Sukses

Zulkifli Hasan Jadi Mendag, Ini Respons Asosiasi Pelaku Industri Kripto

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA) sebagai lembaga yang menaungi para pelaku industri aset kripto di Indonesia, menyatakan dukungan mereka terhadap menteri perdagangan Zulkifli Hasan yang diumumkan sebagai bagian dari reshuffle kabinet oleh Presiden Jokowi pada Rabu 15 Juni 2022 siang. 

Dalam pernyataan ini Ketua ICCA, Rob Rafael Kardinal mengatakan, ICCA sebagai asosiasi yang menaungi para pelaku industri aset kripto, memahami mengenai pentingnya peranan pemerintah dalam mendukung tumbuh kembang industri aset kripto. 

“Oleh karena itu kami tentunya selaku asosiasi terus mendukung penuh seluruh anggota pemerintahan dalam menjalankan tugasnya, dan tentunya akan terus bersemangat untuk berkolaborasi bersama pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri aset kripto,” ujar Rob dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (18/6/2022).

Pernyataan dukungan ini disampaikan ICCA sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan yang merupakan lembaga pemerintah yang memiliki hubungan cukup erat dengan industri aset kripto. 

Sebagai industri yang sangat terkait dengan keadaan ekonomi secara makro, industri aset kripto tentunya cukup terpengaruh dengan pemerintah dan kebijakan yang diambil. Hal ini yang kemudian mendorong ICCA untuk terus mendukung dan berkolaborasi bersama pemerintah untuk memajukan industri kripto dan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Nilai Transaksi Kripto

Sebelumnya ICCA sendiri dalam proses peresmiannya juga dihadiri dan didukung oleh banyak pihak dari sisi pemerintah. Dukungan ini hadir sebagai bentuk pengakuan terhadap pentingnya kehadiran ICCA di tengah popularitas aset kripto di kalangan masyarakat. 

Popularitas ini juga ditunjukan dengan besarnya nilai pasar aset kripto di Indonesia di mana berdasarkan data terakhir dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) selama 2021 mencapai Rp 859,4 triliun pada 2021. Nilai transaksi aset kripto tersebut meroket 1.222 persen dibandingkan tahun sebelumnya.   

“Selain menyatakan dukungan terhadap Zulkifli Hasan, melalui kesempatan ini kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Muhammad Luthfi yang sudah melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan dengan baik hingga saat ini,” tutur Rob.

“Sebagai penutup kami ingin mengucapkan selamat bertugas dan berbakti pada negara kepada Bapak Zulkifli Hasan sebagai menteri perdagangan terbaru, dan ICCA tentunya siap untuk mendukung menteri baru dalam menjalankan tugasnya dalam membangun Indonesia dan memajukan ekosistem aset kripto di Indonesia,” pungkas dia.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Sabtu Pagi 18 Juni 2022

Sebelumnya, menjelang akhir pekan ketiga Juni 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang beragam pada Sabtu (18/6/2022) pagi. Mayoritas kripto jajaran teratas masih bertahan di zona hijau dengan penguatan tipis.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi, 18 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 0,13 persen dalam 24 jam dan 29,74 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.561 per koin atau setara Rp 305.1 juta (asumsi kurs Rp 14.838 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 1,02 persen dan 35,54 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.084 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang berhasil menguat di tengah kripto lain yang melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat tipis 1,12 persen, tetapi masih melemah 24,96 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 216 per koin. 

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini kembali menguat tipis. Dalam satu hari terakhir ADA naik 0,04 persen. Namun masih melemah 17,06 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4865 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga berhasil menguat. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 0,89 persen, tetapi masih melemah 17,25 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 31,35 per koin.

XRP turut menguat. XRP naik 1,34 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi melemah 17,09 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3197 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9989. Sedangkan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,08 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.