Sukses

Sejuknya Kebun Teh Kemuning di Puncak Ngargoyoso Solo

Citizen6, Solo: Seperti halnya Jakarta yang punya puncak Bogor, Solo punya puncak Ngargoyoso. Siapa yang bisa menolak ajakan berwisata ke kawasan wisata Ngargoyoso, kawasan agro wisata terdekat Kota Solo. Berjarak kurang lebih 25 kilometer di sisi timur Kota Solo, kawasan ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dan memakan waktu hanya 40 menit saja.

Ngargoyoso adalah kecamatan yang masuk dalam wilayah kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kawasan Ngargoyoso adalah kawasan landai di kaki Gunung Lawu yang memiliki berbagai daya tarik dan kelebihan dari segi pariwisata.

Salah satu yang terkenal dan sering dikunjungi wisatawan adalah Kebun Teh Kemuning. Kebun teh di Kecamatan Ngargoyoso ini terbentang di lahan seluas kurang lebih 438 hektar. Terletak di ketinggian 800–1540 meter dpl, daerah ini tidak hanya menawarkan suasana hijau teduh dan nyaman tetapi juga hawa sejuk dengan rata-rata suhu 21.5 derajat celsius.

Inilah salah satu alasan kenapa kawasan ini sering dikunjungi wisatawan. Pesona pemandangan hijau luas perkebunan dan cuaca yang sejuk adalah tawaran utama lokasi agro wisata ini. Daya tarik lain di luar agro wisata yang ditawarkan lokasi ini adalah kawasan bersejarah Candi Sukuh yang terletak tidak jauh dari kebun teh dan Candi Cetho, Candi Kehtek, serta Puri Taman Saraswati yang berada di Kecamatan Jenawi yang bersebelahan dengan Ngargoyoso.

Hal baru yang juga direkomendasikan adalah didirikannya sebuah tempat relaksasi tepat di tengah perkebunan teh ini, Rumah Teh Ndoro Donker. Dari sini pengunjung dapat dengan leluasa menikmati keindahan kebun teh sembari menikmati kesegaran secangkir teh dan menu lain yang ditawarkan.

Kawasan kebun teh Ngargoyoso adalah lokasi agro wisata terdekat dari Kota Solo yang wajib dikunjungi. Selain tidak terlalu jauh, untuk mencapai kawasan ini kita juga tidak harus menempuh perjalanan melalui medan seberat saat kita pergi ke kawasan wisata Tawangmangu yang terletak di atas kawasan Ngargoyoso. Jalanan yang bagus dan tidak menanjak dan curam tentunya mempermudah perjalanan. Selain itu, biaya tiket memasuki kawasan wisata Ngargoyoso juga terkenal sangat murah. (bnu)

Penulis
Ahda Hanif
Solo, haniflxxx@gmail.com.

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Loading