Sukses

Kenalan dengan BAT Coin, Kripto Pembayaran Iklan dalam Brave Browser

Liputan6.com, Jakarta - Basic Attention Token, atau BAT Coin, adalah token yang memberi tenaga pada platform periklanan digital berbasis blockchain yang dirancang untuk memberikan ketidakseimbangan yang adil kepada pengguna atas perhatian mereka.

Pengalaman ini dibawakan melalui Brave Browser, di mana pengguna dapat menonton iklan yang menjaga privasi dan menerima hadiah BAT untuk melakukan itu. Di sisi lain, pengiklan dapat menayangkan iklan bertarget untuk memaksimalkan dan mengurangi kerugian akibat dari iklan tersebut.

Dilansir dari Coinmarketcap, Basic Attention Token sendiri adalah unit hadiah dalam ekosistem periklanan ini, dan dipertukarkan antara pengiklan, penerbit, dan pengguna. 

Pengiklan membayar kampanye iklan mereka dengan token BAT. Dari anggaran ini, sebagian kecil membantu pengiklan, sementara 70 persen token dialokasikan pada pengguna. Dalam ekosistem ini, perantara iklan yang biasanya menaikkan biaya iklan dikeluarkan untuk meningkatkan efisiensi biaya.

Basic Attention Token diluncurkan pada 2017 mengikuti salah satu penawaran koin perdana (ICO) yang paling cepat terjual sepanjang masa, dengan platform ini mengumpulkan total USD 35 juta atau sekitar Rp 521,4 miliar dalam waktu kurang dari satu menit. 

Sejak itu, BAT Coin telah menjelajahi periklanan berbasis perhatiannya kepada pengguna di sebagian besar negara melalui program Brave Rewards-nya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pendiri BAT Coin

Pendiri BAT Coin

Basic Attention Token memiliki dua pendiri yaitu Brendan Eich dan Brian Bondy. Dua individu ini sangat terkemuka di perangkat lunak perangkat lunak perangkat internet.

Brendan Eich adalah CEO Brave Software, perusahaan induk di balik browser Brave dan Basic Attention Token. 

Sebelum di Brave, Eich adalah pendiri dan CTO Mozilla dan juga menemukan JavaScript pada 1995. Dia juga membantu menemukan salah satu browser web paling populer di dunia pada 2004 yaitu Mozilla Firefox.

Keunikan BAT

Kasus penggunaan utama untuk Basic Attention Token adalah sebagai token pembayaran untuk menjalankan kampanye iklan melalui Brave Ads. 

Mulai November 2020, potensi rendah harus berkomitmen pada mengeluarkan minimal USD 2.500 per bulan untuk iklan mereka, tetapi platform layanan mandiri dengan batas yang lebih saat ini sedang dalam proses.

Saat ini, anggaran iklan ini harus dibayar seluruhnya dengan Basic Attention Token, yang dapat diperoleh pengiklan dari berbagai platform bursa pihak ketiga. Dari sini, Brave mengambil komisi kecil, dan sisanya didistribusikan ke penerbit dan pengguna.

Harga BAT Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Jumat (2/9/2022), harga BAT Coin adalah Rp 5.075 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 407,1 miliar.

BAT Coin menguat 1,79 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 73 dengan kapitalisasi pasar Rp 7,5 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 1,4 miliar BAT dari maksimal 1,5 miliar BAT Coin.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 2 September 2022

Sebelumnya, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Jumat, 2 September 2022. Mayoritas kripto berhasil bertengger di zona hijau dengan penguatan tipis.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (2/9/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 0,16 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 6,84 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.110 per koin atau setara Rp 299,6 juta (asumsi kurs Rp 14.902 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih menguat pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 1,68 persen, tetapi masih ambles 6,53 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.588 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih terpuruk di zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB merosot 0,80 persen dan 8,10 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 277,85 per koin. 

Kemudian Cardano masih menguat terbatas sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA menguat tipis 1,00 persen, tetapi masih melemah 2,14 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4573 per koin.

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) harus kembali melemah pagi ini Sepanjang satu hari terakhir SOL anjlok 1,60 persen dan 11,28 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 31,54 per koin.

Sedangkan XRP pada pagi ini masih bertahan di zona hijau XRP menguat 0,96 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih turun 4,72 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3327 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,04 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam naik dari kisaran USD 981,1  miliar menjadi USD 983,3 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.