Sukses

Volume Penjualan Koleksi NFT Reddit Melonjak, Kalahkan Bored Ape

Koleksi NFT Reddit berhasil mengalahkan Bored Ape Yacht Club.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga koleksi Non Fungible Token (NFT) Reddit masuk dalam 10 proyek NFT teratas di OpenSea pada Selasa, 25 Oktober 2022. Hal ini menegaskan kembali daya tarik besar untuk aset digital yang belakangan ini tengah merosot.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (26/10/2022), menurut data dari pasar sekunder NFT OpenSea, koleksi NFT Reddit mengungguli proyek-proyek NFT blue chip populer selama beberapa jam terakhir. 

Spooky Season, serangkaian avatar yang dibuat oleh pengguna Reddit, saat ini memiliki volume perdagangan 538 ETH (Rp 11,8 miliar) menempatkannya tepat di belakang koleksi NFT yang berkuasa Bored Ape Yacht Club di 642 ETH (Rp 14,1 miliar). 

Menurut OpenSea, koleksi NFT Spooky Season mengalami peningkatan 121 persen selama 24 jam terakhir.

Proyek Reddit lainnya, termasuk koleksi avatar The Senses x Reddit dan Foustlings x Reddit, juga masuk ke 10 posisi teratas pada Selasa pagi, bergabung dengan jajaran NFT  Ringers oleh Dmitri Cherniak dan Chromie Squiggles.

Menurut data dari platform data blockchain Dune analytics, Reddit NFT telah meraup lebih dari USD 6,5 juta total volume penjualan hingga saat ini.

Reddit membuka pasar NFT pada Juli, merilis avatar gambar profil (PFP) berbasis Polygon berdasarkan logo jejaring sosial. Pekan lalu, platform tersebut melaporkan pengguna telah membuka 2,5 juta dompet di dalam pasar sejak dirilis.

Pengguna Reddit dengan nama, TheRedditAvatarWhale, mengklaim telah menghabiskan USD 50.000 untuk avatar Reddit, menulis dalam posting Reddit pada Selasa daya tarik mengumpulkan NFT Reddit adalah bagaimana mereka "menyederhanakan" proses pengumpulan NFT untuk audiens yang lebih utama.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Perbarui Aturan Kripto dan NFT di App Store

Sebelumnya, perusahaan teknologi global, Apple telah mengklarifikasi aturan App Store tentang NFT dan pertukaran mata uang kripto, menandai pertama kalinya aturan khusus yang ditujukan untuk NFT.

Aturan baru mengkonfirmasi bagaimana pembelian NFT akan dikenakan pajak serta terkait penggunaan NFT pada platform. Apple juga mengklarifikasi aturan tentang kapan aplikasi pertukaran kripto dapat terdaftar di App Store.

Dilansir dari Cointelegraph, Rabu (26/10/2022), pembaruan yang terbit pada 24 Oktober 2022 memungkinkan pembelian NFT dalam aplikasi, tetapi melarang NFT yang diperoleh di tempat lain untuk digunakan selain hanya untuk dilihat.

Ini juga memungkinkan platform NFT menggunakan pembelian dalam aplikasi untuk menjual dan menjual layanan yang terkait dengan NFT seperti mencetak, mendaftar, dan mentransfer.

Namun, Apple juga melipatgandakan "pajak Apple" NFT yang menggabungkan pembelian NFT dalam aplikasi ke tingkat komisi standar 30 persen untuk semua pembelian dengan memastikan semua pembelian NFT dilakukan dalam aplikasi.

Platform NFT, Magic Eden mengatakan telah menghapus layanannya dari App Store setelah mengetahui kebijakan tersebut dan pasar NFT lainnya telah mengurangi fungsionalitas aplikasi mereka dengan pengguna hanya dapat menelusuri dan melihat NFT yang mereka miliki.

Pedoman Apple juga telah mengesampingkan penggunaan kripto untuk pembelian dalam aplikasi, hanya mengizinkan pembelian mata uang fiat dengan metode pembayaran yang valid seperti kartu debit atau kredit.

