Sukses

Marak Kasus Kebocoran Data, Tokocrypto Tingkatkan Keamanan Data Pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya kasus kebocoran data dan aksi peretasan tentu mengkhawatirkan masyarakat soal aspek keamanan mereka di dunia digital. Tokocrypto, sebagai pedagang aset kripto yang termasuk platform Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) selalu mengutamakan keamanan akun dan data pengguna.

VP of Technology Tokocrypto, Muhammad Wendy Taufik mengatakan, perusahaan telah melakukan banyak langkah dari segi pengembangan teknologi dan edukasi untuk melindungi data pengguna agar aman. 

Dia menyebutkan, Tokocrypto memiliki tanggung jawab menjamin keamanan data pribadi pengguna serta karyawan untuk tetap terjaga kerahasiaannya.

“Kita selalu punya mindset bahwa ini merupakan tanggung jawab yang penting. Soal keamanan kita tidak bisa mentolerir, selalu mengaplikasikan teknologi keamanan yang terkini dan melakukan edukasi kepada pengguna dan juga karyawan,” kata Wendy dalam siaran pers, dikutip Sabtu, 10 September 2022.

Wendy menambahkan, persoalan keamanan data pengguna menjadi perhatian serius perusahaan, lantaran bergerak di bisnis perdagangan aset kripto dan blockchain yang umumnya mengandalkan kepercayaan. 

Tokocrypto tidak ingin memiliki trust issue, sehingga mengakibatkan citra yang buruk kepada perusahaan.

Untuk menjaga kerahasiaan data, Tokocrypto menunjukkan komitmennya berperan aktif menjadi pionir dalam menumbuhkan kenyamanan dan kepercayaan pengguna dengan mengantongi sertifikat ISO 27017. 

Ini merupakan standar guna membuat layanan berbasis cloud yang lebih aman dan mengurangi risiko terkait masalah keamanan. Sebelumnya, Tokocrypto juga telah berhasil meraih ISO 27001.

"Standar ISO 27001 menetapkan persyaratan untuk manajemen keamanan informasi yang efektif melalui Sistem Manajemen Keamanan Informasi atau Information Security Management System (ISMS) dan memberikan dasar untuk program keamanan yang efektif," ujar dia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Investasi Perangkat dan SDM

Di samping itu, Tokocrypto senantiasa melakukan investasi untuk peningkatan keamanan, baik dari sisi perangkat hingga sumber daya manusia (SDM) yang mendukung pengembangan dari sisi proteksi.

Tokocrypto terus melakukan pembaruan terhadap perangkat yang digunakan untuk keamanan data pengguna. Pembaruan atau update diperlukan agar sistem yang dipakai perusahaan tidak mudah alami gangguan peretasan.

Tak hanya itu, Tokocrypto memiliki tim internal dengan banyak anggota yang menempati berbagai fungsi. Mulai dari tim khusus yang akan menangani masalah security data protection, fraud hingga risk mitigation.

“Kita terus melakukan inovasi. Sebagai startup blockchain, kita juga memanfaatkan keunggulan teknologi blockchain yang sulit diretas. Selain itu peningkatan keamanan juga dilakukan melalui edukasi untuk menciptakan awareness,” pungkas Wendy.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Minggu 11 September 2022

Sebelumnya, harga kripto jajaran teratas termasuk bitcoin masih berada di zona hijau memasuki akhir pekan, Minggu (11/9/2022). Mayoritas harga kripto jajaran teratas lainnya menguat.

Berdasarkan data Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) melambung 0,97 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga bitcoin melambung 8,6 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 21.504,30 atau sekitar Rp 318,96 juta (asumsi kurs Rp 14.832 per dolar AS).

Harga ethereum (ETH) juga berada di zona hijau pada Minggu pagi ini. Harga ethereum naik 1,55 persen salaam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga ethereum melambung 13,45 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.763,74 atau sekitar Rp 26,14 juta.

Kripto selanjutnya, binance coin (BNB) bergerak di zona hijau. Harga BNB bertambah 0,31 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB naik 6,05 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 295,44.

Harga XRP melemah terbatas dalam 24 jam terakhir. Harga XRP susut 0,40 persen. Dalam sepekan, harga XRP melonjak 7,43 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,3558.

Kemudian harga cardano (ADA) turun 1,88 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga cardano menguat 4,94 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,5124.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Harga solana (SOL) menguat 0,43 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga solana melonjak 11,63 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 35,11.

Lalu harga polkadot (DOT) merosot 0,44 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga polkadot naik 5,77 persen. Saat ini, harga polkadot berada di posisi USD 7,75.

Stablecoin seperti tether (USDT) melemah tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini, harga tether bertambah 0,02 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga USDC melemah tipis 0,01 persen. Saat ini, harga USD Coin berada di posisi USD 0,9999.

Selain itu, harga binance USD (BUSD) menguat 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga BUSD melemah terbatas 0,01 persen.  Kini, harga binance USD berada di posisi USD 1,00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.