentang kami berpartisipasi dalam penawaran,” jelas Zhao terkait masalah keamanan.

Binance telah dirundung karena dianggap perusahaan China, mengingat itu adalah negara kelahiran Zhao, meskipun dia dibesarkan di Kanada.  

 

4 dari 4 halaman

Batalkan Akuisisi FTX

Sebelum kebangkrutan FTX, Zhao mengumumkan, perusahaannya akan mengakuisisi FTX untuk menyelamatkan dari masalah krisis likuiditas. Kemudian Binance, mengumumkan telah mundur dari kesepakatan untuk membeli pertukaran kripto FTX.

Binance mengumumkan ada beberapa hal yang membuat perusahaan menarik diri dari rencana akuisisi tersebut. 

“Setelah melakukan uji tuntas perusahaan serta adanya laporan berita terbaru mengenai dana pelanggan yang salah penanganan dan dugaan investigasi agensi AS,” tulis Binance di Twitter, pada Kamis, 10 November 2022.

Binance kemudian mencatat mereka ingin membantu pelanggan FTX tetapi masalahnya berada di luar kendali atau kemampuan Binance membantu. Pertukaran kripto terbesar itu lebih lanjut mengatakan setiap kali bisnis kripto besar gagal, investor ritel yang menderita.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.