Pedoman baru tidak membuat perubahan pada kebijakan Apple yang ada tentang aplikasi perdagangan cryptocurrency seperti yang diajukan oleh bursa kripto Binance dan Coinbase di mana perdagangan tidak perlu dikenakan pajak Apple 30 persen.

3 dari 4 halaman

Marketplace NFT Coinbase Bakal Buka Layanan untuk Semua Pengguna

Coinbase Global kini resmi membuka pasar Non Fungible Token (NFT) untuk semua pengguna. Pertukaran cryptocurrency AS mengatakan dalam sebuah posting Twitter beberapa hari lalu. 

Coinbase sebelumnya telah meluncurkan marketplace NFT ini untuk pengguna tertentu di Amerika Serikat. Coinbase juga mengatakan pasar NFT-nya sedang dalam tahap beta dan perusahaan masih berupaya menambahkan lebih banyak fitur ke platform.

Pertama kali diumumkan pada Oktober tahun lalu, platform dibuka untuk "sejumlah  kecil" pengguna di AS pada April dan perusahaan pada saat itu mengatakan lebih banyak pengguna akan ditambahkan dari daftar tunggu selama tiga hingga lima minggu ke depan sementara platform dalam masa uji coba.

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat (21/10/2022), menurut data dari situs analitik kripto Dune, pasar Coinbase memiliki kurang dari 900 total transaksi sejak diluncurkan pada 20 April. 

Total volume perdagangan di pasar pada waktu itu adalah 73 ETH sekitar USD 217.000 atau setara Rp 3,1 triliun, dengan sekitar 650 pengguna sejauh ini bertransaksi di platform marketplace NFT Coinbase.

Statistik penggunaan yang rendah kemungkinan dapat dikaitkan dengan fakta Coinbase hanya memberikan sebagian kecil dari akses daftar tunggu tiga juta orangnya ke platform. 

NFT adalah jenis aset digital, yang menggunakan teknologi blockchain untuk merekam kepemilikan file digital seperti gambar, video, atau teks. Popularitas aset tersebut meroket pada 2021, tetapi pertumbuhannya telah menunjukkan tanda-tanda pendinginan akhir-akhir ini.

 

4 dari 4 halaman

Penjualan NFT Turun 88 Persen Sejak Januari 2022

Sebelumnya,  akhir Januari 2022, penjualan NFT menyentuh USD 4,77 miliar atau sekitar Rp 72,9 triliun, tetapi  penjualan NFT telah merosot dari bulan ke bulan sejak saat itu. 

Dilansir dari Bitcoin com, Kamis (20/10/2022), pada September 2022, penjualan NFT tercatat hanya sebesar USD 549,82 juta (Rp 8,4 triliun) ini menunjukkan penjualan NFT bulanan 88 persen  lebih rendah dibandingkan pada Januari 2022.

Adapun, istilah pencarian kata "NFT" mencapai skor tertinggi di Google Trends Januari lalu, mengetuk skor 100, minggu terakhir September skornya hanya 12, yang juga 88 persen lebih rendah dalam hal minat.

Mei 2022 adalah bulan terakhir penjualan NFT berada di atas USD 1 miliar dan bulan itu penjualan NFT USD 3,18 miliar dicatat. Bulan berikutnya adalah penurunan signifikan menjadi USD 879 juta dan pada Juli, penjualan NFT mencapai USD 682 juta. 

Penjualan Agustus turun lebih rendah setelah USD 633 juta dalam penjualan NFT dicatat bulan itu, dan penjualan September 13,27 persen lebih rendah dari Agustus. 

Sejauh ini, pada minggu pertama Oktober 2022 telah mencatat USD 105,22 juta dalam penjualan NFT melalui 191.175 pembeli unik. Metrik 30 hari menunjukkan koleksi NFT teratas dalam hal penjualan adalah Bored Ape Yacht Club (BAYC) karena koleksi tersebut mencetak USD 30.964.305 dalam penjualan bulan lalu.

Namun, itu 37,49 persen lebih rendah dari penjualan yang dicatat BAYC bulan sebelumnya. Statistik yang dikumpulkan oleh cryptoslam.io menunjukkan proyek QQL Mint Pass telah menghasilkan USD 27,80 juta dalam penjualan bulan ini dan Cryptopunks memperoleh USD 23,49 juta.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.