Sukses

Mengetahui Apa Itu Istilah Bitcoin Dominance dalam Kripto

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun ada ribuan koin kripto yang beredar di dunia saat ini, tapi Bitcoin masih menjadi kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar dan disebut-sebut sebagai induk dari kripto. 

Mengamati dinamika pangsa bitcoin dalam nilai pasar kripto secara keseluruhan, para trader telah melihat pola berulang tertentu dari kondisi pasar. Bahkan beberapa trader menggunakan Bitcoin Dominance Chart atau Grafik Dominasi Bitcoin dalam menentukan tren pasar. 

Lantas apa sebenarnya Bitcoin Dominance Chart itu? Dilansir dari Binance Academy, Kamis (11/8/2022), Bitcoin dominance atau Dominasi Bitcoin diukur sebagai rasio kapitalisasi pasar bitcoin dengan pasar cryptocurrency lainnya. 

Beberapa investor dan pedagang kripto menggunakan dominasi bitcoin sebagai panduan untuk menyesuaikan strategi perdagangan dan struktur portofolio mereka.

Dominasi BTC dan Kapitalisasi Pasar

Secara sederhana, kapitalisasi pasar mengacu pada nilai total aset tertentu yang beredar. Untuk bitcoin, kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan harga saat ini dan jumlah BTC yang telah ditambang selama ini. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tingkat dominasi bitcoin terhadap cryptocurrency lainnya. Adapun faktornya sebagai berikut:

Perubahan Tren

Sebelum ledakan altcoin, tidak jarang dominasi Bitcoin bisa melayang di atas 90 persen. Karena altcoin secara kolektif mendapatkan lebih banyak minat pengguna dan investor, bitcoin kehilangan sebagian dari perhatian yang hampir tidak terbagi ke aset lain dengan perubahan harga yang lebih besar dan proyek yang membanggakan kasus penggunaan baru yang menarik.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pasar Bullish dan Bearish

Selama beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan umum dalam popularitas stablecoin, sebuah tren yang memberikan tekanan berkelanjutan pada dominasi BTC. Lebih khusus lagi, di pasar beruang atau di saat volatilitas, stablecoin sering digunakan untuk melindungi dana investor kripto di tengah penurunan harga.

Kebalikannya kemungkinan di pasar bull. Ketika pasar naik, pedagang dapat diberi insentif untuk memindahkan nilai dari stablecoin ke aset yang lebih mudah berubah yang menawarkan lebih banyak peluang perdagangan, seperti bitcoin.

Munculnya Koin Baru

Terkadang, koin baru yang masuk ke pasar bisa mendapatkan popularitas dengan cepat, menyebabkan dominasi BTC menurun. Ingatlah bitcoin sedang “bertarung” dengan setiap mata uang kripto lainnya di pasar, sehingga munculnya beberapa altcoin populer sekaligus dapat memengaruhinya. 

Namun, ada kemungkinan altcoin ini akan kehilangan popularitas setelah hype mereda. Jika itu terjadi dan dana dipindahkan dari altcoin ini ke BTC atau keluar dari pasar kripto seluruhnya, dominasi BTC dapat meningkat lagi.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 11 Agustus 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Kamis, 11 Agustus 2022. Mayoritas kripto kembali menguat setelah sempat melemah 1 hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (11/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 3,32 persen dalam 24 jam terakhir dan 3,07 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.970 per koin atau setara Rp 353,9 juta (asumsi kurs Rp 14.766 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali menguat pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH melesat 8,85 persen dan 13,66 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.860 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut naik. Dalam 24 jam terakhir BNB naik tipis 0,93 persen dan 9,07 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 328,48 per koin. 

Kemudian Cardano mengikuti jejak kripto lainnya yang menguat. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 3,68 persen dan 5,76 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5363 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) juga meroket pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL terbang 3,72 persen dan 7,62 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 42,17 per koin.

XRP kembali pulih pada perdagangan pagi ini. XRP menguat 3,03 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,00 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3807 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya kembali ke level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam kembali menguat ke level USD 1,1 triliun, dari sebelumnya berada di kisaran USD 1 triliun. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS