Sukses

Komisaris Uni Eropa Minta Regulasi Kripto Dipercepat, Ada Apa?

McGuinness mengutip tiga peristiwa baru-baru ini sebagai alasan untuk mempercepat undang-undang.

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Eropa untuk Layanan Keuangan, Mairead McGuinness mendorong anggota parlemen Uni Eropa untuk menemukan kompromi politik dan mempercepat pengesahan kerangka peraturan aset kripto, yang saat ini berada di bagian terakhir dari proses legislatif blok tersebut.

McGuinness mengutip tiga peristiwa baru-baru ini sebagai alasan untuk mempercepat undang-undang, perang di Ukraina, jatuhnya penerbit cryptocurrency Terra dan berita pemberi pinjaman kripto Celsius menangguhkan penarikan.

"Jika ada, kerangka kerja Markets in Crypto Assets (MiCA) dapat memfasilitasi penerapan sanksi terhadap Rusia yang juga berlaku untuk kripto," kata McGuinness dalam sambutan pembukaannya di dialog terstruktur komite ekonomi, dikutip dari CoinDesk, Rabu (15/6/2022). 

"Tentu saja, penerapan sanksi dapat difasilitasi jika kerangka kerja kami tentang kripto ada, dan jika semua penyedia layanan aset kripto adalah entitas yang diatur dan tunduk pada pengawasan efektif di Uni Eropa," lanjut McGuinness.

Kerangka kerja MiCA berusaha untuk mengatur ruang aset digital di tingkat UE, menyiapkan persyaratan lisensi untuk penyedia layanan aset kripto dan penerbit mata uang kripto yang akan berlaku untuk 27 negara anggota. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sentimen yang Bayangi Kripto

Diperkenalkan pada 2020, kerangka kerja telah bergerak melalui proses legislatif UE yang kompleks, dan bukannya tanpa perdebatan mengenai dampak lingkungan dari cryptocurrency dan privasi.

“Apa yang saya inginkan dan apa yang dapat saya katakan kepada Anda aturan MiCA akan menjadi alat yang tepat untuk mengatasi masalah perlindungan konsumen, integritas pasar, dan stabilitas keuangan. Ini adalah sesuatu yang sangat mendesak mengingat perkembangan terakhir,” ujar McGuinness.

Perang di Ukraina dan penerapan sanksi keuangan yang ketat terhadap Rusia telah menyebabkan kekhawatiran atas penggunaan cryptocurrency untuk menghindari sanksi. Para pemimpin UE telah menyerukan ekspedisi MiCA, dengan alasan itu akan membantu memerangi penghindaran sanksi.

Pada Selasa, anggota parlemen Uni Eropa bertemu di Brussels untuk membahas kerangka kerja di salah satu sesi trilog terakhir sebelum aturan diselesaikan. Anggota parlemen dapat mencapai kesepakatan tentang file tersebut pada akhir bulan.

3 dari 4 halaman

Kripto Anjlok, Ini Penjelasan Analis

Sebelumnya, kondisi sosiopolitik global yang tidak menentu telah membawa perekonomian Amerika Serikat mengalami inflasi sebesar 8,6 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Tingkat ini mencatat rekor tertinggi sejak 1981. 

Untuk menekan laju inflasi, bank sentral Amerika Serikat, The Fed memberikan sinyal akan kembali menaikkan suku bunga. Akibatnya, investor institusional cenderung beralih ke instrumen investasi yang dinilai berisiko lebih rendah. 

Hal ini berdampak pada penurunan permintaan pada instrumen investasi dengan profil risiko yang lebih tinggi, seperti saham perusahaan teknologi dan aset kripto, yang mengakibatkan penurunan nilai pasar aset digital secara keseluruhan.

Menanggapi hal tersebut, Research Analyst Zipmex Indonesia, Fahmi Almuttaqin menyampaikan pergerakan pasar kripto juga dapat turut dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya. 

"Setelah terjadinya insiden pada stablecoin Terra USD dan saudaranya Luna pada Mei lalu, investor aset kripto kini diterpa krisis kepercayaan akibat dibekukannya fitur penarikan dana di Celsius Network, sebuah platform digital yang memungkinkan penggunanya mengajukan pinjaman dengan aset kripto sebagai jaminan,” jelas Fahmi dalam keterangan tertulis, Selasa, 14 Juni 2022.

Meskipun begitu, Fahmi menuturkan, jumlah dompet dengan kepemilikan lebih dari 10.000 Bitcoin tercatat mengalami kenaikan dalam beberapa minggu terakhir. Situasi ini mencerminkan posisi investor skala besar yang berada dalam posisi akumulasi mengingat data Coinbase Premium Index masih berada pada angka negatif. 

 

4 dari 4 halaman

Indeks Coinbase Premium

Coinbase Premium Index sendiri merupakan sebuah indeks yang kerap digunakan untuk menjadi penanda seberapa besar permintaan terhadap Bitcoin. Indeks di angka negatif menunjukkan keengganan investor asal Amerika Serikat untuk membeli Bitcoin pada harga premium.

"Harga aset kripto pada umumnya berkorelasi dengan jumlah wallet yang menyimpan Bitcoin dalam jumlah signifikan. Bila kita melihat data historikal, jumlah wallet dengan kategori ini mengalami penurunan terbesar di puncak harga Bitcoin pada 2021. Artinya, periode tersebut merupakan waktu di mana investor merealisasikan profit atas aset Bitcoin yang dimilikinya," ujar Fahmi.

Kenaikan jumlah wallet yang memiliki lebih dari 10.000 Bitcoin dalam beberapa minggu terakhir memberikan sinyal positif, karena kondisi ini mengindikasikan investor besar masih memiliki kepercayaan terhadap nilai Bitcoin. 

“Selain itu, projek-projek berbasis teknologi blockchain seperti NFT, DeFi, atau Play to Earn berkualitas tinggi yang baru dibangun pada tahun 2021 terpantau mulai menunjukkan progresnya di tahun 2022 dan berpotensi berkontribusi pada peningkatan nilai pasar secara keseluruhan,” pungkas Fahmi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.